Main Article Content

Abstract

Salah satu masalah yang dialami oleh guru-guru di SDN Kebon Pala 12 dan 13 Pagi adalah kemampuan guru dalam menyusun RPP K13 Berbasis literasi, 4C, PPK dan HOTS masih kurang. Target kegiatan pengabdian ini berupa terlaksananya kegiatan pelatihan penyusunan RPP K13 berbasis literasi, 4C, PPK, dan HOTS bagi guru kelas 1 dan kelas 4 di Gugus Agus Salim. Metode kegiatan pengadian ini berupa pelatihan yang diperuntukkan bagi guru sekolah dasar. Teknik pengumpulan data pada kegiatan pengabdian ini melalui dokumentasi, wawancara, dan tes. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji t dan uji gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil uji t dua pihak dan uji gain menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan pada kegiatan pengabdian ini memiliki pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan guru memahami K13 dan cara menyusun perangkat pembelajarazn khususnya penyusunan RPP berbasis literasi, 4C, PPK, dan HOTS.

Keywords

Pelatihan Kurikulum 2013 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan Hots. Jurnal SOLMA, 8(1), 14–23. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949

References

    Alawiyah. F. (2013). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65-74.
    Anwar, R. (2014). Hal-hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97-106.
    Nuraini dan Muhtarima, M. F. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 52-80.
    Ruja, I. N. dan Sukamto. (2015). Survey Permasalahan Implementasi Kurikulum Nasional 2013 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama di Jawa Timur. Sejarah dan Budaya, 9 (2), 193-199.
    Zainudin, M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa. Universum, 9(1), 131-139.

Most read articles by the same author(s)