Isi Artikel Utama
Abstrak
Background: Salah satu UMKM yang menarik untuk dibahas adalah UMKM Sarbini Kepiting yang bergerak dibidang usaha seafood yang terletak di Desa Pinggirpapas, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Sebagian dari para pelaku UMKM masih belum menggunakan pemasaran digital sebagai sarana pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi digital marketing dalam upaya meningkatkan pendapatan pada UMKM sarbini kepiting di Desa Pinggirpapas. Metode: Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan Analisis SWOT. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Sarbini masih belum menerapkan strategi Digital Marketing seperti melakukan promosi melalui media sosial ataupun media online sehingga konsumen tidak bisa bersaing luas ke luar daerah. UMKM ini hanya mempunyai google map (lokasi) dan masih belum mempunyai sosial media seperti IG, Tiktok dan media lainnya. Kesimpulan: Pengusaha hendaknya dapat menganalisa maka dari perlu kiranya untuk diperbaiki di masalah strategi pemasarannya untuk meningkatkan pendapatan maka hendaknya lebih baik menerapkan strategi digital marketing seperti melakukan promosi secara online dan membuat akun media sosial.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
- Ascharisa Mettasatya Afrilia. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1(1), 147–157.
- Dian Azmi Fadhilah, Tami Pratiwi. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
- Feri Sulianta. (2023). Panduan Lengkap Strategi Digital Marketing Edisi 1. Yogyakarta.
- Kotler, P dan Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran terjemahan Edisi 1. Jakarta: Erlangga.
- Limanseto Haryo (2022) Kembangkan Ketangguhan Sektor Pertanian, Indonesia Raih Penghargaan dari International Rice Research Institute, www.ekon.go.id. Available at: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4443/kembangkan-ketangguhan.sektor-pertanian-indonesia-raihpenghargaan-dari-international-rice research-institute (Accessed: 10 July 2023).
- Martani, Dwi. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
- Nanga, Muana. (2001). Makro Ekonomi, Masalah dan Kebijakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Putu Vidya Shania Devi, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri. (2020). Using Digital Marketing to Develop Marketing Strategy for Fish Farmer Group Products in Jehem Village. Program Studi Akuntansi, Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Indonesia.
- Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.
- Ridwan, Iwan Muhammad. (2019). Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 137-142. E-ISSN: 2614- 6711.
- Richard L. Daft. (2010). Era Baru Manajemen, Edward Tanujaya, Edisi 9. Salemba Empat.
- Sadono. Sukirno. (2010). Makroekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta. PT. Raja Grasindo Perseda. Jakarta
- Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 224–232. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2135
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
- Wardana, W., Fitrianna, H., & Suhartanto, S. (2022). Scale Up Business dan Digitalisasi Tata Kelola BUMDes Retno Sembodo dalam Membentuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 178. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5692
- Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tabusai, 05(02).
- Veleva, S. S., & Tsvetanova, A. I. (2020). Characteristics of the digital marketing advantages and disadvantages. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 940(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/940/1/012065.
Referensi
Ascharisa Mettasatya Afrilia. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1(1), 147–157.
Dian Azmi Fadhilah, Tami Pratiwi. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Institut Manajemen Koperasi Indonesia.
Feri Sulianta. (2023). Panduan Lengkap Strategi Digital Marketing Edisi 1. Yogyakarta.
Kotler, P dan Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran terjemahan Edisi 1. Jakarta: Erlangga.
Limanseto Haryo (2022) Kembangkan Ketangguhan Sektor Pertanian, Indonesia Raih Penghargaan dari International Rice Research Institute, www.ekon.go.id. Available at: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4443/kembangkan-ketangguhan.sektor-pertanian-indonesia-raihpenghargaan-dari-international-rice research-institute (Accessed: 10 July 2023).
Martani, Dwi. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Nanga, Muana. (2001). Makro Ekonomi, Masalah dan Kebijakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Putu Vidya Shania Devi, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri. (2020). Using Digital Marketing to Develop Marketing Strategy for Fish Farmer Group Products in Jehem Village. Program Studi Akuntansi, Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar, Indonesia.
Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.
Ridwan, Iwan Muhammad. (2019). Penerapan Digital marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Abdimas BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 137-142. E-ISSN: 2614- 6711.
Richard L. Daft. (2010). Era Baru Manajemen, Edward Tanujaya, Edisi 9. Salemba Empat.
Sadono. Sukirno. (2010). Makroekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta. PT. Raja Grasindo Perseda. Jakarta
Sembiluh, D., & Sulistiadi, W. (2022). Analisis Implementasi Pemasaran Digital di Rumah Sakit pada Pandemi COVID-19: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(3), 224–232. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i3.2135
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Wardana, W., Fitrianna, H., & Suhartanto, S. (2022). Scale Up Business dan Digitalisasi Tata Kelola BUMDes Retno Sembodo dalam Membentuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 178. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5692
Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tabusai, 05(02).
Veleva, S. S., & Tsvetanova, A. I. (2020). Characteristics of the digital marketing advantages and disadvantages. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 940(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/940/1/012065.
