Perbedaan Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Tingkat Akreditas Sekolah

Luthpi Safahi, Budhi Akbar, Anah Selvianah, Yuni Astuti, Devi Anugrah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains (KPS) Biologi siswa sekolah menengah atas akreditasi A dengan siswa sekolah menengah atas akreditasi B. Metode yang digunakan adalah deskriptif kausal kompratif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta di Jakarta Barat Wilayah 1 Kecamatan Cengkareng tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah ±1.680 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih empat sekolah SMA Swasta dua Sekolah Akreditasi A (40 orang)  dan dua Sekolah Akreditasi B (40 orang). Penelitian dilakukan pada bulan Januari – Juni 2016. Instrumen penelitian  menggunakan tes objektif KPS yang terdiri dari 34 soal. Data penelitian dianalisis menggunakan Uji-t. Hasilnya menunjukkan thit (4,60) > ttabel (0,975) (1,99), Hipotesis ditolak, sehingga ada perbedaan keterampilan proses sains Biologi siswa sekolah menengah atas akreditasi A dengan siswa sekolah menengah atas akreditasi B.

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor: 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendiknas. (2011). Kajian Analisis Sistem Akreditasi Sekolah/Madrasah Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Internal. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Muti, A. (2014). Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
Sugiyono. (2011). Statiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumintono, B. (2010). Pengajaran Sains Dengan Praktikum Laboratorium Perspektif dari Guru-Guru Sains SMPN Di Kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2).

Authors

Luthpi Safahi
luthpisafahi@gmail.com (Primary Contact)
Budhi Akbar
Anah Selvianah
Yuni Astuti
Devi Anugrah
Safahi, L., Akbar, B., Selvianah, A., Astuti, Y., & Anugrah, D. (2019). Perbedaan Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Tingkat Akreditas Sekolah. BIOEDUSCIENCE, 3(2), 106–111. https://doi.org/10.29405/j.bes/32106-1113651

Article Details