Perancangan Media Pembelajaran Virtualisasi Masjidil Harram Dengan Virtual Reality

Authors

  • Nurhadi Zakiyan Zakiyan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Estu Sinduningrum Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • H Irfan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Abstract

Ibadah haji adalah ibadah ke 5 urutannya dalam rukun islam dan paling lama persiapannya baik  materi, fisik dan iman. Oleh karena itu para calon jamaah haji dibekali dengan pelatihan mengenai tata cara beribadah serta pengenalan rute bagi yang memasuki masjidil haram. Masjidil Haram adalah tempat suci bagi umat Islam, namun belum banyak umat islam yang mengetahui seperti apa bentuknya. Dalam pelatihan haji (manasik haji) calon jamaah haji dilatih di dalam area simulasi dengan dekorasi menyerupai miniatur masjidil haram. Oleh karena itu dengan aplikasi inilah calon jamaah haji diberikan informasi tentang bentuk dan lokasi masjidil haram dengan virtualisasi masjidil harram. Virtualisasi masjidil haram dibuat dengan teknik GYROSCOPE dan menggunakan teknologi VIRTUAL REALITY (VR). Aplikasi ini akan membantu memberikan gambaran objek masjidil haram secara dua dimensi (2D) dan tiga dimensi (3D). Aplikasi ini nantinya dapat menjadi media pembelajaran untuk mengetahui letak, bentuk dan ukuran masjidil haram khususnya agar dapat membantu para calon jamaah haji dan umat muslim mengetahui informasi lokasi dan bentuk bagi yang belum pernah mengunjungi masjidil harram.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurhadi Zakiyan Zakiyan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Estu Sinduningrum, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

H Irfan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Published

2017-11-18

How to Cite

Zakiyan, N. Z., Sinduningrum, E., & Irfan, H. (2017). Perancangan Media Pembelajaran Virtualisasi Masjidil Harram Dengan Virtual Reality. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, 2, I67 - I74. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/754

Most read articles by the same author(s)