Analisis Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Kontrol PID (Proportional Integral Derivative)

Penulis

  • Rosalina Rosalina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Ibnu Qosim Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Mohammad Mujirudin Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Kata Kunci:

motor DC, Proporsional, Integral, Derivative

Abstrak

Motor DC merupakan motor yang saai ini banyak digunakan untuk proses produksi dalam industri, karena mudah untuk diaplikasikan. Motor DC sering digunakan pada pemakaian yang memerlukan rentang kecepatan yang lebar. Selain itu, motor DC juga mempunyai kekurangan yaitu dalam hal pengaturan kecepatan dan besarnya saat putaran awal. Oleh karena itu untuk menekan tingginya overshot pada putaran awal motor perlu dilakukan pengaturan sehingga kecepatan motor sesuai dengan set poin yang diinginkan dengan risetime yang tinggi dan overshot yang lebih kecil. PID (Proportional Integral Derivative) merupakan salah satu  kontroler untuk mengatur kecepatan motor. Kontrol PID mempunyai kelebihan – kelebihan tertentu untuk mengatur putaran motor yaitu kontrol proporsional mempunyai kelebihan risetime yang cepat, kontrol integral mempunyai kelebihan untuk memperkecil error , dan kontrol derivative mempunyai kelebihan untuk  meredam overshot / undershot. Untuk itu agar dapat menghasilkan output dengan risetime yang tinggi dan error yang kecil kita dapat menggabungkan ketiga  kontrol tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rosalina Rosalina, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Elektro

Ibnu Qosim, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Elektro

Mohammad Mujirudin, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Elektro

Referensi

[1] Y. Rijono, Dasar Teknik Tenaga Listrik, Yogyakarta: ANDI, 1997.

[2] Zuhal dan Zhanggischan, Prinsip Dasar Elektroteknik, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Ilmu, 2004.

[3] H. Berahim, Pengantar Teknik Tenaga Listrik, Yogyakarta: ANDI, 1991.

[4] H. D. Laksoni, Sistem Kendali dengan PID I, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

[5] K. Ogata, Modern Control Enginering (Part I), New Jersey: Prentice Hall, 1997.

[6] Endra dan dkk, "Simulasi Auto Tuning PID Controller Untuk Motor DC Menggunakan Metode Multiple
Integration,” Jurnal Teknik Komputer, vol. XVIII, pp. 123-139, 2008.

[7] H. Wicaksono, Catatan Kuliah ”Automasi 1”, Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2009.

[8] D. Happyanto dan M. Purnomo, Teknik Kendali Motor Induksi Tiga Fasa, Jogjakarta: Graha Ilmu, 2014.

[9] A. Sofwan dan R. S. Baqo, "jurnal elektronika,” Sistim Pengendali Kecepatan Putaran Motor AC Satu Fasa Menggunakan Mikrokontroler AT85S8252, pp. 2-4, 2014.

[10] H. D. Laksono, Sistem Kendali dengan PID II, Yogyakarta: TEKNOSAINS, 2016.

[11] W. Setiawan dan P. Raharjo, Pengendali Motor DC dengan PID Controller, Yogyakarta: Inkubator Teknologi, 2014.

[12] Waluyo dan dkk, "Analisis Penalaan Kontrol PID Pada Simulasi Kendali Kecepatan Putaran Motor DC Berbeban menggunakan Metode Heuristik,” Jurnal Teknik Elektro, vol. I, pp. 79-92, 2013.

Unduhan

Diterbitkan

2017-11-27

Cara Mengutip

Rosalina, R., Qosim, I., & Mujirudin, M. (2017). Analisis Pengaturan Kecepatan Motor DC Menggunakan Kontrol PID (Proportional Integral Derivative). Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2, E89 - E94. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/782

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama