Main Article Content
Abstract
Background: Berdasarkan hasil observasi di lapangan, ditemukan bahwa sebagian besar guru PAUD di Kabupaten Banyuasin belum memahami konsep pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Dalam kegiatan pelatihan yang dilakukan, sebanyak 20 guru PAUD berpartisipasi, dengan hasil pre-test yang menunjukkan tingkat pemahaman awal sebesar 52,25%. Setelah mendapatkan pelatihan dan pendampingan, nilai post-test meningkat menjadi 85,75%, menunjukkan adanya peningkatan pemahaman sebesar 33,5%. Data ini memperlihatkan bahwa sebelum pelatihan, mayoritas guru masih memerlukan pendampingan lebih lanjut dalam memahami dan mengimplementasikan metode pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Metode: Partisipan sebanyak 20 orang yang ditujukan kepada para guru PAUD yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin. Jalannya kegiatan meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) peninjauan. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kompetensi Guru TK di Banyuasin dalam menerapkan metode pembelajaran berdiferensiasi, yang dibuktikan dengan kenaikan nilai pre-test sebesar 52,25% menjadi 85,75% pada post-test. Pelatihan dan pendampingan telah dilaksanakan secara sistematis, sehingga guru mampu menggunakan metode pembelajaran berdiferensiasi secara efektif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka Belajar. Selain itu, guru juga berhasil menyusun modul ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi, dengan memperhatikan format yang sesuai, tingkat perkembangan anak, serta pemilihan media dan evaluasi yang tepat. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman guru PAUD Banyuasin terhadap Metode Pembelajaran Berdiferensiasi, dengan kenaikan nilai pre-test 52,25% ke post-test 85,75%. Pelatihan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar, memilih media, serta menyesuaikan dengan perkembangan anak. Guru juga menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran. Kegiatan ini mendapat respon positif dan meningkatkan kompetensi guru TK.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Astiti, K. A., Lantik, V., & Sukarjita, I. W. (2023). Pelatihan penyusunan RPP Pembelajaran berdiferensiasi untuk mewujudkan merdeka belajar di SMA N 2 Kupang Timur. Jurnal Pengabdian …, 4(2), 1367–1373. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1070%0A
- Husain, D. L., Agustina, S., Rohmana, R., & Alimin, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Kab. Kolaka Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1375
- Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645
- Iqbal, M. (2024). SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Muhammad Iqbal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).
- Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix Salinan JDIH_Kepmen Perubahan 56 Pemulihan Pembelajaran.pdf
- Kresensiana Nou, Valensia Ota Beru, Maria Dela Yona, E. T. N. (2023). Jurnal Citra Magang dan Persekolahan. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan (JCMP), 1(3), 27–33.
- Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Semdikjar 5, 5, 179–184.
- Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4961. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17478
- Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-test Dan Post-test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
- Nurzaki Alhafiz. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133–1142. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1203
- Pendidikan, J. (2024). Cendikia Cendikia. 2(3), 454–474.
- Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Jenderal, D., Anak, P., Dini, U., Dasar, P., Menengah, D. A. N. P., Dini, A. U., Dasar, P., Pendidikan, D. A. N., & Nomor, M. (2021). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
- Razak, A., Muttaqien, M. R., & Toni. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Penyusunan Modul Ajar Di SMPN 6 Balikpapan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(1), 81–92. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3647
- Rochah, C., & Karmila, M. (2023). Literature Review: Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Satuan PAUD. Seminar Nasional" Transisi PAUD …. https://conference2.upgris.ac.id/index.php/snpaud/article/view/31%0Ahttps://conference2.upgris.ac.id/index.php/snpaud/article/download/31/25
- Rohartati, S., Gumilar, A. C., & Lisnawati, C. (2024). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru Di Sdn. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 611–618.
- Sari, H. P., Kunang, Y. N., Agustini, E. P., Zuhriyadi, I., Irwansyah, I., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Website Desa Gelebak Dalam untuk Pengenalan Potensi Desa. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.47747/jnpm.v3i2.1016
- Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3.
- Yahya, F., Irham, M., Suryani, E., Nurul Walidain, S., Samawa, U., Besar, S., & Paracendikia Sumbawa, S. N. (2023). Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 383–387. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/404
- Zahwa, N., & Nabilah, K. F. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12696
References
Astiti, K. A., Lantik, V., & Sukarjita, I. W. (2023). Pelatihan penyusunan RPP Pembelajaran berdiferensiasi untuk mewujudkan merdeka belajar di SMA N 2 Kupang Timur. Jurnal Pengabdian …, 4(2), 1367–1373. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1070%0A
Husain, D. L., Agustina, S., Rohmana, R., & Alimin, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebagai Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Kab. Kolaka Utara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 13–19. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1375
Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645
Iqbal, M. (2024). SEKOLAH PENGGERAK JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Muhammad Iqbal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3).
Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220711_121315_Fix Salinan JDIH_Kepmen Perubahan 56 Pemulihan Pembelajaran.pdf
Kresensiana Nou, Valensia Ota Beru, Maria Dela Yona, E. T. N. (2023). Jurnal Citra Magang dan Persekolahan. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan (JCMP), 1(3), 27–33.
Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Semdikjar 5, 5, 179–184.
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(5), 4961. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i5.17478
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-test Dan Post-test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Nurzaki Alhafiz. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133–1142. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i5.1203
Pendidikan, J. (2024). Cendikia Cendikia. 2(3), 454–474.
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Jenderal, D., Anak, P., Dini, U., Dasar, P., Menengah, D. A. N. P., Dini, A. U., Dasar, P., Pendidikan, D. A. N., & Nomor, M. (2021). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
Razak, A., Muttaqien, M. R., & Toni. (2024). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Penyusunan Modul Ajar Di SMPN 6 Balikpapan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru, 1(1), 81–92. https://doi.org/10.30872/jpmpg.v1i1.3647
Rochah, C., & Karmila, M. (2023). Literature Review: Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Satuan PAUD. Seminar Nasional" Transisi PAUD …. https://conference2.upgris.ac.id/index.php/snpaud/article/view/31%0Ahttps://conference2.upgris.ac.id/index.php/snpaud/article/download/31/25
Rohartati, S., Gumilar, A. C., & Lisnawati, C. (2024). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru Di Sdn. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 611–618.
Sari, H. P., Kunang, Y. N., Agustini, E. P., Zuhriyadi, I., Irwansyah, I., & Kurniawan, K. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Website Desa Gelebak Dalam untuk Pengenalan Potensi Desa. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 3(2), 82–90. https://doi.org/10.47747/jnpm.v3i2.1016
Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3.
Yahya, F., Irham, M., Suryani, E., Nurul Walidain, S., Samawa, U., Besar, S., & Paracendikia Sumbawa, S. N. (2023). Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 383–387. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/404
Zahwa, N., & Nabilah, K. F. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/12696