Main Article Content
Abstract
Background: Publikasi artikel ilmiah merupakan salah satu kontribusi aktif para praktisi pembelajaran atau guru dalam menyebarluaskan wawasan praktis untuk khalayak. Namun, fakta di lapangan menunjukkan sebanyak 44 guru SMPN 1 Malang mengalami kesulitan dalam menyusun artikel ilmiah. Metode: Pelatihan penyusunan artikel ilmiah pada jurnal Sinta perlu dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penyusunan artikel ilmiah pada jurnal Sinta bagi guru SMPN 1 Malang. Pelaksanaan pengabdian di SMPN 1 Malang terhadap 44 orang guru dengan menggunakan metode pelaksanaan Pendidikan Masyarakat guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran pentingnya menulis artikel ilmiah bagi praktisi pendidikan. Hasil: Kegiatan pelatihan menunjukkan adanya respon positif yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada 44 orang guru SMPN 1 Malang dalam menghasilkan artikel ilmiah. Kesimpulan: Disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan penyusunan artikel ilmiah pada jurnal Sinta sangat efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dalam pembelajaran.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17.
- Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.
- Hasan, H., & Rahmani, D. R. (2021). Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru: The Importance of Scientific Publication for Teachers. Publishing Letters, 1(1), 16-19.
- Hidayah, R. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru kimia SMA di MGMP kimia SMA kabupaten Kediri. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 107-110.
- Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.
- Istiqfaroh, N., Hendratno, H., Rukmi, A. S., Damayanti, M. I., Kristanti, A. L. F., & Syaharani, N. F. (2023). Budaya Literasi: Pelatihan Menulis Artikel dan Publikasi Ilmiah bagi Guru di Sekolah Dasar. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 12-23.
- Jayanta, I. N. L., Rati, N. W., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru-guru sd. Widya Laksana, 6(1), 1–7.
- Mustika, D., & Ain, S. Q. (2021). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi guru sekolahdasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42–47.
- Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23.
- Nurhadi, T., Kulup, L. I., Supriyanto, H., & Ardhianti, M. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMPN N 1 Gresik. Jurnal Penamas Adi Buana, 4(2), 124-128.
- Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212.
- Ruru, Y., Hutabarat, I. M., & Turua, U. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan Aplikasi SPSS Bagi Guru-Guru SMP untuk Menunjang Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Papua, 3(3), 96–99.
- Setianingsih, T., Qomariyah, S. S. A., Ariani, S., & Suhaili, M. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis bagi Guru SMA Hang Tuah 3 Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 18-21.
- Srinarwati, D. R., Arsana, I. W., Lestari, B. B., & Arsana, I. M. (2021). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah: PPM Bagi Guru PKn di Kabupaten Probolinggo. Kanigara, 1(1), 91-96.
- Wekke, I. S. (2022). Metode Pengabdian Masyarakat: Dari Rancangan ke Publikasi. Indramayu: Penerbit Adab.
- Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari, S. (2021). Analisis Kesulitan Guru SD di Lombok Utara dalam Penyusunan Karya Ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3).
- Yanti, G., Zainuri, Z., & Megasari, S. W. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi E-Jurnal bagi Researcher Club. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461-469.
References
Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Acarya Pustaka, 5(2), 17.
Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.
Hasan, H., & Rahmani, D. R. (2021). Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru: The Importance of Scientific Publication for Teachers. Publishing Letters, 1(1), 16-19.
Hidayah, R. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru kimia SMA di MGMP kimia SMA kabupaten Kediri. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 107-110.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan penyusunan artikel publikasi ilmiah bagi mahasiswa perguruan tinggi STKIP muhammadiyah enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.
Istiqfaroh, N., Hendratno, H., Rukmi, A. S., Damayanti, M. I., Kristanti, A. L. F., & Syaharani, N. F. (2023). Budaya Literasi: Pelatihan Menulis Artikel dan Publikasi Ilmiah bagi Guru di Sekolah Dasar. Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 12-23.
Jayanta, I. N. L., Rati, N. W., Diputra, K. S., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru-guru sd. Widya Laksana, 6(1), 1–7.
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2021). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi guru sekolahdasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42–47.
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23.
Nurhadi, T., Kulup, L. I., Supriyanto, H., & Ardhianti, M. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas Guru SMPN N 1 Gresik. Jurnal Penamas Adi Buana, 4(2), 124-128.
Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 207-212.
Ruru, Y., Hutabarat, I. M., & Turua, U. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan Aplikasi SPSS Bagi Guru-Guru SMP untuk Menunjang Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Papua, 3(3), 96–99.
Setianingsih, T., Qomariyah, S. S. A., Ariani, S., & Suhaili, M. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis bagi Guru SMA Hang Tuah 3 Mataram. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 18-21.
Srinarwati, D. R., Arsana, I. W., Lestari, B. B., & Arsana, I. M. (2021). Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah: PPM Bagi Guru PKn di Kabupaten Probolinggo. Kanigara, 1(1), 91-96.
Wekke, I. S. (2022). Metode Pengabdian Masyarakat: Dari Rancangan ke Publikasi. Indramayu: Penerbit Adab.
Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari, S. (2021). Analisis Kesulitan Guru SD di Lombok Utara dalam Penyusunan Karya Ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3).
Yanti, G., Zainuri, Z., & Megasari, S. W. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi E-Jurnal bagi Researcher Club. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461-469.