Penjadwalan Hafalan Alquran dengan Algoritma Genetika

Indonesian

  • Abdul Aziz Alfaraby Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
  • Atiqah Meutia Hilda Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
  • Mia Kamayani Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA

Abstract

Jadwal merupakan tahapan yang paling menentukan keberhasilan suatu hafalan Alquran.  Hal ini dikarenakan jadwal adalah tahap ketergantungan antar aktivitas yang membangun secara keseluruhan. Pemecahan masalah jadwal yang baik dari suatu hafalan Alquran merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam pelaksanaannya, dan menerapkan algoritma genetika untuk memecahkan masalah dalam jadwal  hafalan Alquran serta dapat menjadi solusi dalam menangani masalah dalam mengatur jadwal secara otomatis. Algoritma genetika merepresentasikan kandidat solusi optimasi jadwal ke dalam kromosom-kromosom secara acak, lalu dievaluasi menggunakan fungsi fitness dan seterusnya dilakukan seleksi. Metode seleksi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode seleksi roda roulette, kemudian dilakukan pindah silang dan mutasi. Pada setiap generasi, kromosom dievaluasi berdasarkan nilai fungsi fitness. Setelah beberapa generasi maka algoritma genetika akan menghasilkan kromosom terbaik, yang merupakan solusi optimal. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian blackbox. Hasil dari sistem jadwal hafalan Alquran menggunakan algoritma genetika adalah jadwal kegiatan-kegiatan dalam sebuah hafalan dalam waktu satu minggu, dan berdasarkan hasil pengujian performansi yang dilakukan sebanyak 6 kali dapat disimpulkan bahwa algoritma genetika membutuhkan waktu yang lama jika nilai iterasinya besar, karena dalam algoritma ini terdapat proses penggenerasian.

Author Biographies

Abdul Aziz Alfaraby, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik
Atiqah Meutia Hilda, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik
Mia Kamayani, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik

References

Slamat, Fauzi.“ Klasifikasi Data Karyawan Untuk Menentukan Jadwal Kerja Menggunakan Metode Decision Tree”.Skripsi, ITATS, 2012.

Handoyo, Eko. “Pembangunan aplikasi penyusunan jadwal kuliah menggunakan algoritma semut”.Skripsi, Universitas Diponogoro, Semarang, 2015.

Maharani, febria. ”Sistem jadwal proyek menggunakan algoritma Genetika”. Skripsi, jurusan teknik informatika fakultas sains dan teknologi Universitas islam negeri sultan syarif kasim pekanbaru,2013.

Sam’ani. “Rancang Bangun Sistem Jadwal Perkuliahan dan Ujian Akhir Semester dengan Pendekatan Algoritma Genetika”. Tesis Pascasarjana, Universitas Diponegoro, Semarang, 2012.

Suyanto. Algoritma Genetika dalam Matlab. Andi, Yogyakarta,2012.

Putra, Yendrika. “Aplikasi Jadwal Perkuliahan Menggunakan Algoritma Genetika”. Skripsi Sarjana, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri SUSKA, Riau, 2012.

Hartono, Jogiyanto. Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Andi Offset, Yogyakarta, 2005.

Fadlisyah, Arnawan, Faisal. Algoritma Genetika.Graha Ilmu, Yogyakarta, 2009.
Published
2019-01-10
How to Cite
ALFARABY, Abdul Aziz; HILDA, Atiqah Meutia; KAMAYANI, Mia. Penjadwalan Hafalan Alquran dengan Algoritma Genetika. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 3, p. I35-I41, jan. 2019. ISSN 2580-6408. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2898>. Date accessed: 25 june 2019. doi: https://doi.org/10.22236/teknoka.v3i0.2898.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.