Main Article Content

Abstract

Background: Kurikulum merdeka belajar merupakan wujud pengembangan kurikulum yang memudahkan peserta didik dalam pembelajaran. Proses pembelajaran berpusat pada materi yang mendasar untuk menumbuhkan keunikan dan meningkatkan keahlian serta kemampuan peserta didik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru di Kabupaten Lahat. Metode: Pengabdian dibuat dalam bentuk workshop /pelatihan, coaching clinic dan pendampingan dalam membuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hasil: Adanya peningkatan dari pengetahuan terlihat berdasarkan pre-test dan post-test yang telah diberikan dimana hasil pre-test mendapatkan rata-rata sebesar 55,5 dan rata-rata post-test peserta sebesar 85 dengan rata-rata kenaikan sebanyak 31. Kesimpulan: Adanya peningkatan pengetahuan peserta terkait kurikulum merdeka dan penyusunan modul ajar berbasis P5.

Keywords

Devotion Merdeka Curriculum module Pancasila Profile Student Kurikulum merdeka modul pengabdian Profil Pelajar Pancasila

Article Details

How to Cite
Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Rantina, M., Suningsih, T., Ayu Pagarwati, L. D., Mauidah, M., Alpionita, P. E., Yani, D. F., Ramada, P. Z., & Fitriani, I. (2023). Coaching Clinic Penyusunan Modul Ajar Berbasis P5 Bagi Guru TK Di Kabupaten Lahat . Jurnal SOLMA, 12(3), 1120–1130. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13175

References

  1. Afipah, H., & Imamah. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. Journal of Education Research, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456
  2. Amu, S., & Fathimah, S. (2022). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 444–451. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2647
  3. Cantika, V. M. (2022). Prosedur Pengembangan Kurkulum (Kajian Literatur Manajemen Inovasi Kurikulum). Jurnal UPI, 19(2), 171–184. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44220
  4. Iqbal, M., Anwar, S., Maliki, M., & Sari, R. (2022). Kurikulum dan Pendidikan (Merdeka Belajar Menurut Perspektif Humanism Arthur W Combs). Jurnal Pendidikan, 10(2), 278–285. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i2.2350
  5. Lestaningrum, A., & Jayanti, R. D. (2019). Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 15. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8112
  6. Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
  7. Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
  8. Netriwinda, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Paud Holistik Integratif Dengan Model Cipp Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Inovasi Pendidikan (JIP), 2(8), 2343–2352.
  9. Ningrum, M. A., Hasibuan, R., Mas’udah, M., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563–574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3730
  10. Noviantari, I., & Agustina, D. A. (2023). Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 465. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71154
  11. Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2018.10.002
  12. Purwanto, A., Fahmi, K., & Cahyono, Y. (2022). Coaching Clinic in Writing Scientific Articles for High Impact Journals – Part 1. Journal of Community Service and Engagement, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.9999/jocosae.v3i1.156
  13. Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
  14. Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 473–485. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.134
  15. Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
  16. Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
  17. Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
  18. Sanistasya, P. A., Andriana, A. N., Zaini, M., Aulia, D., Kinanti, R., Aningrum, Y., Hariyanto, M. F., & Mulawarman, U. (2023). Coaching Clinic Skripsi Hack Bagi Mahasiswa Administrasi Bisnis Univeristas Mulawarman. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 1–6. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14069
  19. Sulistiyaningsih, & Sujarwo. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4456
  20. Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
  21. Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258

Most read articles by the same author(s)