Main Article Content

Abstract

Background: Mobile banking merupakan layanan perbankan digital yang memungkinkan nasabah untuk mengakses rekening dan melakukan berbagai transaksi keuangan melalui aplikasi yang diinstal pada perangkat seluler. Generasi Milenial khususnya di daerah Kota Malang masih banyak yang belum menggunakan layanan Digital Banking. Hal ini dipengaruhi oleh ketidakpahaman mereka akan fitur-fitur yang disediakan oleh Digital Banking. Dari beberapa anak muda generasi milenial yang sudah menggunakan Digital Banking merasa nyaman dengan penggunaan dasar layanan digital seperti transfer uang dan pembayaran tagihan, namun ketika ditanya tentang fitur lanjutan seperti pengelolaan portofolio investasi atau penggunaan aplikasi untuk perencanaan keuangan, banyak yang menunjukkan ketidakpahaman. Adanya Penyuluhan dan Edukasi ini untuk menambah pemahaman generasi milenial akan fungsi Bank Digital itu sendiri Metode: Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik penyuluhan, dan evaluasi. Hasil: Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa semakin baik pengetahuan masyarakat mengenai Digital Banking maka akan semakin baik juga untuk mengelola keuangan. Dari Penyuluhan ini ada 10 peserta yang sekitar 40% paham dan bersedia untuk membuat akun bank digital. Kesimpulan: Peserta antusias mengikuti kegiatan karena contoh-contohnya nyata dan diikuti praktek langsung membuat rekening Bank Digital. Serta antusias peserta juga dipancing oleh masalah-masalah terkini atas perubahan perilaku masyarakat dalam transaksi keuangan. Ada perubahan pengetahuan peserta terhadap Bank Digital dan cara tepat menggunakannya.

Keywords

Digital Banking Mobile Banking Transaksi Digital Banking Mobile Banking Transaksi

Article Details

How to Cite
Hadipamungkas, A., Askandar, N. S., & Basalamah, M. R. (2025). Penyuluhan dan Edukasi tentang Digital Banking untuk Kegiatan Produktif Nasabah Milenial. Jurnal SOLMA, 14(2), 2346–2353. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.19065

References

  1. Afiyah, A. (2022). Peran E-Commerce Bagi Keberlangsungan bank Syariah (Studi Kasus Pada Bsi Kcp Cirebon Plered 2). Change Think Journal, 1(4), 151–157. https://www.journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php
  2. Amrillah, M. U. (2020). Urgensi Pembentukan Undang- Undang Digital Banking Bagi Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Lex Renaissance, 5(4), 928–945. https://doi.org/10.20885/jlr.vol5.iss4.art12
  3. Endita, N. K. C., & Wirsa, N. (2023). Peningkatan Pemahaman QRIS Sebagai Pembayaran Digital Bagi Nasabah UMKM Bank BPD Bali Cabang Renon. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3551–3557. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6541
  4. Erwin, Cindrakasih, R. R., Hita, Boari, Y., Boari, L., & Tadampali, A. C. T. (2024). Pemasaran Digital Teori dan Implementasi (E. Rianty (ed.); I). Green Pustaka Indonesia.
  5. Fatmala Putri, D., & Ratna Sari, W. (2023). Analisis Perlindungan Nasabah BSI Terhadap Kebocoran Data Dalam Menggunakan Digital Banking. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 1(4), 173–181. https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.331
  6. Helda, Nora Sari, M. Iqbal Fasa, Is Susant. (2024). Pemahaman Nasabah Tentang Digital Banking Dan Implikasinya Bagi Kinerja Perbankan Syariah. Jurnal Media Akademik. Vol.2, No.11 November 2024
  7. Iskamto, D., Liyas, J. N., Gultom, E., Ansori, P. B., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk menjaga kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.132
  8. Iskamto, D., & Yapentra, A. (2018). Religiosity And Trust In Islamic Banking In Pekanbaru City Indonesia. Eko dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 9(4), 7.
  9. Lubis, R. L., & Machmud, A. (2024). Implementasi Aturan Terkait Pembukaan Rekening Nasabah (Studi Kasus PT Bank Central Asia Tbk). UNES Law Review, 6(2), 7714–7724.
  10. Michelle, J. H., Shanty, Yesica, Y. S., & Indah, A. R. (2024). Sosialisasi Kebijakan Bank Digital: Perlindungan Hukum Terhadap Data Nasabah Dari Risiko Serangan Siber. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua Vol. 2 No. 2 Agustus 2024 [Hal. 165-172] https://doi.org/10.61124/1.renata.53
  11. Meliza, J., Nurhayati, Rahmadani, & Akbar, A. (2022). Pendampingan Digitalisasi Keuangan Untuk Penyusunan Harga Pokok Produksi Pelaku Usaha (Mitra) Pengrajin Tapai Singkong Dan Tapai Ketan Di Medan Tuntungan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(1), Article 1. https://dx.doi.org/10.54099/jpma.v1i1.87
  12. Ningtyas, M. N., & Wafiroh, N. L. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pada Umkm Di Sentra Industri Tempe Sanan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.238
  13. Primasari Niken Savitri dan Ghofirin Mohammad. (2021). Sosialisasi Kesiapan Masyarakat Menuju
  14. Transaksi Digital di Era New Normal life. Jurnal ALTIFANI penelitian dan pengabdian
  15. kepada masyarakat. Volume 1 Nomor 1, Januari 2021 hal 1- 9 http://dx.doi.org/10.25008/altifani.v1i1.110
  16. Prihatini, D., Puspitasari, N., Suroso, I., & Muhsyi, A. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan Islam Pada KSPPS di Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i4.414
  17. Putra, B. A., Dinda, G. W., Jeli, N. L., Dian, F., Diana, S. D., Nurhayana & Yulia, H. (2023). Penyuluhan Bank Digital Untuk Kegiatan Produktif di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi. Vol 2 No 3 ISSN 2809-7297 hal 112-117. https://doi.org/10.54099/jpma.v2i3.655
  18. Sihotang, L., & Hudi, I. (2023). Penerapan M-Banking Dalam Meningkatkan Jasa, Layanan Perbankan di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru Sudirman. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 4, 106–114.
  19. Susriyanti, S., Yulasmi, Y., & Yeni, F. (2022). Peningkatan Literasi Keuangan Syariah, Kecerdasan Spiritual Dan Persepsi Dalam Membentuk Perilaku Masyarakat Untuk Keputusan Penggunaan Produk Bank Syariah: Pembelian, Perilaku, Literasi, Kecerdasan Spiritual, Persepsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i4.428