Main Article Content

Abstract

Background: Era digital menuntut setiap individu, termasuk santri, untuk memiliki literasi teknologi dan keterampilan abad 21 yang relevan dengan kebutuhan masa kini. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi melalui integrasi literasi digital dan pemanfaatan energi terbarukan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman santri mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta menumbuhkan kemandirian pesantren dalam memanfaatkan energi surya. Metode: Metode kegiatan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu survei awal untuk mengetahui tingkat pemahaman santri mengenai energi terbarukan dan PLTS, dilanjutkan dengan sosialisasi, demo, serta praktik langsung perakitan panel surya menggunakan modul PLTS skala kecil. Kegiatan diikuti oleh guru dan santri di Pondok Pesantren Al Ikhlas Karasan dengan pendekatan partisipatif. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman santri terkait prinsip kerja PLTS, komponen penyusun, serta kesadaran pentingnya energi terbarukan, dengan peningkatan persentase pemahaman antara 35%-36%. Kesimpulan: Antusiasme santri dan guru juga terlihat dari keaktifan dalam diskusi maupun praktik langsung, sehingga program ini dinilai berhasil mencapai target yang ditetapkan.

Keywords

Solar Smart Santri Energi Terbarukan Panel Surya Literasi Digital Ponpes Al Ikhlas Karasan Solar Smart Santri Energi Terbarukan Panel Surya Literasi Digital Ponpes Al Ikhlas Karasan

Article Details

How to Cite
Tri Yuniahastuti, I., Maharani, S., Asnawi, N., Prastya, D. D., & Baretta, P. A. (2025). Pelatihan 3S "Solar Smart Santri" Guna Mewujudkan Santri Cerdas di Era Digital di Pondok Pesantren Al Ikhlas Karasan . Jurnal SOLMA, 14(3). https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20852

References

  1. Amir, S., Fauzi, M. R., & Isomudin, M. (2021). Problematika Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 31(2), 108–119. https://doi.org/10.52030/attadbir.v31i2.108
  2. Anwar, M., Ramdani, & Majid, A. F. (2017). Pengembangan Tes Interaktif Pembelajaran Kimia dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 Pro pada Materi Pokok Laju Reaksi. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 716–721.
  3. Arifin, Z., Ariantini, M. S., Sudipa, I. G. I., Chaniago, R., Suryani, Dwipayana, A. D., Adriani, Adhicandra, I., Ariana, A. A. G. B., Rahmania, Yulianti, M. L., Rumata, N. A., & Alfiah, T. (2023). Green Technology: Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  4. Dalam, M., Proses, P., & Dan, B. (2016). Pemasaran Online Pada Usaha Mikro Tanaman Hydroponic Abstrak Kemajuan teknologi telah mempengaruhi berbagai aktivitas. Sejak kemunculan internet hingga saat ini para pengguna internet selalu bertambah dari waktu ke waktu. Meledaknya jumlah pengguna inte.
  5. Dewi, M. S. (2012). Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop dalam Meningkatkan Keterampilan Editing Foto. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 260–270.
  6. Erislan. (2025). Pelatihan Dan Penyuluhan Pembuatan Konten Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Saung Injuk Resto. JAMAS : Jurnal Abdi Masyarakat, 3(1), 731–736. https://doi.org/10.62085/jms.v3i1.165
  7. Firdausi, R., Mardikawati, B., Huda, N., Riztya, R., & Rahmani, S. F. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dikalangan Pelajar: Pengenalan dan Praktek Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Komunikasi. 5.
  8. Handayani, Y. S., Fitrilina, F., & Marlina, N. C. (2024). Implementasi PLTS sebagai Supply Listrik Alternatif pada Fasilitas Masjid Qoryah Thoyyibah Kandang Limun: Implementation of PLTS as an Alternative Electricity Supply at Kandang Limun Qoryah Thoyyibah Mosque Facilities. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(8), Article 8. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i8.7198
  9. Hasanah, S. M., Widiastuti, I., & Mubin, S. (2023). Strategi Membangun Budaya Madrasah Unggul Di Madrasah Aliyah Al-Irtiqo International Islamic Boarding School (IIBS) Malang. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 6(2), 175–189. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v6i2.8867
  10. Khulaifatuzzahra, I., Arni, Y., Rianti, D. N., & Fathier, S. C. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pembelajaran IPAS, Tentang Pengenalan Sistem Tata Surya Sekolah Dasar Kelas Tinggi di Sumatera Selatan. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1162–1172. https://doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2180
  11. Kinasti, R. M. A., Putri, D., Lestari, E., Sofyan, M., Kustanrika, I. W., Hidayawanti, R., & Sangadji, I. B. (2019). Sosialisasi dan Instalasi Panel Surya Sebagai Energi Terbarukan Menuju Kesadaran Lingkungan Indonesia Bebas Emisi. TERANG, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.33322/terang.v2i1.488
  12. Kusuma, Y. A., Yuniahastuti, I. T., & Achmad, A. Y. (2025). Sosialisasi Manajemen Perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Bagi Warga Desa Kartoharjo. JANITA (Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Tulungagung), 5(1).
  13. Maharani, S., & Andari, T. (2015). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Linear untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika Berbasis Model Discovery-Inquiry. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 148–152.
  14. Mahmudah, M., & Makmun, M. N. Z. (2020). Upaya Pencegahan Radikalisasi Dini pada Siswa Melalui Program Unggulan di SDNU Metro Barat Tahun Akademik 2019/2020 (Aspek Ideologi Beragama dan Sosial). AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 45–64. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1415
  15. Muhammad, I. M., Sari, C., & Yuniahastuti, T. (2023). Analisis Potensi Panel Surya 50 WP di Lab Terpadu Universitas PGRI Madiun. Jurnal Sistem Cerdas dan Rekayasa (JSCR), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.61293/jscr.v5i2.533
  16. Rusdi, M., Hariyanto, H., & Cipto, C. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Energi Terbarukan Dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna Berbasis Solarcell Untuk Pelajar SMPIT Ibnu Sina Merauke. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.20
  17. Syamsudin, S. (2020). Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 81. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4610
  18. Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606
  19. Yuniahastuti, I. T., Kusuma, Y. A., Sunaryantiningsih, I., & Firmansyah, A. (2024). Pengenalan Panel Surya Sebagai Sumber Energi Ramah Lingkungan kepada Kelompok Pemuda Krida Muda Desa Kartoharjo Magetan. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 3(2), 195–202. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i2.4153

Most read articles by the same author(s)