Main Article Content
Abstract
Background: Kurikulum merdeka belajar merupakan wujud pengembangan kurikulum yang memudahkan peserta didik dalam pembelajaran. Proses pembelajaran berpusat pada materi yang mendasar untuk menumbuhkan keunikan dan meningkatkan keahlian serta kemampuan peserta didik. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru di Kabupaten Lahat. Metode: Pengabdian dibuat dalam bentuk workshop /pelatihan, coaching clinic dan pendampingan dalam membuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Hasil: Adanya peningkatan dari pengetahuan terlihat berdasarkan pre-test dan post-test yang telah diberikan dimana hasil pre-test mendapatkan rata-rata sebesar 55,5 dan rata-rata post-test peserta sebesar 85 dengan rata-rata kenaikan sebanyak 31. Kesimpulan: Adanya peningkatan pengetahuan peserta terkait kurikulum merdeka dan penyusunan modul ajar berbasis P5.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Afipah, H., & Imamah. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. Journal of Education Research, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456
- Amu, S., & Fathimah, S. (2022). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 444–451. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2647
- Cantika, V. M. (2022). Prosedur Pengembangan Kurkulum (Kajian Literatur Manajemen Inovasi Kurikulum). Jurnal UPI, 19(2), 171–184. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44220
- Iqbal, M., Anwar, S., Maliki, M., & Sari, R. (2022). Kurikulum dan Pendidikan (Merdeka Belajar Menurut Perspektif Humanism Arthur W Combs). Jurnal Pendidikan, 10(2), 278–285. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i2.2350
- Lestaningrum, A., & Jayanti, R. D. (2019). Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 15. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8112
- Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
- Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
- Netriwinda, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Paud Holistik Integratif Dengan Model Cipp Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Inovasi Pendidikan (JIP), 2(8), 2343–2352.
- Ningrum, M. A., Hasibuan, R., Mas’udah, M., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563–574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3730
- Noviantari, I., & Agustina, D. A. (2023). Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 465. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71154
- Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2018.10.002
- Purwanto, A., Fahmi, K., & Cahyono, Y. (2022). Coaching Clinic in Writing Scientific Articles for High Impact Journals – Part 1. Journal of Community Service and Engagement, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.9999/jocosae.v3i1.156
- Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
- Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 473–485. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.134
- Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
- Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
- Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
- Sanistasya, P. A., Andriana, A. N., Zaini, M., Aulia, D., Kinanti, R., Aningrum, Y., Hariyanto, M. F., & Mulawarman, U. (2023). Coaching Clinic Skripsi Hack Bagi Mahasiswa Administrasi Bisnis Univeristas Mulawarman. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 1–6. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14069
- Sulistiyaningsih, & Sujarwo. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4456
- Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
- Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258
References
Afipah, H., & Imamah. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD. Journal of Education Research, 4(3), 1534–1542. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456
Amu, S., & Fathimah, S. (2022). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 444–451. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2647
Cantika, V. M. (2022). Prosedur Pengembangan Kurkulum (Kajian Literatur Manajemen Inovasi Kurikulum). Jurnal UPI, 19(2), 171–184. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44220
Iqbal, M., Anwar, S., Maliki, M., & Sari, R. (2022). Kurikulum dan Pendidikan (Merdeka Belajar Menurut Perspektif Humanism Arthur W Combs). Jurnal Pendidikan, 10(2), 278–285. https://doi.org/https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i2.2350
Lestaningrum, A., & Jayanti, R. D. (2019). Penggunaan Media Wayang Godong Dalam Menanamkan Karakter Menghargai Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 15. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i1.8112
Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Netriwinda, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). Evaluasi Program Pendidikan Paud Holistik Integratif Dengan Model Cipp Di Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh. Jurnal Inovasi Pendidikan (JIP), 2(8), 2343–2352.
Ningrum, M. A., Hasibuan, R., Mas’udah, M., & Fitri, R. (2023). PAUD Holistik Integratif Berdimensi Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563–574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3730
Noviantari, I., & Agustina, D. A. (2023). Development of Teaching Modules on Independent Curriculum Implementation. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 465. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71154
Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2018.10.002
Purwanto, A., Fahmi, K., & Cahyono, Y. (2022). Coaching Clinic in Writing Scientific Articles for High Impact Journals – Part 1. Journal of Community Service and Engagement, 3(1), 27–32. https://doi.org/10.9999/jocosae.v3i1.156
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Resmana, M. T., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Pancasila untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 473–485. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.134
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sanistasya, P. A., Andriana, A. N., Zaini, M., Aulia, D., Kinanti, R., Aningrum, Y., Hariyanto, M. F., & Mulawarman, U. (2023). Coaching Clinic Skripsi Hack Bagi Mahasiswa Administrasi Bisnis Univeristas Mulawarman. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(3), 1–6. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i3.14069
Sulistiyaningsih, & Sujarwo. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3205–3214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4456
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258