Main Article Content

Abstract

Background: Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan Color Dumb Ball sebagai media pembelajaran yang efektif dalam melatih fokus, kemampuan sensorik, motorik, dan komunikasi anak usia dini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pendidik, orang tua, dan masyarakat umum tentang manfaat dan cara optimal memanfaatkan media ini untuk mendukung tumbuh kembang anak secara menyeluruh. Selain itu juga berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya stimulasi dini yang meliputi aspek kognitif, fisik, dan sosial, guna mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas, dan kompeten. Metode: Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif, edukatif, dan evaluatif. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi dan pelatihan mengenai penggunaan "Colour Dumb Ball" sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini telah berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta. Pendekatan edukatif yang menggabungkan teori dan praktik terbukti efektif dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada pendidik, orang tua, dan masyarakat umum. Peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan mampu mengaplikasikan media ini dalam aktivitas pembelajaran anak.

Article Details

How to Cite
Maharani, S., Wijaya Kusuma, J., Hamidah, H., Septyawan, A., Majid, M., & Hasbullah, K. M. (2025). Sosialisasi Media Pembelajaran Colour Dumb Ball untuk Melatih Fokus, Sensorik, Motorik dan Ketrampilan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 14(1). Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/18236

References

  1. Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
  2. Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109–124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124
  3. Ambarita, J. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter di Masa Pandemi Covid 19. PROSIDING SNITT POLTEKBA, 4.
  4. Apendi, M., Maharin, H., & Sutarno, S. K. (2024). Meningkatkan Keterampilan Sosial melalui Permainan Tradisional pada Anak Tunarungu di SLB-B Beringin Bhakti Talun. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 6(2), 212. https://doi.org/10.24235/prophetic.v6i2.16667
  5. Dewi, F. S., Dhafiana, N., Rohmah, S. R. U., & Rustini, T. (2024). Mengasah Keterampilan Sosial Peserta Didik: Permainan Tradisional Sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif di Kelas. Sindoro Cendikia Pendidikan, 4(7), 1–10. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i7.3404
  6. Firdausi, R., Mardikawati, B., Huda, N., Riztya, R., & Rahmani, S. F. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dikalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktek Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Komunikasi. 5.
  7. Khotimah, N. (2023). Penggunaan Permainan Sains Colour March pada Sensori Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 4(2), 856–863. https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.269
  8. Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama.
  9. Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(11). https://doi.org/10.24853/yby.2.2.13-22
  10. Novitasari, A. (2025). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad Journal on Early Childhoodi, 8(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.828
  11. Putri, E. I. E., Fikriyah, D. A., & Wahyuningsih, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Busy Book untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal Konsep Bilangan Dikelompok A RA Insan Mubarok. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), Article 2.
  12. Qomariah, D. N., & Hamidah, S. (2022). Menggali Manfaat Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar: Konteks Anak Usia Dini. Jendela PLS, 7(1), 8–23. https://doi.org/10.37058/jpls.v7i1.4506
  13. Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts in Building Student Interaction Using A Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332
  14. Siregar, N. (2018). Meninjau Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Wawancara Berbasis Tugas Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.268
  15. Windasari, I. W., & Dheasari, A. E. (2023). Studi Literatur Pembelajaran Media Geometri dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85–93. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.752

Most read articles by the same author(s)