Uji Mekanik Material Struktur Aluminium Tangki Reaktor untuk Menentukan Keandalan Operasionalnya

  • Pancatatva Hesti Gunawan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Rosalina Rosalina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
Keywords: pengujian, mekanik, bahan, struktur, aluminium

Abstract

Keandalan tangki reaktor kimia ditentukan oleh bahan struktur aluminium yang digunakan. Untuk mengetahui keandalan bahan struktur dilakukanlah pengujian mekanik antara lain dengan: uji tarik, uji metalografi, dan uji kekerasan (Brinell). Uji tarik dapat digunakan untuk mengetahui sifat mekanik bahan, parameter yang berpengaruh dalam pengujian tarik adalah beban tarik dan luas penampang awal spesimen uji. Beberapa sifat mekanis bahan yang akan diperoleh dari uji tarik adalah: kekuatan mulur, kekuatan tarik, kekuatan putus, keuletan dan ketangguhan. Pengujian metalografi untuk mengetahui kondisi logam alumunium dilihat dari strukturnya menggunakan mikroskop. Uji kekerasan untuk mengetahui ketahanan bahan dari deformasi plastis, bila diberikan beban/gaya dari luar. Pada metode Brinell harga kekerasan didapat melalui pengukuran jejak bekas yang dimasukkan dalam rumus masing-masing. Tujuan pengujian ini untuk mengetahui kekuatan bahan aluminium dan menentukan kemampuannya terhadap beban kerja. Rata-rata nilai elongasi pemuluran spesimen aluminium adalah 11,26%. Berdasarkan standar ASTM maka spesimen aluminium masih memenuhi rentang nilai elongasi pemuluran <15%. Berdasarkan hasil metalografi yang dilakukan dapat diketahui bahwa tidak ditemukan adanya cacat pada permukaan, sehingga material masih layak digunakan. Kedua nilai Hb
menunjukkan bahwa aluminium yang digunakan masih dalam rentang yang sangat baik. Berdasarkan standar ASTM nilai ini masih dalam rentang > 700 N/mm. Dapat dikatakan bahwa material ini masih cukup layak digunakan sehingga tangki tetap dapat bekerja dengan aman.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Pancatatva Hesti Gunawan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Peralatan yang akan diusulkan ini terdiri atas dua bagian utama. Bagian pertama, peralatan pengamanan fisik uang. Pada bagian ini didesain tas yang memiliki kemampuan menggelembung pada saat telah ada di tangan perampok. Sehingga dapat menghambat proses pelarian perampok. Selain itu, tas memiliki kemampuan untuk melemahkan mental perampok, yaitu dengan kemampuan mengeluarkan suara yang cukup mengganggu, agar perampok menjadi gugup dan sulit untuk bersembunyi. Banyak kemampuan lain yang dapat ditambahkan pada tas ini, seperti kemampuan mengeluarkan suara peluit anjing, agar tas dapat juga dilacak oleh hewan pelacak seperti anjing. Bagian kedua, peralatan pelacakan, yang merupakan suatu sistem peralatan untuk pelacakan posisi tas. Sistem pelacakan yang digunakan memanfaatkan teknologi radio paket, yaitu dengan sistem APRS (Automatic Position Reporting System ). Sistem APRS merupakan
aplikasi perangkat lunak yang menggunakan protocol paket.

Rosalina Rosalina, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Department of Mechanical Engineering

References

[1]. Djoko Wiyono, Pengetahuan Praktis Metalografi, Jurusan Teknik Metalurgi, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, 2010

[2]. American Standard Material Handbook Volume 9, Metallography and Microstructures, USA, 2000.

[3]. Andryansyah, Diklat Praktikum Pengujian Mekanik Logam, Balai Teknologi Uji, P2TKN BATAN, 1993.

[4]. Djoko Wiyono, Kumpulan Bahan Metalografi, Jurusan Metalurgi, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, 2013.

[5]. ASTM, Metals Test Methods and Analytical Procedures, Section 3, Astia Standart, 1995.

[6]. Bambang Witjaksono, Praktikum Uji Mekanik Logam, Unit Pengabdian Masyarakat, Jurusan Metalurgi, Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991.

[7]. Dedi Priadi dkk., “Pengaruh Kecepatan dan Temperatur Uji Tarik Terhadap Sifat Mekanik Baja S48C”, Jurnal MAKARA TEKNOLOGI, Vol. 7 No. 1, Dept. Metalurgi dan Material, Universitas Indonesia, April 2013.

[8]. Andi Kurniawan, dkk., “Studi Kekuatan Tarik Las Dari Bahan Plat Dasar Aluminium-Magnesium”, Jurnal E Dinamis, Volume 10, No. 2, Dept. Teknik Mesin, Universitas Sumatera Utara, September 2014.

[9]. Aris Budiyono, dkk., “Peningkatan Sifat Mekanis Sekrap Aluminium dengan Degassing”, Jurnal Professional Vol. 8, No. 1, Mei 2010, ISSN 1693-3745, Teknik Mesin, UNES Semarang, 2010.

[10]. Erich Umbu KM, “Struktur Mikro dan Kekuatan Tarik Aluminium SCRAP dengan Heat Treatment T6 pada Proses Centrifugal Casting”, Seminar Nasional Sains dan Teknik 2012, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Cendana, Kupang, 2012.
Published
2017-11-29
How to Cite
Gunawan, P. H., & Rosalina, R. (2017). Uji Mekanik Material Struktur Aluminium Tangki Reaktor untuk Menentukan Keandalan Operasionalnya. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 1(1), 149 - 161. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/808