Isi Artikel Utama
Abstrak
Background: Berdiferensiasi bermakna berhubungan dengan perbedaan. Dalam dunia pendidikan, dimaknai sebagai pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, potensi, dan minat peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang perlu diterapkan oleh guru TK untuk menciptakan kesetaraan belajar bagi semua peserta didik. Salah satu penerapannya melalui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran berdiferensiasi. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru TK di Kabupaten Banyuasin untuk membuat LKPD dalam pembelajaran berdiferensiasi yang variatif dan interaktif. Metode: Terdiri dari penyajian materi, pendampingan, dan pengevaluasian. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka (luring) dan dilanjutkan dengan tatap maya (daring). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif deskriptif. Kegiatan ini melibatkan 20 guru TK se-Kabupaten Banyuasin. Hasil: Menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan guru TK mengenai LKPD berdiferensiasi. Rata-rata nilai pre-test sebesar 56,5 meningkat menjadi 91,25 pada post-test, dengan kenaikan sebesar 35 poin dan nilai N-Gain mencapai 80,11% yang tergolong efektif. Produk kegiatan ini berupa LKPD berdiferensiasi yang telah terdaftar di Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Kesimpulan: Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru TK di Kabupaten Banyuasin dalam membuat LKPD berdiferensiasi. Kegiatan ini memperoleh respon positif dari guru sebagai peserta pelatihan.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Anggreani, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3500–3508. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.882
- Azizah, N., & Aprison, W. (2024). Pembelajaan Berdiferensasi dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidkan Dan Pengajaran, 7(2), 5367–5373.
- Dermawati, N., Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.3143
- Flora, F., Setiyadi, B., Raja, P., & Sukirlan, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Learning Community Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 52–28. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6930
- Gusyanti, C., & Sujarwo, S. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(4), 123–130. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.320
- Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Rantina, M., Suningsih, T., Pagarwati, L. D. A., Mauidah, M., Alpionita, P. E., Yani, D. F., Ramada, P. Z., & Fitriani, I. (2023). Coaching Clinic Penyusunan Modul Ajar Berbasis P5 Bagi Guru TK Di Kabupaten Lahat. Jurnal SOLMA, 12(3), 1120–1130. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13175
- Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1250
- Muthiah, S., Al-Bahij, A., & Baryono. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dan Diskusi terhadap Pemahaman Konsep Sosial Siswa SD. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 1256–1263.
- Ngaisah, N. C., Munawarah, & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
- Qusyairi, L. A. H. (2020). Pemanfaatan Media Dalam Metode Simulasi pada Pembelajaran PAI. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 195–211. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i2.892
- Rukiyah, R., Suningsih, T., Rantina, M., Akbari, A., Khotimah, K., Rahmawati, R., & Fuspita, D. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif pada IKM Bermain Bagi Guru TK di Kabupaten Lahat. Jurnal SOLMA, 12(3), 1470–1478. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13173
- Sari, P. M., Zulfadewina, Z., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal SOLMA, 10(01s), 111–117. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6844
- Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3.
- Sumarni, S., Andika, W. D., Utami, F., Siregar, R. R., Vira, E. L., & Oktarina, R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Holistik Integratif. 13(2), 1038–1046. https://doi.org//10.22236/solma.v13i2.14141
- Suningsih, T. (2024). Dosen PG-PAUD UNSRI Beri Pelatihan Pembuatan LKPD Berdiferensiasi di Banyuasin. Sumselupdate.Com, 1–14. Diakses pada: https://sumselupdate.com/dosen-pg-paud-unsri-beri-pelatihan-pembuatan-lkpd-berdiferensiasi-di-banyuasin/
- Supriatna, I., & Lusa, H. (2023). Pendampingan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD di Kecamatan Hulu Palik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(2), 104–110.
- Utami, M., Muzakki, M., Hidayati, S., & Afifah, N. (2023). Mengembangkan Media Lembar Kerja Anak Tema Binatang di PAUD Islam Armuna Palangka Raya. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 6(2), 86–97. https://doi.org/10.37567/prymerly.v6i2.2423
- Wakhid, N., Rizky, S. N., Sunaryo, H., & Supriyanto, S. (2024). Pemberdayaan Generasi Muda: Inovasi Program Pengabdian Masyarakat dalam Membentuk Karakter Islami pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 13(1), 310–319. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14347
- Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423–432. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2996
Referensi
Anggreani, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3500–3508. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.882
Azizah, N., & Aprison, W. (2024). Pembelajaan Berdiferensasi dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidkan Dan Pengajaran, 7(2), 5367–5373.
Dermawati, N., Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 74–78. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.3143
Flora, F., Setiyadi, B., Raja, P., & Sukirlan, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Learning Community Bagi Guru-Guru Bahasa Inggris. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 52–28. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i1.6930
Gusyanti, C., & Sujarwo, S. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(4), 123–130. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.320
Hasmalena, H., Syafdaningsih, S., Rantina, M., Suningsih, T., Pagarwati, L. D. A., Mauidah, M., Alpionita, P. E., Yani, D. F., Ramada, P. Z., & Fitriani, I. (2023). Coaching Clinic Penyusunan Modul Ajar Berbasis P5 Bagi Guru TK Di Kabupaten Lahat. Jurnal SOLMA, 12(3), 1120–1130. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13175
Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i2.1250
Muthiah, S., Al-Bahij, A., & Baryono. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dan Diskusi terhadap Pemahaman Konsep Sosial Siswa SD. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 1256–1263.
Ngaisah, N. C., Munawarah, & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
Qusyairi, L. A. H. (2020). Pemanfaatan Media Dalam Metode Simulasi pada Pembelajaran PAI. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 195–211. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i2.892
Rukiyah, R., Suningsih, T., Rantina, M., Akbari, A., Khotimah, K., Rahmawati, R., & Fuspita, D. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif pada IKM Bermain Bagi Guru TK di Kabupaten Lahat. Jurnal SOLMA, 12(3), 1470–1478. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13173
Sari, P. M., Zulfadewina, Z., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal SOLMA, 10(01s), 111–117. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.6844
Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3.
Sumarni, S., Andika, W. D., Utami, F., Siregar, R. R., Vira, E. L., & Oktarina, R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Holistik Integratif. 13(2), 1038–1046. https://doi.org//10.22236/solma.v13i2.14141
Suningsih, T. (2024). Dosen PG-PAUD UNSRI Beri Pelatihan Pembuatan LKPD Berdiferensiasi di Banyuasin. Sumselupdate.Com, 1–14. Diakses pada: https://sumselupdate.com/dosen-pg-paud-unsri-beri-pelatihan-pembuatan-lkpd-berdiferensiasi-di-banyuasin/
Supriatna, I., & Lusa, H. (2023). Pendampingan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD di Kecamatan Hulu Palik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(2), 104–110.
Utami, M., Muzakki, M., Hidayati, S., & Afifah, N. (2023). Mengembangkan Media Lembar Kerja Anak Tema Binatang di PAUD Islam Armuna Palangka Raya. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 6(2), 86–97. https://doi.org/10.37567/prymerly.v6i2.2423
Wakhid, N., Rizky, S. N., Sunaryo, H., & Supriyanto, S. (2024). Pemberdayaan Generasi Muda: Inovasi Program Pengabdian Masyarakat dalam Membentuk Karakter Islami pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 13(1), 310–319. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14347
Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423–432. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2996
