Isi Artikel Utama
Abstrak
Background: Bimbel Calistung merumpakan kamampuan dasar yang perlu dimiliki seseorang supaya ia bisa memperlajari hal lainnya lebih mudah. Misalnya di bangku sekolah, anak-anak harus bisa membaca, menulis dan juga berhitung. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan program bimbel calistung yang efektif kepada anak-anak di sekolah. Metode: Membimbing anak-anak untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam bimbel calistung kepada anak-anak di sekolah dan sasaran dalam pengabadian ini adalah 25 siswa yang tersebar di kelas 1 SD Pulau Pari 01. Hasil: Para siswa memiliki semangat belajar bimbel calistung yang tinggi namun kurangnya terciptanya lingkungan membaca yang menarik dan merangsang di sekolah maupun di masyarakat, sehingga menciptakan lingkunga yang menarik bagi peserta didik dapat di lakukan dengan menyediakan koleksi buku yang beragam dan sesuai dengan minat para peserta didik. Kesimpulan: Dengan menerapkan strategi yang tepat serta melakukan evaluasi yang berkala, program bimbel calistung dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk generasi yang gemar membaca, menulis dan berhitung dan memliki keterampilan yang kuat bagi peserta didiknya.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Auliya W. P. & Hadiapurwa, A. (2023) Pengaruh Pendidikan Non-Formal Bimbel (Bimbingan Belajar) Terhadap Minat Literasi Anak.Indonesiajournal of Early Childhood: Jurnal Dunia Aanaak Usia Dini, 5(1), 192-196. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2049
- Darkun, M. (2019). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(01), 77. https://Doi.Org/10.32332/An-Nabighoh.V21i01.1541
- Carolina & Pangaribuan. (2022). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Pada Para Siswa Berbasis Bimbel (Bimbingan Belajar). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17-22.
- Fanany, B.E. (2012). Teknik Membaca Cepat Trik Efektif. Yogyakarta: Araska
- Hurmsli, T. (2011). Seni dan Strategi Membaca Cepat Tanpa Lupa. Yogyakarta: Niaga Swadaya
- Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
- Pratiwi, Ema. (2015). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik Dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Seminar Nasional Pendidikan.
- Rachman, Y.A. (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung Pada Aanak Usia Dini. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1). https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i2.1538
- Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. Https://Doi.Org/10.36088/Assabiqun.V2i1.611
- Sukaris et al. (2023). Implementasi Program Kerja Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak-Anak Desa Kedungrukem. Dedikasimu: Journal of Community Service, 5(2), 137-142. http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5675
- Surya, Mohamad. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Referensi
Auliya W. P. & Hadiapurwa, A. (2023) Pengaruh Pendidikan Non-Formal Bimbel (Bimbingan Belajar) Terhadap Minat Literasi Anak.Indonesiajournal of Early Childhood: Jurnal Dunia Aanaak Usia Dini, 5(1), 192-196. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2049
Darkun, M. (2019). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 21(01), 77. https://Doi.Org/10.32332/An-Nabighoh.V21i01.1541
Carolina & Pangaribuan. (2022). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Pada Para Siswa Berbasis Bimbel (Bimbingan Belajar). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17-22.
Fanany, B.E. (2012). Teknik Membaca Cepat Trik Efektif. Yogyakarta: Araska
Hurmsli, T. (2011). Seni dan Strategi Membaca Cepat Tanpa Lupa. Yogyakarta: Niaga Swadaya
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003
Pratiwi, Ema. (2015). Pembelajaran Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat Akademik Dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak. Seminar Nasional Pendidikan.
Rachman, Y.A. (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung Pada Aanak Usia Dini. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1). https://doi.org/10.31869/jkpu.v2i2.1538
Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. Https://Doi.Org/10.36088/Assabiqun.V2i1.611
Sukaris et al. (2023). Implementasi Program Kerja Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak-Anak Desa Kedungrukem. Dedikasimu: Journal of Community Service, 5(2), 137-142. http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i2.5675
Surya, Mohamad. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
