Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Belum meratanya Sosialisasi pada program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) terutama pembuatan modul ajar berbasis STEAM bagi Guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Lahat. Selain itu, linearitas latarbelakang pendidikan guru PAUD berada pada tingkat rendah. Di sisi lain, Kabupaten Lahat telah menjalin kerjasama dengan Universitas Sriwijaya untuk bisa meminimalisir gap yang ada. Fakta analisis kebutuhan, Lahat sangat membutuhkan guru PAUD yang berkompeten terutama dalam pembuatan modul ajar berbasis STEAM bagi anak usia. Melatih dan mendampingi Guru PAUD di Lahat dalam pembuatan modul ajar berbasis STEAM. Metode: Partisipan sejumlah 20 guru PAUD di Lahat, Sumatera Selatan. Alur kegiatan meliputi: 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; dan 3) Evaluasi. Analisis data secara kuantitatif inferensial yakni dengan rerata persentase dari nilai pre-test dan post-test dari instrumen yang indikatornya komponen modul ajar berbasis STEAM sebanyak 20 pertanyaan. Hasil: Berdasarkan nilai rerata pretest sebesar 42% dan nilai rerata posttest sebesar 77%, sehingga kenaikan sebesar 36%. Selain itu guru PAUD juga didampingi dalam membuat modul ajar berbasis STEAM dan diberikan saran oleh pelatih secara berkelompok. Adapun beberapa kelebihannya dan kelemahannya seperti: guru mampu mampu membuat modul ajar sesuai format modul ajar, kesesuaian pada tingkat pencapaian perkembangan anak, kesesuaian media, dan evaluasi. Namun untuk aktivitas berbasis STEAM yang guru rumuskan, guru memerlukan pendampingan lebih lanjut karena beberapa guru keliru dalam merancang kegiatan yang sesuai pada bidang Technology dan Enginering. Kesimpulan: Pelatihan modul ajar berbasis STEAM mendapatkan respon positif, terlaksana secara efektif, dan meningkatnya pengetahuan baru bagi Guru PAUD di Kabupaten Lahat.

Kata Kunci

Pelatihan Modul Ajar Pembelajaran STEAM Kurikulum Merdeka Teaching Module STEAM Learning Merdeka Curriculum

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Andika, W. D., Sumarni, S., Syafdaningsih, S., Utami, F., Akbari, A., Siregar, R. R., Astika, R. T., Carisa, A., & Angraini, M. N. (2024). Pelatihan Modul Ajar Berbasis STEAM . Jurnal SOLMA, 13(1), 301–309. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.13832

Referensi

  1. Adawiyah, R., Fitriani, R., & Najamuddin. (2021). Metode Steam Loose Part dengan Bahan Alam untuk Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.
  2. Aguayo, C., Videla, R., López-Cortés, F., Rossel, S., & Ibacache, C. (2023). Ethical enactivism for smart and inclusive STEAM learning design. Heliyon, 9(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e19205
  3. Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. AZZAHRA: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Aulya, S., Putri, S. U., & Adjie, N. (2023). Penerapan Steam untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 2(1), 265–271.
  5. Bui, T. L., Tran, T. T., Nguyen, T. H., Nguyen-Thi, L., Tran, V. N., Dang, U. P., Nguyen, M. T., & Hoang, A. D. (2023). Dataset of Vietnamese preschool teachers’ readiness towards implementing STEAM activities and projects. Data in Brief, 46, 108821. https://doi.org/10.1016/j.dib.2022.108821
  6. Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.
  7. Funa, A. A., Gabay, R. A. E., Deblois, E. C. B., Lerios, L. D., & Jetomo, F. G. J. (2023). Exploring Filipino preservice teachers’ online self-regulated learning skills and strategies amid the COVID-19 pandemic. Social Sciences and Humanities Open, 7(1), 100470. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100470
  8. Halimatu Sadiah, N., Hunafa Lestari, R., Melati, P., Kebon manggu Padasuka Cimahi, J., & Siliwangi, I. (2020). Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Steam. 3(3), 2714–4107.
  9. Joinel Alvarez, V., & Lussi Borer, V. (2023). Breaking in the black box of pedagogical authority. Combined analysis of video and think-aloud protocols. Teaching and Teacher Education, 134(July). https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104310
  10. Lazuardi, D. (2017). Manajemen Kurikulum sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 99–112.
  11. Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di SDN Bojong 04. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165.
  12. Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.
  13. Mauladani, Y. H. (2018). Menjadi Guru Kreatif, Inovatif, Dan Inspiratif. In News.Ge (Vol. 02, Issue 03, pp. 01–07).
  14. Nores, M., Friedman-Krauss, A., & Figueras-Daniel, A. (2022). Activity settings, content, and pedagogical strategies in preschool classrooms: Do these influence the interactions we observe? Early Childhood Research Quarterly, 58, 264–277. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.09.011
  15. Novianti, D., & Salim, M. B. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test dan Post Test Terhadap Kesiapan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Kappa Journal, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754
  16. Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
  17. Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490
  18. Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., Zahriyanti, Z., & Elfiadi, E. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415
  19. Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Anak dengan Pendekatan Steam Melalui Program Home Visit. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(2), 93–105.
  20. Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. 05(02), 1826–1840.
  21. Sumarmi, Aliman, M., & Mutia, T. (2021). The Effect Of Digital Eco-Learning In Student Worksheet Flipbook To Environmental Project Literacy And Pedagogic Competency. Journal of Technology and Science Education, 11(2), 357–370. https://doi.org/10.3926/jotse.1175
  22. Trianingsih, D. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Loose Parts di Taman Kanak-kanak Harniatun Arrazzaaq. In UIN Raden Intan Lampung.
  23. Yalçın, V., & Erden, Ş. (2021). The Effect of STEM Activities Prepared According to the Design Thinking Model on Preschool Children’s Creativity and Problem-Solving Skills. Thinking Skills and Creativity, 41(February). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100864

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama