Main Article Content

Abstract

Background: Keaktifan belajar siswa-siswa di SMAN 6 Balikpapan masih tergolong randah dan perlu ditingkatkan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan model pembelajaran snowball throwing pada guru SMAN 6 Balikpapan dan implementasinya di dalam pembelajaran. Metode: Kegiatan sosialisasi ini dilakukan melaui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh guru-guru di SMAN 6 Balikpapan sejumlah 20 guru. Setelah pemaparan materi sosialisasi, dilakukan sebuah uji coba kepada siswa kelas XII IPA 5 sebanyak 33 siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam uji coba ini adalah lembar pengamatan keaktifan belajar siswa. Hasil: Hasil pengimplemetasian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing efektif meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 6 Balikpapan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi novel sebesar 17,67%. Sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Keywords

Keaktifan Belajar Model Pembelajaran Snowball Throwing Keaktifan Belajar Model Pembelajaran Snowball Throwing

Article Details

How to Cite
Maryatin, M., Rahmadhani, M. S., Apriliana, L., Putri, L. A., Safitri, S. R. N., Megawati, P. A., Muklisum, D., Novitasari, R., & Maharani, S. (2023). Sosialisasi Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audio pada Guru SMAN 6 Balikpapan untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa . Jurnal SOLMA, 12(1), 63–68. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.11138

References

  1. Akkas, Thalib, & Ahsan, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pelajaran IPA Di SDN 3 Macorawalie. Jurnal EDUKIMBIOSIS
  2. Alifah, Putri Nur. 2019. Penerapan Model Snowball Throwing Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran PKN di Kelas IV MIN 10 Aceh Besar
  3. Asyafah, Abas. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education.
  4. Ekayani, Putu Ni Luh. 2017. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
  5. Hermawan & Shandi. 2019. Pemanfaatan Hasil Analisis Novel Seruni Karya Almas Sufeeya Sebagai Bahasa Ajar Sastra Di SMA. METAMORFOSIS
  6. Husna, Nurul. 2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Cooperative Script Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 004 Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan
  7. Inri Novita Dwianti. 2021. Pengaruh Media PowerPoint dalam pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa.
  8. Munandar, Sabhayati Asri. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam.
  9. Mursid, Kiki Barkiah. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EDUINOVASI.
  10. Rizky Fitrian Kanza, Nanda; Djoko Lesmono, Albertus. 2019. Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika.
  11. Sebayang, Sofia. 2019. Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX.
  12. Sudana, I Made. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru.
  13. Sulastri. 2019. Implementasi Metode Snowball Throwing pada Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP N 1 Pagentan.
  14. Wali, Winarko, & Murniasih. 2020. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Tutor Sebaya. Jurnal Terapan Sains & Teknologi
  15. Wibowo, Nugroho. 2017. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi System Persamaan Linear Dua Variable Dengan Pembelajaran Kooperatif Tgt. Jurnal. Gunung Kidul : SMK N 1 Saptosari.

Most read articles by the same author(s)