Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Bermain yang belum diterapkan dengan tepat oleh Guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Lahat, dikarenakan belum mampu menciptakan serta mengoptimalkan Alat Permainan Edukatif (APE) yang sesuai dengan IKM Bermain pada tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Serta, sebagai bentuk kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Lahat dengan Universitas Sriwijaya dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, khususnya Guru TK agar lebih berkualitas, berdaya saing, dan berkarater dalam meningkatkan kompetensi sebagai Guru TK. Memberikan pemahaman dalam bentuk kegiatan pelatihan dan pendampingan pembuatan alat permainan edukatif pada Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Bermain bagi guru TK di Kabupaten Lahat. Metode: Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) melibatkan 20 Guru TK di Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Tahapan kegiatan PPM terbagi menjadi 3, yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; dan 3) Evaluasi. Indikator keberhasilan kegiatan PPM berupa tercapainya target jumlah khalayak sasaran dan ketercapaian jumlah rata-rata nilai tes (pre-test dan post-test) pada peserta kegiatan. Hasil: Meningkatnya pengetahuan guru setelah mengikuti pelatihan dengan hasil pre-test dan post-test sebesar 32,25 poin serta nilai N-gain sebesar 77,24% dengan kategori Efektif. Terdapat peningkatan kemampuan guru-guru TK di Kabupaten Lahat dalam membuat alat permainan edukatif pada IKM Bermain. Kesimpulan: Terlaksana secara efektif, mendapatkan respon positif, dan meningkatkan pengetahuan baru bagi Guru TK di Kabupaten Lahat.

Kata Kunci

Play Educational Game Tools Merdeka Curriculum Training Mentoring Bermain Alat Permainan Edukatif Kurikulum Merdeka Pelatihan Pendampingan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rukiyah, R., Suningsih, T., Rantina, M., Akbari, A., Khotimah, K., Rahmawati, R., & Fuspita, D. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Pada IKM Bermain Bagi Guru TK di Kabupaten Lahat. Jurnal SOLMA, 12(3), 1470–1478. Diambil dari https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/13173

Referensi

  1. Agustia, E. (2023). Merancanng Alat Permainan Edukatif (APE) Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Egileaner, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.56783/ja.v1i1.14
  2. Aini, B. H. Z., & Rachmi, E. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Ape Dalam Dan Ape Luar Sederhana. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 12(2), 1–12. https://doi.org/10.37216/aura.v1i2.438
  3. Arifudin, O., Imanuddin, H., Setiawati, E., Ma’sumah, M., Supeningsih, S., Lestariningrum, A., Suyatno, A., Umiyati, U., Fitriana, F., Puspita, Y., Saputro, A. N. C., Ma’arif, M., Harianti, R., & Sidik, N. A. H. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.).
  4. Asip, M., Riandra, N. M. I. K., Kurniawati, E. D., Ina, A., Purwanto, N., Owa, K., Mariyana, R., Rahayu, M., Yuniati, Y., & Sriasih, N. K. (2023). Pentingnya Alat Permainan Edukatif (APE) Bagi Anak (M. Martini (ed.); 1st ed.). Media Sains Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/pbndj
  5. Bunyamin, B., & Rahmanto, M. A. (2021). Pelatihan TQM Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Sekolah di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Jurnal SOLMA, 10(03), 414–422. https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.7316
  6. Faizah, H., Maftuh, M. S., Purwasih, S. M., & Sulistyaningtyas, A. D. (2020). Pemanfaatan Benda-Benda di Lingkungan Sekitar untuk Menanamkan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 9(1), 176–185. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4901
  7. Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal : Jurnal Pendidikan Islan Anak Usia Dini, 7(Edukasi), 44–56. https://doi.org/10.19109/ra.v75i1.15436
  8. Fitri, R., & Jumrah, A. M. (2022). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah Berbasis Merdeka di TK Khalifah Cendekia Mandiri Kabupaten Maros. Maspul Journal of Community Empowerment, 4(2), 424–430.
  9. Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
  10. Iskandar, H., Ismadi, H. D., & Baskoro, D. (2022). Panduan Pemilihan, Pembuatan, dan Pemanfaatan APE Secara Mandiri (1st ed.). Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
  11. Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.
  12. Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566.
  13. Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
  14. Mustika, N., & Suyadi, S. (2022). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar Terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889
  15. Novianti, D., & Salim, M. B. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test dan Post Test Terhadap Kesiapan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Kappa Journal, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754
  16. Permatasari, B. I., Nur’aini, T. A., Indriawati, P., & Waskitoningtyas, R. S. (2023). Pengabdian Kepada masyarakat : Belajar Segitiga dan Segiempat melalui Pembelajaran Kontekstual berbantuan Gambar Puzzle Rumah Ulin. Jurnal SOLMA, 12(2), 484–491. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12313
  17. Polina, L., & Pramudian, P. (2018). Pembelajaran Karakter Melalui Media Dongeng pada PAUD Formal Binaan I Dan Binaan III Ciracas Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2), 215–224. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1665
  18. Rahardjo, M. M., & Maryati, S. (2021). Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran. In P. F. Limbong (Ed.), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (1st ed.).
  19. Suryanti, S., Arifani, Y., Tristanti, L. B., & Khomariyah, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mendesain Tugas Berbasis Masalah. Jurnal SOLMA, 12(2), 818–826. https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12601

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama