Main Article Content
Abstract
Background: BRI Cabang Malang Martadinata yaitu daya kerja dilingkungan terlihat sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari jumlah jam kerja dan jam istirahat yang tidak sesuai dengan ketentuan seperti penerapan jam kerja yang tidak teratur itulah yang menyebabkan kinerja seorang pegawai tidak bisa optimal. Tujuan dari pengabdian ini untuk dapat bekerja sesuai dengan standar organisasi dan membantu mendorong organisasi menuju arah kemajuan. Metode: Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik observasi, pendamping, dan evaluasi. Hasil: Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Budaya organisasi di lembaga perbankan BUMN berhubungan positif dengan kinerja pegawai Di BRI Cabang Malang Martadinata, budaya yang kuat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memotivasi pegawai yang menyebabkan hubungan ini adalah tanggung jawab karyawan dalam menyelesaikan tugas tanpa mengandalkan jam kerja. Kesimpulan: Dalam persaingan pegawai yang semakin kompleks dan dinamis saat ini, BRI Cabang Malang Martadinata dapat memastikan keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang pegawai dengan memprioritaskan peran budaya organiasai dan kinerja pegawai kemudian pemahaman terhadap nilai-nilai yang menjadi dasar dalam organisasi pada penghayatan yang lebih dalam dan lebih baik.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
- Avolio, et al. (2004). Unlocking the mask: A look at the process by which authentic leaders impact follower attitudes and behaviors. Leadership Quarterly, 15(6), 801–823. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2004.09.003
- Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69.
- Fatma, N., Hardiyono, H., Kaok, M., & Aprilius, A. (2020). Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(2), 113–122. https://doi.org/10.35724/jies.v11i2.2754
- Fauzan, et al. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dimediasi oleh Komitmen Organisasi. Jesya, 6(1), 517–534. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.978
- Hahang B, J. (2021). Pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja perangkat desa. Matriks Jurnal Sosial Sains, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36418/matriks.v3i1.77
- Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233.
- Mahmud, D. (2024). Workplace Spirituality, Organizational Culture, and Employee Performance in Indonesian MSMEs: Examining the Mediating Roles of Job Satisfaction and Organizational Commitment. Journal of Logistics, Informatics and Service Science, 11(7), 362–394. https://doi.org/10.33168/jliss.2024.0719
- Rachmanu, E. D., & Ridlwan, A. A. (2018). Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan: Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 170–180. Ekspektra : https://doi.org/10.25139/ekt.v2i2.1222
- Rivaldo, Y. (2022). Monograf Peningkatan Kinerja Karyawan Penerbit CV.Eureka Media Aksara.
- Ridwan. (2021). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Ridwan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemnas Indonesia.
- Rivai, A. (2020). MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. 3(2). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5291
- Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/download/16271/10134
- T., Ruth Silaen, N., Chairunnisah, R., Rizki Sari Elida Mahriani, M., Tanjung, R., Triwardhani, D., Haerany Anis Masyruroh, A., Gede Satriawan, D., Sri Lestari Opan Arifudin, A., Rialmi, Z., Putra, S. & Penulis, (2021). Kinerja Karyawan. www.penerbitwidina.com
- Virtadaniati, W., & Anggarani, A. (2024). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Pelayanan Kesehatan. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 10(2), 358-365.
- Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. https://www.academia.edu/download/33381764/Evaluasi_Program_Pembelajaran.pdf
References
AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya ManusiaPerusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Avolio, et al. (2004). Unlocking the mask: A look at the process by which authentic leaders impact follower attitudes and behaviors. Leadership Quarterly, 15(6), 801–823. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2004.09.003
Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69.
Fatma, N., Hardiyono, H., Kaok, M., & Aprilius, A. (2020). Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 11(2), 113–122. https://doi.org/10.35724/jies.v11i2.2754
Fauzan, et al. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai dimediasi oleh Komitmen Organisasi. Jesya, 6(1), 517–534. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.978
Hahang B, J. (2021). Pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja perangkat desa. Matriks Jurnal Sosial Sains, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36418/matriks.v3i1.77
Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233.
Mahmud, D. (2024). Workplace Spirituality, Organizational Culture, and Employee Performance in Indonesian MSMEs: Examining the Mediating Roles of Job Satisfaction and Organizational Commitment. Journal of Logistics, Informatics and Service Science, 11(7), 362–394. https://doi.org/10.33168/jliss.2024.0719
Rachmanu, E. D., & Ridlwan, A. A. (2018). Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan: Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 170–180. Ekspektra : https://doi.org/10.25139/ekt.v2i2.1222
Rivaldo, Y. (2022). Monograf Peningkatan Kinerja Karyawan Penerbit CV.Eureka Media Aksara.
Ridwan. (2021). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Ridwan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pemnas Indonesia.
Rivai, A. (2020). MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. 3(2). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5291
Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/download/16271/10134
T., Ruth Silaen, N., Chairunnisah, R., Rizki Sari Elida Mahriani, M., Tanjung, R., Triwardhani, D., Haerany Anis Masyruroh, A., Gede Satriawan, D., Sri Lestari Opan Arifudin, A., Rialmi, Z., Putra, S. & Penulis, (2021). Kinerja Karyawan. www.penerbitwidina.com
Virtadaniati, W., & Anggarani, A. (2024). Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan di Pelayanan Kesehatan. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 10(2), 358-365.
Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. https://www.academia.edu/download/33381764/Evaluasi_Program_Pembelajaran.pdf
