Pembuatan Mapping FloorMenggunakan Engine Game Unity dan Barcode

  • Imaduddin Abdurrahim Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Estu Sinduningrum Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Atiqah Meutia Hilda Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Abstract

Peta ruangan dan penanda jalan sangat penting untuk memberitahu lokasi dan tempat yang  ingin dituju. Penanda jalan sudah hamper tersebar dimana mana.  Namun permasalahannya ialah tidak semua tempat memiliki peta ruangan, khususnya di Fakultas Teknik UHAMKA, di tiap lantai tidak terdapat peta ruangan yang menunjukan letak ruangan. Dengan adanya mapping  floor berbasis barcode, mahasiswa ataupun bukan mahasiswa hanya tinggal menscan barcode untuk mencari ruangan dan info ruangan. Barcode mapping ini dibuat dengan mekanisme sederhana untuk memudahkan pengguna mengakses dan mengunduh map offline dengan format PNG yang sudah dibuat dengan tanda lokasi pada saat melakukan scan. Lalu aplikasi mapping  floor dapat memberikan simulasi pemetaan ruangan secara per lantai sehingga pengguna dapat melihat view dengan 360 derajat. Aplikasi tersebut di buat dengan menggunakan engine unity. Pengimplementasian aplikasi dan barcode dilakukan di Gedung Fakultas Teknik UHAMKA. Data yang ditampilkan di dalam barcode berupa nama ruangan, kapasitas ruangan dan keterangan detail ruangan.

Author Biographies

Imaduddin Abdurrahim, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik
Estu Sinduningrum, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik
Atiqah Meutia Hilda, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik

References

D. Fritsch and M. Kada, “Visualisation using game engines,” Arch. ISPRS, vol. 35, p. B5, 2004.

“Unity - Game engine, tools and multiplatform.” [Online]. Available: http://unity3d.com/unity. [Accessed: 8-Feb 2018].

Siltanen, Sanni. “Theory and application of marker-based augmented reality”. VTT Science3.Espoo:Finland. 2012
Published
2019-01-10
How to Cite
ABDURRAHIM, Imaduddin; SINDUNINGRUM, Estu; HILDA, Atiqah Meutia. Pembuatan Mapping FloorMenggunakan Engine Game Unity dan Barcode. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 3, p. I17-I21, jan. 2019. ISSN 2580-6408. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2895>. Date accessed: 25 june 2019. doi: https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2895.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.