Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel yang diajukan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  • File pengajuan ada dalam format file dokumen Microsoft Word (.Doc)
  • Penulisan Referensi disarankan memakai Mendeley atau EndNote. Bila tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  • Font menggunakan Times New Roman ukuran 12pt; spasi paragraph 1,5; sesuai Template Jurnal Solma dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang tepat, bukan di akhir.
  • Teks tersebut mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis. Author Guidelines, yang dapat ditemukan pada About the Journal.

Author Guidelines

  1. Penulis menegaskan bahwa materi tersebut belum pernah diterbitkan sebelumnya dan mereka belum mentransfer hak apa pun ke artikel tersebut.
  2. Pengarang harus memastikan keaslian karya dan mereka telah mengutip karya orang lain dengan benar sesuai dengan format referensi.
  3. Naskah yang dikirimkan harus bebas plagiarisme.
  4. Penulis harus memastikan bahwa naskah yang dikirim mengikuti kriteria kepengarangan yang dijelaskan dalam instruksi untuk penulis.
  5. Penulis tidak boleh menyerahkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga bahwa penulis tidak akan menerbitkan manuskrip berlebihan atau manuskrip yang menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal.
  6. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama mereka sebagai penulis bersama.
  7. Penulis harus memberi editor data dan detail pekerjaan, jika ada kecurigaan pemalsuan atau pemalsuan data.
  8. Jika suatu saat, penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam naskah yang dikirim, maka kesalahan atau ketidaktepatan tersebut harus dilaporkan kepada editor.
  9. Penulis jurnal harus mengklarifikasi segala sesuatu yang dapat menyebabkan konflik kepentingan seperti pekerjaan, biaya penelitian, biaya konsultan, dan kekayaan intelektual pada formulir yang telah disediakan.