Main Article Content

Abstract

Background: Untuk keperluan kenaikan pangkat/golongan guru harus memiliki karya ilmiah. Sayangnya, banyak guru yang masih belum memiliki pengalaman dalam kepenulisan karya ilmiah. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk melatih guru dalam menuliskan karya ilmiah dan mengenalkan jenis-jenis desiminasi seperti publikasi melalui jurnal ataupun sebuah konferensi. Metode: Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru di Kabupaten Sragen dengan jumlah 25 orang. Guru-guru tersebut akan menempuh sertifikasi atau mengajukan kenaikan golongan sehingga mereka membutuhkan pelatihan untuk menulis karya ilmiah. Kegiatan dilaksanakan secara Luring selama 32 JP di SMP Muhammadiyah 5 Tanon Sragen secara tatap muka dan mandiri. Hasil: Output yang dicapai selama rangkaian kegiatan diantaranya draft artikel ilmiah, serta pengalaman dan pengetahuan tentang: 1) pengertian artikel ilmiah, 2) Urutan penulisan artikel karya ilmiah, 3) perbedaan PTK dengan artikel ilmiah, serta kesinambungannya, dan 4) Cara menentukan dan menulis judul serta upaya mendapatkan inspirasi ketika kehabisan ide saat menulis. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil menanamkan urgensi penulisan artikel ilmiah pada guru serta bagaimana menyusunnya dan mengetahui proses publikasinya. Adapun luaran berupa produk yaitu draft artikel ilmiah.

Keywords

Guru Karya Ilmiah Pelatihan Penulisan

Article Details

How to Cite
Kholid, M. N., Faiziyah, N., Sari, C. K., Toyib , M., Rejeki, S., Sutama, S., Nurcahyo, A., Andriani, T., Maulana, M. R., & Palupi, K. T. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di Kabupaten Sragen. Jurnal SOLMA, 11(2), 258–264. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.9680

References

    Al Hadi, K., Qomariyah, N., Minardi, S., Mardiana, L., Alaidrus, A. T., & Alaa', S. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI), 2(1), 69–73. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.270
    Cahyo, E., Nurhadi, T., Kulup, L. I., Supriyanto, H., & Ardhianti, M. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMPN N 1 Gresik. Jurnal Penamas Adi Buana, 4(2), 124–128. https://doi.org/10.36456/penamas.vol4.no2.a2854
    Djaja, S. (2016). Harapan Dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 1–12.
    Fadhli, M., & Fadhlilah, M. (2017). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Blog Sebagai Sarana Publikasi Bustanul Athfal Kabupaten Ponorogo. Jurnal Abdimas, 1(2), 18–24. http://dx.doi.org/10.24269/adi.v1i2.611
    Fonna, M., Mursalin, Aklimawati, Muliana, Fajriana, Fitriani, H., Rahmi, A., Unaida, R., Fakhrah, Novita, N., Zahara, S. R., & Sakdiah, H. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Riset Bagi Guru dan Teknik Submission Di Jurnal Nasional. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 157–162. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6426
    Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Matematika SMA dalam Memvisualisasikan Materi Ajar dengan Menggunakan Website DESMOS. He 8thUniversity Research Colloquium 2018, 78–86.
    Khotimah, R. P., Setyaningsih, N., Masduki, & Sutarni, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Klaten. Jurnal Warta LPM, 24(4), 646–655. https://doi.org/10.23917/warta.v24i4.14222
    Kulup, L. I., Pujiastuti, R., Budiyono, S. C., & Indayani. (2021). Analisis Sistematikaartikel Ilmiah pada Penelitian Tindakan Kelas Guru SMP-SMA Waru, Sidoarjo. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 165–172. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i2.4073
    Marwa, & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Masyarakat, Jurnal Pengabdian Pada, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30653/002.202051.256
    Nafi'ah, S. (2022). Workshop Publikasi Artikel Jurnal untuk Menunjang Profesionalisme Guru Kelas Di SD Negeri 3 Demuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1), 51–57. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i1.312
    Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 16(2), 76–88.
    Slameto. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46–57. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57
    Sugiarti, Anggraini, P., & Musaffak. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru MTs Muhammadiyah I Malang sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.30653/002.202161.609
    Widagdo, A., & Susilo. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Agi Guru-Guru Sd Di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(3), 25–29.
    Wiharto, Fatimah, S., & Suryani, E. (2019). Pendampingan guru SMA Kabupaten Klaten dalam rangka publikasi ilmiah dengan E-Balada. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 184–190. https://doi.org/10.12928/jp.v3i2.942