Pengembangan Aplikasi Mobile Vote Berbasis Android untuk Umum
Indonesian
Kata Kunci:
M-Voting, pemilihan, kandidat, mobileAbstrak
Proses pemilihan pimpinan lembaga yang dilakukan melalui pemungutan suara masih banyak menggunakan cara manual, dan mengharuskan datang ke lokasi pemilihan serta belum memanfaatkan teknologi digital. Cara tersebut membutuhkan waktu pemungutan, dan menunggu hasil perhitungan suara yang lama. Beberapa aplikasi sebelumnya pengguna tidak bisa membuat voting dan admin harus memasukkan data pengguna baru. Oleh karena itu diperlukan pengembangan agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Metode pendekatan sistem menggunakan waterfall dan UML (Unified Modeling Language) sebagai desain perancangannya. Pengembangan aplikasi m-voting ini dapat digunakan dalam berbagai kategori pemilihan, pengguna dapat mengatur kandidat yang diinginkan sehingga menghasilkan hasil voting yang diinginkan. Aplikasi ini dapat diakses melalui mobile sehingga memudahkan pengguna melakukan voting berdasarkan waktu dan keberadaan tempa. Hasil survey tingkat kepuasan yang dicapai pengguna sebesar 89,75% merasa aplikasi dapat berjalan dengan baik daripada sistem sebelumnya.
Unduhan
Referensi
Pressman, Roger S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi (diakses pada tanggal 14 Mei 2018) dari http://www.pengetahuandanteknologi.com
Fowler, Martin, UML Distilled Edisi 3. Yogyakarta: Andi, 2005
Gary B, S., Thomas J, C., & Misty E, V. (2007). Discovering Computers : Fundamentals, 3thed. (Terjemahan), Jakarta: Salemba Infotek (diakses pada tanggal 9 Februari 2018) dari http://www.sribd.com
Vikram Vaswani : MySQL Database Usage & Administration, McGraw-Hill 201