REFEREN merupakan jurnal ilmiah dibuat dengan impian untuk menjadi rujukan bagi para peneliti terutama di bidang Pembelajaran Bahasa, Pengkajian Bahasa, dan Pengkajian Sastra. Edisi kali ini diiisi oleh peneliti yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka,  Universitas Muhammadiyah AR. Fachrudin, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, STIKES Muhammadiyah Tegal, dan Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah.

ISSN 2830-652X

DOI: https://doi.org/10.22236/referen.v2i2

Published: November 30, 2023

Kritik Pengarang terhadap Penyimpangan Tradisi Tengka dalam Cerpen

121-131 Ahmad Sulton Ghozali
138

Analisis Kalimat Majemuk pada Akun Instagram Pribadi

132-142 Silvia Dewi Rahmawati, Ramdhan
105

Pemerolehan Bahasa Kasar Pada Anak Sekolah Dasar

143-148 Asri Nurlaely, Faisal Kemal, Cici Prihartini
133

Problematika Kurikulum Merdeka Bagi Para Guru di Tingkat Sekolah Dasar

149-160 Jasmine Malaika Ramadhani, Hindun
155

Pengaruh Pola Asuh Terhadap Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Tiga Tahun

161-174 Sintya Nur Alifah, Sifana Umardi
66

Analisis Pemahaman Peserta Didik Tingkat SMK/MAN Terhadap Keterampilan Menulis Slogan

175—183 Aisyah Kimberly Maroe, Nur Kholifah Palaloi, Rachmayanti, Mahmudah Fitriyah
61

Penggunaan Aplikasi Nearpod pada Pembelejaran Teks Resensi

184-201 Fathma Hamiidah, Elvi Susanti
53

Kritik Sastra Psikologis Pada Novel Penghujung Langit Karya Shofa Faridah Istiqomah

202-211 Fitrya Eviyani, Alfia Shany, Rr. Dwi Astuti, Melvin Arfiandita
76

Kesantunan Berbahasa Novel Rindu Karya Tere Liye serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA

212—230 Sri Mulyani
56

Implementasi Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah

231-237 Hendra Apriyadi
101