Main Article Content
Abstract
Pelatihan menumbuhkan karakter siswa Sekolah Dasar Tanjung Sari melalui permainan edukatif sederhana ini bertujuan untuk menunjukan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang perlu pemecahan masalah yang mendasar, melalui permainan edukatif untuk menanamkan karakter pada anak. Permainan yang diberikan ada tiga macam, diantanya; tepuk bim bam pedi, talking stick, dan kuda bisik. Dari ketiga permainan diatas yang merupakan permainan yang cukup sederhana dapat di aplikasi kedalam kegiatan belajar mengajar baik didalam kelas maupun diluar kelas.sehingga tidak hanya kesenangan semata yang didapatkan dalam permainan. Namun permainan mampu memberi manfaat yang besar bagi anak. Tidak kalah pentingnya, permainan dapat membentuk anak menjadi seseorang yang memiliki karakter luhur. Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam permainan edukatif sederhana ini diantaranya: kejujuran, religious, rasa tanggung jawab, semangat dalam belajar, disiplin, kegigihan dan bekerja keras, semangat dalam berkontribusi kelompok, cinta lingkungan dan optimisme. Melalui kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan (1) pengetahuan guru dalam membuat permainan sederhana pada saat pembelajaran (2) guru dapat termotivasi untuk membuat permainan sederhana di dalam kelas. (3) kemampuan guru dalam menerapkan permainan sederhana supaya siswa berkarakter (4) guru dapat menambah pengetahuan tentang permainan sederhana.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
-
Abdullah, M. Y., Hastuti, W., & Karmila, A. (2015). LEGO ( PUZZLE BINGO )GAMES"¯: MEDIA EDUKATIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM MEWUJUDKAN GENERASI INDONESIA EMAS. PENA, 2, 296–307. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pena/article/view/145/pdf
Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani, I. N. S. (2017). IDENTIFIKASI PEMAFAATAN ALAT PERMAIAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKA MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 6, 31–40. Retrieved from ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/download/1586/648
Ekowati, V.I. 2013. Folklore dan Folklife dalam Kehidupan Dunia Modern (Kesatuan dan Keberagaman). Yogyakarta: Ombak.
Hasiana, I. 2015. Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Buana Pendidikan, 11 (21): 21-26.
Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana: Jakarta.
Dewi, T. U. & Handayani, S. L. (2019). Penanaman Nilai Karakter Melalui Permainan Outdoor Bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9, 1–6. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/6418
References
Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani, I. N. S. (2017). IDENTIFIKASI PEMAFAATAN ALAT PERMAIAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKA MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 6, 31–40. Retrieved from ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend/article/download/1586/648
Ekowati, V.I. 2013. Folklore dan Folklife dalam Kehidupan Dunia Modern (Kesatuan dan Keberagaman). Yogyakarta: Ombak.
Hasiana, I. 2015. Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Buana Pendidikan, 11 (21): 21-26.
Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana: Jakarta.
Dewi, T. U. & Handayani, S. L. (2019). Penanaman Nilai Karakter Melalui Permainan Outdoor Bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9, 1–6. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/6418