Main Article Content

Abstract

Kemampuan menulis karya ilmiah memiliki peran krusial dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi upaya meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah menggunakan Quantum Teaching sebagai pendekatan inovatif dalam pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia di program studi S1 Farmasi STIKes Muhammadiyah Tegal. Penelitian yang fokus pada  Quantum  Teaching. Quantum Teaching merupakan pendekatan pembelajaran yang mendorong pengembangan potensi individu, integrasi teknologi, serta pemahaman mendalam tentang materi pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu berupa (pre-tes dan pos-tes) dan observasi dan wawancara. Data-data tersebut dianalisis secara  kualitatif. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat efek positif dan implementasi metode quantum taching  dalam kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa.

Keywords

Quantum Teaching Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas

Article Details