Penggunaan RADMIN VPN untuk Mengakses dan Bekerja dari Komputer Jarak Jauh Secara Aman

Authors

  • Witari Aryunani Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Depok
  • Nani Mintarsih Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Depok
  • Yeni Setiani Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya 100 Depok
  • Atiqah Meutia Hilda Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jl. Tanah Merdeka, Jakarta Timur, Indonesia.

Keywords:

Radmin VPN, Network, Database

Abstract

Masa pandemi virus covid-19 yang telah melampaui satu tahun lebih dan tidak ada tanda-tanda akan adanya penurunan yang signifikan, menyebabkan semua dunia usaha harus merubah cara dan aturan mereka. Pekerjaan yang biasanya setiap hari dan bisa melakukan interaksi secara langsung, sekarang harus melakukan pekerjaan dari rumah. Perusahaan-perusahaan besar rata-rata sudah menerapkan sistem usaha secara terintegrasi dengan lokasi yang berjauhan antara departemen dengan sistem online dan perangkat komputer yang mahal. Sistem operasional yang masih konvesional menggunakan sistem offline mengakibatkan efisiensi kerja menurun, waktu terbuang percuma dan ongkos kerja menjadi tinggi. Untuk itu diperlukan metode akses ke dalam sistem secara online yang terintegrasi, tidak tergantung tempat apakah harus datang ke lokasi, tetapi bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Metode yang akan dibahas pada penelitian ini adalah penggunaan Radmin VPN (Virtual Private Network) sebagai alat bantu untuk mengakses database yang terletak di server dimana dan kapan saja dengan menggunakan jaringan internet yang ada. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatkan omzet penjualan dan mempercepat waktu input data penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Enterprise, Teknik Mengendalikan PC Dari Jarak Jauh. Elex Media Komputindo, 2013.

K. K. V. V. Singh and H. Gupta, “A New Approach for the Security of VPN,” in ICTCS: Information and Communication Technology for Competitive Strategies, 2016.

S. Muh. Ibnu Habil Hanafi1, Suwanto Raharjo2, “Implementasi Konsep Multi-Nas Dengan Mengintegrasikan VPN Server Dan Freeradius Server Dalam Membangun Sistem Otentikasi Jaringan WIFI,” JARKOM, vol. Vol. 2 No., 2015.

Z. Zhou and T. Huang, “Open VPN Application in COVID-19 Pandemic,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1865/4/042015.

H. A. Musril, “InfoTekJar : Jurnal Nasional Desain Virtual Private Network ( VPN ) Berbasis Open Shortest Path First ( OSPF ),” vol. 2, 2019.

M. Sutikno and I. P. Hariyadi, “Analisis Penggunaan Bandwidth pada Koneksi V PN untuk Transfer Data Transaksi Penjualan ( Studi Kasus : PT Heron ),” 2016, doi: 10.1145/2905055.2905219.

L. Umaroh and M. Rifauddin, “Implementasi Private Network( VPN ),” vol. 9008, no. 21, pp. 193–201, 2020.

Published

2022-01-01

How to Cite

Aryunani, W., Mintarsih, N., Setiani, Y., & Hilda, A. M. (2022). Penggunaan RADMIN VPN untuk Mengakses dan Bekerja dari Komputer Jarak Jauh Secara Aman. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 6, 140–147. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/10253

Most read articles by the same author(s)