Main Article Content

Abstract

Guru sebagai pendidik profesional tidak hanya memiliki untuk mendidik, mengajar, dan mengevaluasi peserta didik, tetapi juga wajib meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu cara untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan mengurus jabatan fungsional guru sebagaimana Keputusan  Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, di mana salah satu syaratnya yaitu publikasi ilmiah/ membuat karya tulis ilmiah. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru SDN 17 Pandan diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kemampuan untuk para guru dalam membuat karya tulis ilmiah serta bagaimana cara mempublikasikannya. Dengan begitu, para guru tidak lagi kesulitan dalam mengurus kenaikan pangkat/golongan serta meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SDN 17 Pandan dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang merupakan guru-guru di Sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan metode ceramah, tanya-jawab, dan simulasi. Melalui kegiatan pengadian yang dilaksanakan ini, guru SDN 17 Pandan Sumatera Barat dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk menulis karya tulis ilmiah dengan baik dan benar.

Keywords

Karya ilmiah Publikasi Guru Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Handayani, S. L., & Ninawati, M. (2022). PKM Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi Bagi Guru-Guru SD di Daerah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 10(1s). https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.3977

References

    Afandi, M. (2014). PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 1–19.
    Aina, M., H, B., SB, R., H, A., & Sadikin, A. (2015). PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU GURU SMA 8 KOTA JAMBI. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3), 29–32.
    Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). PELATIHAN MENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SEKOLAH DASAR DAN TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN TAJINAN KABUPATEN MALANG. ABDIMAS PEDAGOGI, 1(1), 22–26.
    Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., & Subali, B. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH SAINS GURU SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT. ABDIMAS, 17(2), 111–116.
    Setiawan, Wawan dan Tri Mulyadi. 2014. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Sederajad di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Semarang: Artikel Pengabdian Universitas Semarang
    SK Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tentang Jabatan Fungional Guru dan Angka Kreditnya.
    Zm, H., Muntari, & Jufri, A. W. (2018). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA Pelatihan Penulisan dan Penyuntingan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru MTS dan MA Pondok Pesantren Azziziyah Kapek di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1), 75–78.