Journal Description

REFEREN bercita-cita ingin menjadi jurnal yang dapat dijadikan sebagai rujukan bagi pembaca dengan latar belakang peneliti, para akademisi, professional, paraktisi, dan pelajar. REFEREN terbit dua kali (Mei-November) dalam setahun. REFEREN telah ber-ISSN 2830-652X

ISSN Information
Online ISSN : 2830-652X

Indeksasi:

 Crossref-395x149Google-Scholar-small

Vol. 3 No. 1 (2024)

REFEREN merupakan jurnal ilmiah dibuat dengan impian untuk menjadi rujukan bagi para peneliti terutama di bidang Pembelajaran Bahasa, Pengkajian Bahasa, dan Pengkajian Sastra. Edisi kali ini diiisi oleh peneliti yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka,  Universitas Muhammadiyah AR. Fachrudin, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Pamulang, STIKES Muhammadiyah Tegal, dan Universitas Negeri Islam Syarif Hidayatullah.

ISSN 2830-652X

Published: May 31, 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Babanesia Berbasis Articulate Storyline dan Wordwall terhadap Keterampilan Menulis Teks Persuasi

1-20 Muhammad Haerul Rizki, Ahmad Fadly
59

Kajian Semiologi Roland Barthes pada Dasar Penamaan Podcast di Indonesia Tahun 2019-2022

21-40 Misbah Priagung Nursalim, Reyfanny Jullianty
74

Nilai Karakter dalam Novel Tanah Surga Merah Karya Arafat Nur

41-52 Aris Siswanto, Achmad Abimubarok
102

Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Berbasis Ekologi Sastra pada Siswa Kelas XI SMA

53-62 Irpa Anggriani Wiharja , Hamdah Siti Hamsanah Fitriani, Maulana Yusuf
67

Ragam Bahasa dalam Serial Kartun Adit Sopo Jarwo (Kajian Sosiolinguistik)

63-73 Uliana Hidayatika, Difa Aprilia
85

Analisis Emosi dan Konflik Batin Tokoh Marlena dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata

74-83 Cici Prihartini, Ahmad Sulton Ghozali
114

Representasi Nilai Dakwah Puisi Sufi A. Mustofa Bisri Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pendekatan Semiotik

84-92 Aryani, Hendra Apriyadi
51

Analisis Relasi Kohesi Teks Naratif Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas V Kurikulum Merdeka

93-106 Azis Prastyo, Nugroho Widhi Pratomo
83

Pengaruh Model Pembelajaran CPS terhadap Menulis Karya Ilmiah Berbantuan Media Multimedia Interaktif

107-119 Desya Nanda Putri , Ratna Dewi Kartikasari
36
View All Issues