Perbedaan Keterampilan Proses Sains Biologi Siswa Sekolah Menengah Atas Berdasarkan Tingkat Akreditas Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains (KPS) Biologi siswa sekolah menengah atas akreditasi A dengan siswa sekolah menengah atas akreditasi B. Metode yang digunakan adalah deskriptif kausal kompratif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta di Jakarta Barat Wilayah 1 Kecamatan Cengkareng tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah ±1.680 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih empat sekolah SMA Swasta dua Sekolah Akreditasi A (40 orang) dan dua Sekolah Akreditasi B (40 orang). Penelitian dilakukan pada bulan Januari – Juni 2016. Instrumen penelitian menggunakan tes objektif KPS yang terdiri dari 34 soal. Data penelitian dianalisis menggunakan Uji-t. Hasilnya menunjukkan thit (4,60) > ttabel (0,975) (1,99), Hipotesis ditolak, sehingga ada perbedaan keterampilan proses sains Biologi siswa sekolah menengah atas akreditasi A dengan siswa sekolah menengah atas akreditasi B.
Full text article
References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor: 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemendiknas. (2011). Kajian Analisis Sistem Akreditasi Sekolah/Madrasah Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Internal. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Muti, A. (2014). Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
Sugiyono. (2011). Statiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumintono, B. (2010). Pengajaran Sains Dengan Praktikum Laboratorium Perspektif dari Guru-Guru Sains SMPN Di Kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2).
Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.