Main Article Content

Abstract

Background: Publikasi artikel ilmiah merupakan salah satu kontribusi aktif para praktisi pembelajaran atau guru dalam menyebarluaskan wawasan praktis untuk khalayak. Namun, fakta di lapangan menunjukkan sebanyak 44 guru SMPN 1 Malang mengalami kesulitan dalam menyusun artikel ilmiah. Metode: Pelatihan penyusunan artikel ilmiah pada jurnal Sinta perlu dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penyusunan artikel ilmiah pada jurnal Sinta bagi guru SMPN 1 Malang. Pelaksanaan pengabdian di SMPN 1 Malang terhadap 44 orang guru dengan menggunakan metode pelaksanaan Pendidikan Masyarakat guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran pentingnya menulis artikel ilmiah bagi praktisi pendidikan. Hasil: Kegiatan pelatihan menunjukkan adanya respon positif yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada 44 orang guru SMPN 1 Malang dalam menghasilkan artikel ilmiah. Kesimpulan: Disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan penyusunan artikel ilmiah pada jurnal Sinta sangat efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dalam pembelajaran.

Keywords

Artikel Ilmiah Sinta Guru SMP Artikel Ilmiah Sinta Guru SMP

Article Details

How to Cite
Suciptaningsih, O. A., Divina P, A., Khotimah, K., Mardhatillah, M., & Fadhli, M. (2025). Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah pada Jurnal Sinta bagi Guru SMPN 1 Malang. Jurnal SOLMA, 14(1), 328–335. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18266

References

Read More

Most read articles by the same author(s)