Main Article Content

Abstract

Latar Belakang: Remaja merupakan kelompok usia yang berada dalam fase penting pertumbuhan dan perkembangan, sehingga membutuhkan asupan gizi yang optimal. Namun, masih banyak remaja yang kurang memahami pentingnya gizi seimbang, termasuk siswa di SMP Negeri 19 Palembang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan gizi seimbang siswa melalui pendekatan edukatif yang interaktif dan sesuai karakteristik remaja. Metode: Kegiatan ini dilaksanakan di SMP N 19 Palembang berupa penyuluhan dengan media presentasi dan permainan edukatif “Ranking 1”. Materi mencakup pengertian gizi seimbang, zat gizi makro dan mikro, konsep “Isi Piringku”, serta bahaya konsumsi gula berlebih dan gaya hidup sedentari. Kegiatan dilakukan secara partisipatif dengan evaluasi pengetahuan melalui pre-test dan post-test. Hasil: Adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan setelah diberikan edukasi, ditunjukkan oleh perbandingan skor sebelum dan sesudah kegiatan. Permainan edukatif juga terbukti meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam memahami materi gizi. Kesimpulan: Pendekatan edukasi visual dan interaktif efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang serta dapat menjadi strategi pembelajaran gizi yang berkelanjutan di lingkungan sekolah

Keywords

Edukasi Gizi Gizi Seimbang Remaja Sekolah Permainan Edukatif Edukasi Gizi Gizi Seimbang Remaja Sekolah Permainan Edukatif

Article Details

How to Cite
Rahmiwati, A., Wahyuni, T., & A.P, A. M. (2025). Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Melalui Edukasi Interaktif pada Siswa SMP Negeri 19 Palembang . Jurnal SOLMA, 14(3). https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20324

References

  1. Afandi, A. (2019). Buku ajar pedoman gizi seimbang.
  2. Astutik, Y., & Rahmawati, D. (2021). Pengaruh media interaktif dalam pendidikan gizi terhadap perubahan pengetahuan dan sikap remaja. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(1), 12–19.
  3. Maulida, R., Fatimah, S., & Handayani, A. (2022). Integrasi edukasi gizi dalam kurikulum sekolah sebagai upaya promotif preventif gizi anak usia sekolah. Jurnal Gizi Indonesia, 11(1), 44–51.
  4. Purbaningsih, Y., Jamadi, J., Junianto, P., Fittriya, N. L., & Ekasari, S. (2021). Human resource management strategy prediction in small business marketing after pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8316–8326. https://www.bircujournal.com/index.php/birci/article/view/2771
  5. Putri, W. D., & Apriani, D. (2020). Efektivitas edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan remaja tentang pola makan sehat. Jurnal Gizi dan Pangan, 15(2), 85–90.
  6. Rahmawati, F. (2022). Edukasi gizi brosur & PowerPoint pada pedoman gizi seimbang (PGS) kelas VII MTs Hayatul Ilmi. Indonesian Journal of Health Development, 4(1), 46–53. https://doi.org/10.52021/ijhd.v4i1.70
  7. Rahayu, S., Herwinda, N., & Hindarta, N. (2023). Gizi dan kesehatan remaja.
  8. Ruspita, R., Rahmi, R., Tanberika, F. S., & Al, T. (2024). Edukasi asupan gizi seimbang pada remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat 360 Derajat, 7–10. https://doi.org/10.35328/de4xnq50
  9. Siahaan, D. P., Suraya, R., & Siregar, N. H. (2024). Pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan remaja di SMP Yayasan Perguruan El Hidayah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5, 1364–1371.
  10. Siswanto, S., & Rahmawati, R. (2023). Dasar ilmu gizi (Issue December).
  11. Telisa, I., & Eliza, E. (2020). Asupan zat gizi makro, asupan zat besi, kadar hemoglobin dan risiko kurang energi kronis pada remaja putri. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(1), 80. https://doi.org/10.30867/action.v5i1.241
  12. Tsania, N., Rahmat, M., Priawantiputri, W., & Fauziyah, R. N. (2023). Efektivitas edukasi gizi menggunakan media flashcard dan PowerPoint terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku gizi seimbang pada siswa sekolah dasar. Jurnal Gizi dan Dietetik, 2(2), 22–30. https://doi.org/10.34011/jgd.v2i2.1800
  13. Ulfa, L., Al-anbiyaa, L. Y., & Hasanah, U. (2019). Upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi bagi kehidupan melalui media film animasi. https://osf.io/cqjr7/download
  14. Utami, S., Pratiwi, D. E., & Sari, N. P. (2020). Strategi intervensi edukasi gizi berulang dalam perubahan perilaku konsumsi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(3), 200–207.

Most read articles by the same author(s)