Main Article Content
Abstract
Pendidikan di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu perubahan utama adalah pengenalan kurikulum merdeka. Latar belakang dilakukan penelitian ini untuk menyelidiki problematika yang dihadapi oleh para guru sekolah dasar dalam menerapkan kurikulum baru yakni, kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan inisiatif pemerintah untuk memberikan kebebasan kepada pihak sekolah dalam merancang dan melaksanakan kurikulum sesuai dengan kebutuhan lokal. Namun, penerapan kurikulum merdeka di tingkat guru sekolah dasar menimbulkan sejumlah tantangan dan permasalahan. Dengan memahami hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh para guru, diharapkan dapat mencari solusi dan rekomendasi kebijakan yang dapat meningkatkan efektivitas kurikulum merdeka di tingkat sekolah dasar Penelitian ini berfokus pada identifikasi hambatan-hambatan tersebut, termasuk kurangnya sumber daya, pemahaman yang belum memadai, dan dampaknya terhadap proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan studi pustaka. Data pada penelitian ini di dapat dari literatur yang diterbitkan sebelumnya terkait berbagai macam topik, baik dari karya ilmiah berupa jurnal dan media cetak berupa buku. Setelah dilakukan penelitian, terdapat problematika yang dihadapi oleh para guru di tingkat sekolah dasar, salah satunya adalah kurangnya tingkat pemahaman guru terhadap penyusunan RPP merdeka belajar dan juga kurangnya inovasi dalam mengajar di kelas.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.