Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Bahan ajar berkualitas perlu dipersiapkan guru untuk mewujudkan pendidikan berkualitas yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Sebanyak 21 guru SDN Balearjosari 1 mengalami kesulitan dalam membuat bahan ajar inovatif. Pelatihan penyusunan bahan ajar inovatif bagi guru SD perlu dilaksanakan guna mewujudkan pendidikan berkualitas melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun bahan ajar inovatif di sekolah dasar. Studi ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Metode: Substitusi IPTEK. Hasil: Bdanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan 21 orang guru SDN Balearjosari 1 dalam menghasilkan bahan ajar inovatif melalui pemanfaatan teknologi. Kesimpulan: Pelatihan ini sangat efektif dalam upaya mewujudkan pendidikan berkualitas melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun bahan ajar inovatif berbantuan teknologi AI.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Amilia, W. (2022). Peran guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah dasar kota sawahlunto. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 254.
- Darmawan, E., Rachman, F., & Sukmawati, I. (2024). Analisis Kesulitan Guru Biologi dalam Mengembangkan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Kabupaten Temanggung. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 12(1), 221-240.
- Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif FilosofisPedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548-561.
- Goriparthi, R. G. (2024). AI-Driven Predictive Analytics for Autonomous Systems: A Machine Learning Approach. Revista de Inteligencia Artificial en Medicina, 15(1), 843-879.
- Halim, C., & Prasetyo, H. (2018). Penerapan Artificial Intelligence dalam Computer Aided Instructure (CAI). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 50-57.
- Kaplan-Rakowski, R., Grotewold, K., Hartwick, P., & Papin, K. (2023). Generative AI and teachers’ perspectives on its implementation in education. Journal of Interactive Learning Research, 34(2), 313-338.
- Lampou, R. (2023). The integration of artificial intelligence in education: Opportunities and challenges. Review of Artificial Intelligence in Education, 4, e15-e15.
- Lim, E. M. (2024). Metaphor analysis on pre-service early childhood teachers’ conception of AI (Artificial Intelligence) education for young children. Thinking Skills and Creativity, 51, 101455.
- Maskur, R., Permatasari, D., & Rakhmawati, R. M. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis rhythm reading vocal pada materi konsep pecahan kelas vii smp. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 78-87.
- Novita, N., Zakariah, M., & Akbar, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Religius Untuk Meningkatkan Moral Siswa (Studi Pada Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Mawaddah Warrahmah Kolaka). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8711-8729.
- Parsons, B., & Curry, J. H. (2024). Can ChatGPT pass graduate-level instructional design assignments? Potential implications of artificial intelligence in education and a call to action. TechTrends, 68(1), 67-78.
- Prahmana, R. C. I., & Istiandaru, A. (2021). Learning sets theory using shadow puppet: A study of Javanese ethnomathematics. Mathematics, 9(2 2), 2938.
- Rahmanita, U., Asiyah, A., Marhayati, N., Alimni, A., & Khatoon, S. (2023). Improving Psychological Well-Being of Prospective Early Childhood Education Teachers: Module Development Using 4D Model. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 113-122.
- Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Widiastuti, Y. K. W., Fitri, A. K., & Pratiwi, A. I. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 490-500.
- Sapinka, W. V. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Provinsi Sumatera Utara pada Materi Keragaman Budaya untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air di Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 303-315.
- Siregar, R. Z., Raini, F. T., Hana, N., Sakinah, A., & Khairunnisa, K. (2024). Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 101873 Desa Baru Kec. Batang Kuis. Journal on Education, 6(4), 21529-21534.
- Suciptaningsih, O. A., & Sapto, A. (2024). Development of Social Studies Teaching Materials Based on Ethnopedagogy Focusing on Family and Society Traditions of Madura to Enhance Communication Skills of 3rd Grade Elementary School Students. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 9(3), 214-228.
- Sugiharni, G. A. D., & Suwastika, I. W. K. (2021). Meta-Analisis Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Peretasu Matematika. Sebatik, 25(2), 468-476.
References
Amilia, W. (2022). Peran guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di sekolah dasar kota sawahlunto. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 254.
Darmawan, E., Rachman, F., & Sukmawati, I. (2024). Analisis Kesulitan Guru Biologi dalam Mengembangkan Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Kabupaten Temanggung. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 12(1), 221-240.
Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif FilosofisPedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548-561.
Goriparthi, R. G. (2024). AI-Driven Predictive Analytics for Autonomous Systems: A Machine Learning Approach. Revista de Inteligencia Artificial en Medicina, 15(1), 843-879.
Halim, C., & Prasetyo, H. (2018). Penerapan Artificial Intelligence dalam Computer Aided Instructure (CAI). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 50-57.
Kaplan-Rakowski, R., Grotewold, K., Hartwick, P., & Papin, K. (2023). Generative AI and teachers’ perspectives on its implementation in education. Journal of Interactive Learning Research, 34(2), 313-338.
Lampou, R. (2023). The integration of artificial intelligence in education: Opportunities and challenges. Review of Artificial Intelligence in Education, 4, e15-e15.
Lim, E. M. (2024). Metaphor analysis on pre-service early childhood teachers’ conception of AI (Artificial Intelligence) education for young children. Thinking Skills and Creativity, 51, 101455.
Maskur, R., Permatasari, D., & Rakhmawati, R. M. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis rhythm reading vocal pada materi konsep pecahan kelas vii smp. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 78-87.
Novita, N., Zakariah, M., & Akbar, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Religius Untuk Meningkatkan Moral Siswa (Studi Pada Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al Mawaddah Warrahmah Kolaka). Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8711-8729.
Parsons, B., & Curry, J. H. (2024). Can ChatGPT pass graduate-level instructional design assignments? Potential implications of artificial intelligence in education and a call to action. TechTrends, 68(1), 67-78.
Prahmana, R. C. I., & Istiandaru, A. (2021). Learning sets theory using shadow puppet: A study of Javanese ethnomathematics. Mathematics, 9(2 2), 2938.
Rahmanita, U., Asiyah, A., Marhayati, N., Alimni, A., & Khatoon, S. (2023). Improving Psychological Well-Being of Prospective Early Childhood Education Teachers: Module Development Using 4D Model. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 113-122.
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Agustina, P., Widiastuti, Y. K. W., Fitri, A. K., & Pratiwi, A. I. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 490-500.
Sapinka, W. V. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Provinsi Sumatera Utara pada Materi Keragaman Budaya untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air di Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 303-315.
Siregar, R. Z., Raini, F. T., Hana, N., Sakinah, A., & Khairunnisa, K. (2024). Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif pada Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 101873 Desa Baru Kec. Batang Kuis. Journal on Education, 6(4), 21529-21534.
Suciptaningsih, O. A., & Sapto, A. (2024). Development of Social Studies Teaching Materials Based on Ethnopedagogy Focusing on Family and Society Traditions of Madura to Enhance Communication Skills of 3rd Grade Elementary School Students. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 9(3), 214-228.
Sugiharni, G. A. D., & Suwastika, I. W. K. (2021). Meta-Analisis Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Peretasu Matematika. Sebatik, 25(2), 468-476.