Main Article Content

Abstract

Background: Salah satu UMKM yang bernama UD Matahari terletak di Desa Kertasada, Kalianget, Kota Sumenep adalah industri rumahan yang bergerak di bidang makanan yaitu kerupuk Amplang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis penerapan etika bisnis pada UMKM Kerupuk Amplang di Desa Kertasada. Metode: Penelitian ini adalah pengabdian melalui penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa ada kekurangan inovasi produk, seperti desain kemasan dan penciptaan rasa, yang menyebabkan produk stagnan di pasar. Hal ini berpotensi membuat konsumen bosan dan menghambat terciptanya nilai tambah bagi produk tersebut. Menghasilkan 40 kg barang kemasan dan dijual dengan harga Rp 10.000 per hari. Kesimpulan: Konsumen bisa mendapatkan bahan baku dari toko-toko terdekat untuk operasi sehari-hari, UMKM ini telah menerapkan pelayanan dengan etika yang baik terhadap konsumen demi kenyamanan konsumen.

Keywords

Etika Bisnis Bisnis UMKM Business ethics Business MSMEs

Article Details

How to Cite
Kapsir, K., Basalamah, M. R., & Sudaryanti, D. (2024). Penerapan Etika Bisnis Pada UMKM Kerupuk Amplang Di Desa Kertasada Kabupaten Sumenep. Jurnal SOLMA, 13(2), 1338–1342. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15078

References

  1. Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMINDO). 2018. Indonesia dalam angka. Jakarta: Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMINDO).
  2. Brunk, K.H. (2012) Un/Ethical Company And Brand Perceptions: Conceptualizing And Operationalizing Consumer Meanings. J. Bus. Ethics 2012, 111, 551–565. [Crossref.
  3. Ebert, R J. & Griffin, R W. (2013). Business Essential Ninth Edition. England: Pearson Education Limited.
  4. Haa, S. Tong. et al.. (2016). Relationship between Knowledge Management and Organizational Performance: A Test on SMEs in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences 224 ( 2016 ) 184 – 189.
  5. Limanseto Haryo (2022) Kembangkan Ketangguhan Sektor Pertanian, Indonesia Raih Penghargaan dari International Rice Research Institute, www.ekon.go.id. Available at: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4443/kembangkan ketangguhan sektor-pertanian-indonesia-raih-penghargaan-dari-international riceresearch-institute (Accessed: 10 July 2023).
  6. Marpi, Y., Febrian, W. D., Sari, F. P., Tartiani, Y. A. T., Prahendratno, A., Tarmizi, A., & Karomah, N. G. (2023). Etika Bisnis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  7. Nugroho, A., & Arijanto, A. (2015). Etika Bisnis (Business Ethics) Pemahaman Teori Secara Komprehensif Dan Implementasinya. Bogor - Indonesia: Ip.
  8. Susriyanti, S., Mulyani, S. R., & Yeni, F. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Perilaku Bisnis Pedagang Bingkuang Dengan Kepribadian Sebagai Pendukung. Journal Of Community Engagement In Health, 4(2), 599-604.
  9. Sutrisna, D. (2010). Etika bisnis: konsep dasar implementasi dan kasus. Bali: Udayana University Press. 5.
  10. Wahyuni, Endang D.. Wibawani, S. (2020). Pemberdayaan Pengurus Aisyiyah dengan Penguatan Manajemen Bisnis. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, vol 1 no 1, p. 13-17. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/janayu.
  11. Yusuf, M., Aprianti, K., Mulyadin, M., & Julfiyati, I. (2023). Penerapan Etika Berbisnis Dalam Operasional Usaha Pelaku UMKM Di Kelurahan Rontu. JPKBP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).