Isi Artikel Utama

Abstrak

Background: Bites Baker Malang merupakan salah satu jenis usaha UMKM pembuatan kue yang fokus pada brownies. Usaha ini memiliki potensi yang cukup besar dalam perjalanan bisnisnya sehingga produknya cukup diminati oleh konsumen. Tujuan untuk tetap bersaing dan meningkatkan penjualan pada UMKM Kue Bites Biker Malang dapat tercapai dengan cara mempertahankan dan memperluas pangsa pasar pelanggan serta merebut pangsa pasar. Metode: Metode yang digunakan adalah pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan bersama SDM Biker UMKM Bites untuk memecahkan masalah dengan menjabarkan permasalahan yaitu Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan. Hasil: Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa produk dari UMKM Biter Biker sesuai dengan selera konsumen yang menyukai kue, namun perlu adanya inovasi rasa dan bentuk agar penjualan meningkat. Lokasi usaha harus mudah dijangkau oleh pelanggan. Harga produk terjangkau yaitu berkisar Rp12.000 hingga Rp17.000. Promosi penjualan cukup efektif karena sudah dilakukan secara daring melalui platform seperti Shopee, WhatsApp, dan Instagram. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa melalui bauran pemasaran, termasuk produk UMKM Biter Biker memang menarik bagi pecinta kue, namun diperlukan inovasi untuk meningkatkan penjualan, Lokasi harus mudah diakses. Harga sangat terjangkau, dan Promosi sudah efektif secara online.

Kata Kunci

Pemasaran Strategi UMKM Pemasaran Strategi UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mufida, S., Asiyah, S., & Basalamah, M. R. (2025). Penerapan Strategi Pemasaran Pada UMKM Kue Bites Baker Malang. Jurnal SOLMA, 14(1), 613–618. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18067

Referensi

  1. Akdon. (2011). Strategic Management For Educational Management. Bandung: Alfabeta.
  2. Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69.
  3. Haeruddin, M. I. M., Natsir, U. D., Aslam, A. P., Aswar, N. F., & Mustafa, M. (2023). When Love and Hate Collide: The Influence of Conflict on Employees' Turnover Intention. Asian Journal of Economics, Business and Accounting, 23(7), 16-27. https://doi.org/10.9734/ajeba/2023/v23i7942
  4. Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018).Marketing management: an Asian perspective. London: Pearson.
  5. Kusuma, S. A., Sabirin, A., Shihab, F. M., Jibriyanti, J., & Erlangga, M. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Volume Penjualan dengan Sales Report Data PT. Gudang Garam Tbk (2018-2022). Southeast Asia Journal of Business, Accounting, and Entrepreneurship, 1(1), 46-53. https://dailymakassar.id/ejournal/index.php/sains/article/view/11
  6. Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233.
  7. Mustafa, M. Y., Mustafa, F., Mustafa, R., & Mustafa, R. (2018). Japanese enterprises role on SMEs development in Indonesia: inside tobiko export and import. Hasanuddin Economics andBusiness Review, 2(2), 83-95. http://pasca.unhas.ac.id/ojs/index.php/hebr/article/view/1352
  8. Paramaswary Aslam, A. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Penerbit Tahta Media. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/459
  9. Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/download/16271/10134
  10. Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
  11. Saefullah, A., Radjawane, L. E., Sutrisno, E., Santoso, A., & Kuraesin, A. D. (2023). Access through road in Pahing Hamlet, Sukadana Village, Kuningan Regency as a means of improving the community’s economy. International Journal of Financial, Accounting, and Management, 5(3.1), Article 3.1. https://doi.org/10.35912/ijfam.v5i3.1.1929
  12. Sutariyono, S., Firdaus, A., Arda, D. P., Noor, M. A., Siregar, F., Tafsiruddin, M., Rahmi, C., Saputri, H., Tahang, M., Saefullah, A., Permatasari, D. I., & Misbah, I. (2020). Pemantapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Peningkatan Kesejahteraan MasyarakatPengelola Sampah di Pasar Ciputat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v2i2.519
  13. Sulaeman, K. S., Sahrir, A. S. P., Hasvian, M., Hatta, F. I., & Suharti, S. (2024). Analisis penerapan strategi pemasaran dalam rangka peningkatan penjualan pada PT Indofood. Southeast Asia Journal of Business, Accounting, and Entrepreneurship, 2(1), 1-7. https://dailymakassar.id/ejournal/index.php/sains/article/view/15/39
  14. Tohiroh, T., Firdaus, A., Saksana, J. C., Firmansyah, F., Ramayanti, P. N., Rahmi, C., Tafsiruddin, M.,Hidayatullah, S., Ar, R., Tahang, M., Saefullah, A., Fariha, H., Anam, K., & Islah, M. (2021). Edukasi Ketrampilan, Minat dan Bakat untuk Meningkatkan Perekonomian Generasi Bangsa di Pondok Pesantren Baitul Quro. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 1(2), 63–76. https://doi.org/10.55606/kreatif.v1i2.3894
  15. Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran.https://www.academia.edu/download/33381764/Evaluasi_Program_Pembelajaran.pdf
  16. Yushar, M. M., Abdi, A., Nurlaely, R., Dewi, A. A., Riwayat, A. R., & Nurjannah, N. (2023). The Rise of Skywalker: The Critical Vehemence of Customer Loyalty inside the E-commerce Platform. Asian Journal of Education and Social Studies, 41(2), 57–67. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v41i28937Sulaemanetal