Isi Artikel Utama
Abstrak
Background: Café Result yang berlokasi di Tengah pusat kota Sumenep dengan konsep yang cukup bagus cocok buat tongkrongan mahasiswa kemudian banyak menawarkan sajian menu atau produk dengan harga sangat terjangkau untuk kalangan umum khususnya mahasiswa. Tujuan dari pengabdian ini untuk memberikan strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan penjualan Café Result. Metode: Metode pengabdian yang digunakan dengan pendampingan, observasi dan evaluasi. Hasil: Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Cafe Result di Sumenep harus menerapkan strategi unik untuk menarik pelanggan dengan teknologi internet berperan besar dalam pemasaran, dan Cafe Result memanfaatkan media sosial seperti Instagram untuk menjangkau konsumen. Strategi pemasaran mereka terdiri dari tiga bagian utama: periklanan, pemasaran penjualan, dan penjualan personal sehingga bisa meningkatkan penjualan. Kesimpulan: Dalam persaingan cafe yang dinamis saat ini, Cafe Result dapat memastikan keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang cafe dengan menerapkan komunikasi pemasaran yang efektif agar penjualan semakin meningkat.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Alfuady, M. B. A., & Mubarok, F. S. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Café Embun Senja Semarang dalam Meningkatkan Penjualan. CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(3), 288-294.
- Arief, A. B. (2021). Analisis Rencana Bisnis Pada Usaha Cafe. Jurnal JimFeb.
- Arief Selay, e. a. (2023). Sistem Informasi Penjualan. Karimah Tauhid.
- Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654
- Firmansyah, A. (2020). KOMUNIKASI PEMASARAN. Pasuruan. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.
- Hanipa, s., abdurrazaq, m. N., & fitri, a. A. (2024). Analisis strategi komunikasi pemasaran terminal 5 cafe dalam meningkatkan jumlah penjualan. Journal of islamic studies, 2(3), 276-282.
- Harianti, N. T. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern. Eksekutif.
- Kusniadji, S. and Tarumanagara, U. (2016) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang)’, pp. 83–98.
- Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
- Nufian S Febriani, W. W. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu.Malang: Universitas Brawijaya Press.
- Nursyirwan, Vivi & Ardaninggar, Sasmita & Septiningrum, Liana & Dewi, Rani & Gustiasari, Julian & Hasan,. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. 03. 238-244. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5077
- Nirwana, D.A. and Khuntari, D. (2021) ‘Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Pada Celyne.Official’, Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), pp. 36–48. https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.147
- Priyo, S. and Sri, S.D. (2020) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid‐19 Di Indonesia’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), pp. 16–29. https://doi.org/10.23969/linimasa.v3i2.2754
- Rahmawati, E., & Kisworo, B. (2017). Peran Pendamping dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Program Keluarga Harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 161-169. https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.16271
- Umami, A. (2020). Potensi Strategi Pemasaran Offline Store Melalui Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Terasrumahmu Tebet Tahun 2019) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).
- Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran.
Referensi
Alfuady, M. B. A., & Mubarok, F. S. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Café Embun Senja Semarang dalam Meningkatkan Penjualan. CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(3), 288-294.
Arief, A. B. (2021). Analisis Rencana Bisnis Pada Usaha Cafe. Jurnal JimFeb.
Arief Selay, e. a. (2023). Sistem Informasi Penjualan. Karimah Tauhid.
Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654
Firmansyah, A. (2020). KOMUNIKASI PEMASARAN. Pasuruan. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.
Hanipa, s., abdurrazaq, m. N., & fitri, a. A. (2024). Analisis strategi komunikasi pemasaran terminal 5 cafe dalam meningkatkan jumlah penjualan. Journal of islamic studies, 2(3), 276-282.
Harianti, N. T. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern. Eksekutif.
Kusniadji, S. and Tarumanagara, U. (2016) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang)’, pp. 83–98.
Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Nufian S Febriani, W. W. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu.Malang: Universitas Brawijaya Press.
Nursyirwan, Vivi & Ardaninggar, Sasmita & Septiningrum, Liana & Dewi, Rani & Gustiasari, Julian & Hasan,. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat. 03. 238-244. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5077
Nirwana, D.A. and Khuntari, D. (2021) ‘Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Pada Celyne.Official’, Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), pp. 36–48. https://doi.org/10.56873/jimik.v5i2.147
Priyo, S. and Sri, S.D. (2020) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid‐19 Di Indonesia’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), pp. 16–29. https://doi.org/10.23969/linimasa.v3i2.2754
Rahmawati, E., & Kisworo, B. (2017). Peran Pendamping dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin melalui Program Keluarga Harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 161-169. https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.16271
Umami, A. (2020). Potensi Strategi Pemasaran Offline Store Melalui Pemanfaatan Media Sosial Facebook Untuk Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Terasrumahmu Tebet Tahun 2019) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BAKRIE).
Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran.
