Main Article Content

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya adalah kemampuan penyusunan instrumen tes evaluasi. Guru yang profesional memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keprofesionalan guru dalam menyusun intrumen tes evaluasi yang berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) dan berpikir reflektif siswa dalam pembelajaran matematika. Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru matematika SMP/SMA/sederajat di Jawa Tengah dengan jumlah peserta 14 orang. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah yang dilakukan secara daring mengingat kondisi saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19. Hasil evaluasi dilakukan di akhir pelatihan, diperoleh hasil bahwa sebagian besar peserta belum mengenal tentang berpikir reflektif siswa dan tertarik dengan pentingnya kemampuan berpikir reflektif. Di sisi lain, sebagian besar peserta sudah mengenal tentang HOTS tetapi masih banyak peserta belum memberikan soal matematika berbasis HOTS kepada siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat apresiasi dari peserta dan peserta tertarik untuk diadakan pelatihan lebih lanjut tentang penyusunan berpikir reflektif siswa dalam waktu yang lebih lama.

Keywords

pelatihan berpikir reflektif evaluasi matematika HOTS pelatihan, berpikir reflektif, evaluasi, matematika, hots : training, reflective thinking, evaluation, mathematics, hots

Article Details

How to Cite
Kholid, M. N., Swastika, A. ., Maharani, S., & Fakar, A. Z. (2021). Pengenalan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematis bagi Guru-guru Matematika SMP/SMA/Sederajat. Jurnal SOLMA, 10(2), 363–369. https://doi.org/10.22236/solma.v10i2.7703

References

  1. Abdullah, A. H., Mokhtar, M., Halim, N. D. A., Ali, D. F., Tahir, L. M., & Kohar, U. H. A. (2017). Mathematics Teachers' Level of Knowledge And Practice on the Implementation of Higher-Order Thinking Skills (HOTS). Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(1), 3–17. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00601a
  2. Hanley, P., Slavin, R., & Elliott, L. (2015). Thinking, Doing, Talking Science: Evaluation Report and Executive Summary.
  3. Hayward, L. (2015). Assessment is learning: The Preposition Vanishes. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 22(1), 27–43. https://doi.org/10.1080/0969594X.2014.984656
  4. Kholid, M. N., Imawati, A., Swastika, A., Maharani, S., & Pradana, L. N. (2021). How are Students' Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem? Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012018
  5. Kholid, M. N., Sa'dijah, C., Hidayanto, E., & Permadi, H. (2020). How are Students' Reflective Thinking for Problem Solving? Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1135–1146. https://doi.org/10.17478/JEGYS.688210
  6. Kholid, M. N., Telasih, S., & Pradana, L. N. (2021). Reflective Thinking of Mathematics Prospective Teachers ' for Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1783(012102), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012102
  7. Mulia, D. S., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
  8. Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif , Psikomotor , the Implementation of Problem-Based Learning To Improve Learning Outcomes of Cognitive , Psychomotor , and Affective of Students in. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(November 2015), 352–364. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489
  9. Phan, H. P. (2014). Self-efficacy, Reflection, and Achievement: A Short-Term Longitudinal Examination. Journal of Educational Research, 107(2), 90–102. https://doi.org/10.1080/00220671.2012.753860
  10. Reinholz, D. L. (2016). Developing mathematical Practices Through Reflection Cycles. Mathematics Education Research Journal, 28(3), 441–455. https://doi.org/10.1007/s13394-016-0175-1
  11. Rodgers, C. (2002). Defining Reflection:Another Look at John Dewey and Reflective Thinking. Teachers College Record,104, 104(4), 842–866.
  12. Salsabilla, I., & Hidayati, Y. M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 92–107. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3948
  13. Slavin, R. E. (1997). Educational psychology: Theory and practice., 5th ed. Pearson Education Inc.
  14. Suharna, H., Hairun, Y., Abdullah, I. H., Alhaddad, I., Afandi, A., Ardiana, & Sari, D. P. (2020). The Reflective Thinking Elementary Student in Solving Problems Based on Mathematic Ability. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6), 3880–3891.
  15. Zehavi, N., & Mann, G. (2005). Instrumented Techniques and Reflective Thinking in Analytic Geometry. The Montana Mathematics Enthusiast, 2(22), 1551–3440.

Most read articles by the same author(s)