Main Article Content

Abstract

Background: Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami kemerosotan moral dengan berbagai tindakan bulying yang terjadi. Sekolah Dasar merupakan satuan sarana pendidikan yang menjadi tempat kedua untuk tumbuh dan berkembangnya peserta didik tak luput dari adanya kasus tindakan Bullying. Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiah (KKN MAs) telah dilaksanakan di Desa Bakipandeyan, Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bakipandeyan 01. Pelaksanaan program kerja ini dimaksudkan agar peserta didik dapat saling bekerja sama menciptakan tempat yang aman dan menyenangkan untuk semua di sekolah, pengetahuannya meningkat serta untuk meningkatkan literasi digital sebagai peningkatan kreativitas dan inovasi. Metode: Penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga tahap: persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil: Pemaparan sosialisasi dan pelatihan ini dikatakan cukup efektif karena melalui pemberian pre-test dan post-test didapatkan rata-rata pre-test sebesar 78,33 dan post-test sebesar 93,33. Didapat N-Gain sebesar 0,58 dan termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan: Sosialisasi anti-Bullying dan pelatihan pembuatan poster melalui platform Canva dapat meningkatkan pengetahuan dan membentuk karakter peserta didik dalam mencegah terjadinya tindakan Bullying serta meningkatkan kreativitas digital.

Keywords

Bullying Canva Edukasi Sekolah Dasar Bullying Canva Edukasi Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Eka Pramesti, Z., Handayani, S. L., & Ninawati, M. (2025). Edukasi Anti Bullying dan Praktik Pembuatan Poster Melalui Platform Canva di SDN Bakipandeyan 01. Jurnal SOLMA, 14(2), 2796–2803. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.17994

References

  1. Agisyaputri, e., nadhirah, n. A., & saripah, i. (2023). Identifikasi fenomena perilaku Bullying pada remaja. Jubikops: jurnal bimbingan konseling dan psikologi, 3(1), 19–30.
  2. Ali Sofyan, F., Ariesty Wulandari, C., Lauren Liza, L., Purnama, L., Wulandari, R., & Maharani, N. (2022). Bentuk Bullying dan Cara Mengatasi Masalah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner KAPALAMADA, 1(4), 496–504. http://dx.doi.org/10.62668/kapalamada.v1i04.400
  3. Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2023, July 15). Jumlah Anak (Usia 0-18 Tahun) Korban Kekerasan Per Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, 2022-2023. https://jateng.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTAyNiMy/jumlah-anak-usia-0-18-tahun-korban-kekerasan-per-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html
  4. Christina Rahayuningrum, D., Patricia, H., Apriyeni, E., & Irman Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Syedza Saintika Padang, V. (2022). EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING PADA SISWA SEKOLAH DASAR. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3110–3116. https://doi.org/10.31604/jpm.v5i9.3110-3116
  5. Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2020). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Digital Bagi Guru SMA di Era Revolusi Industri 4.0. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 146. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6697
  6. Dirawan, G. D., Dyah Darma Andayani, & Pertiwi, N. (2023). Peningkatan Literasi Digital pada Santri Pesantren Syeh Hasan Yamani memanfaatkan Aplikasi Canva. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 366–371. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.129
  7. Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning : Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697–705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795
  8. Humas KPAI. (2024). HARDIKNAS: Bergerak Serentak Wujudkan Perlindungan Anak Pada Satuan Pendidikan.
  9. Kartini, D., & Hana, F. (2024). Pelatihan Peningkatan Kreativitas Visual dalam Perancangan Poster Kampanye tentang Covid-19 bagi Anak-Anak di Sekolah Dasar Jatiragas 1 Subang. Journal of Community Service, 6(1), 33–44.
  10. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020.
  11. Ningtyas, P. V., & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi. Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104–108.
  12. Nurrafida, s. T., & qosyim, a. (2019). Pendidikan sains peningkatan hasil belajar pada materi sistem gerak manusia setelah diterapkan model collaborative learning. 3. Https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
  13. Octavia, D., Puspita, M., & Sativa Yan, L. (2020). Fenomena Perilaku Bullying pada Anak di Tingkat Sekolah Dasar. Riset Informasi Kesehatan, 9(1), 43–50. https://doi.org/10.30644/rik.v8i2.273
  14. Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 54–60. https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575
  15. Saputra, h. R. (2022). Analisis sebaran fasilitas pendidikan dasar dengan pemanfaatan sistem informasi geogerafis di kecamatan baki kabupaten sukoharjo.
  16. Siswanto, R. D., Handayani, S. L., Cianda, F., & Burhendi, A. (2021). Pendampingan Program KKN: Pelatihan Alat Peraga Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Lombok. Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu, 2(2), 539–547.
  17. Tullah, R., Saputri, F. H., Kurniawan, A., Maharani, A. A., Gina, A. A., & Luthfi, M. N. (2024). Pelatihan Pembuatan Design Poster Menggunakan Canva Pada Anak Sekolah Dasar ARTICLE HISTORY. Jurnal Pengabdian Global, 3(1), 1–4. https://doi.org/10.38101/jpeg.v3i1.10842