Main Article Content

Abstract

Background: BRI Cabang Malang Martadinata yaitu daya kerja dilingkungan terlihat sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari jumlah jam kerja dan jam istirahat yang tidak sesuai dengan ketentuan seperti penerapan jam kerja yang tidak teratur itulah yang menyebabkan kinerja seorang pegawai tidak bisa optimal. Tujuan dari pengabdian ini untuk dapat bekerja sesuai dengan standar organisasi dan membantu mendorong organisasi menuju arah kemajuan. Metode: Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik observasi, pendamping, dan evaluasi. Hasil: Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Budaya organisasi di lembaga perbankan BUMN berhubungan positif dengan kinerja pegawai Di BRI Cabang Malang Martadinata, budaya yang kuat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memotivasi pegawai yang menyebabkan hubungan ini adalah tanggung jawab karyawan dalam menyelesaikan tugas tanpa mengandalkan jam kerja. Kesimpulan: Dalam persaingan pegawai yang semakin kompleks dan dinamis saat ini, BRI Cabang Malang Martadinata dapat memastikan keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang pegawai dengan memprioritaskan peran budaya organiasai dan kinerja pegawai kemudian pemahaman terhadap nilai-nilai yang menjadi dasar dalam organisasi pada penghayatan yang lebih dalam dan lebih baik.

Keywords

Budaya Organisasi Kinerja Pegawa Budaya Organisasi Kinerja Pegawa

Article Details

How to Cite
Aryfudin, A., Nurhidayah, N., & Basalamah, M. R. (2025). Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Martadinata Malang. Jurnal SOLMA, 14(2). https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18897

References

  1. AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
  2. Avolio, et al. (2004). Unlocking the mask: A look at the process by which authentic leaders impact follower attitudes and behaviors. Leadership Quarterly, 15(6), 801–823. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2004.09.003
  3. Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69.
  4. Fatma, N., Hardiyono, H., Kaok, M., & Aprilius, A. (2020). Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(2), 113–122. https://doi.org/10.35724/jies.v11i2.2754
  5. Fauzan, et al. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dimediasi oleh Komitmen Organisasi. Jesya, 6(1), 517–534. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.978
  6. Hahang B, J. (2021). Pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja perangkat desa. Matriks Jurnal Sosial Sains, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36418/matriks.v3i1.77
  7. Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233.
  8. Mahmud, D. (2024). Workplace Spirituality, Organizational Culture, and Employee Performance in Indonesian MSMEs: Examining the Mediating Roles of Job Satisfaction and Organizational Commitment. Journal of Logistics, Informatics and Service Science, 11(7), 362–394. https://doi.org/10.33168/jliss.2024.0719
  9. Rachmanu, E. D., & Ridlwan, A. A. (2018). Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan: Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 170–180. Ekspektra : https://doi.org/10.25139/ekt.v2i2.1222
  10. Rivaldo, Y. (2022). Monograf Peningkatan Kinerja Karyawan Penerbit CV.Eureka Media Aksara.
  11. Ridwan. (2021). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Ridwan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemnas Indonesia.
  12. Rivai, A. (2020). MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. 3(2). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5291
  13. Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/download/16271/10134
  14. T., Ruth Silaen, N., Chairunnisah, R., Rizki Sari Elida Mahriani, M., Tanjung, R., Triwardhani, D., Haerany Anis Masyruroh, A., Gede Satriawan, D., Sri Lestari Opan Arifudin, A., Rialmi, Z., Putra, S. & Penulis, (2021). Kinerja Karyawan. www.penerbitwidina.com
  15. Virtadaniati, W., & Anggarani, A. (2024). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Pelayanan Kesehatan. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 10(2), 358-365.
  16. Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. https://www.academia.edu/download/33381764/Evaluasi_Program_Pembelajaran.pdf