Main Article Content

Abstract

Background: Dalam hal ini, Perkembangan usaha mikro juga menjadi salah satu yang disoroti oleh Pemerintah Kota Malang. Sejumlah langkah strategis ditempuh guna perbaikan pertumbuhan dan perkembangan usaha mikro di Kota Malang. Etika bisnis sangat penting untuk kelangsungan hidup suatu bisnis, atau bahwa etika menumbuhkan moral, terutama sikap yang jujur, adil, dan tanggung jawab. Tata nilai dan etika harus berubah sesuai dengan waktu dan lingkungan. Tujuan dari pengabdian ini untuk memeberikan pelatihan mengenai penerapan etika bisnis dalam UMKM di era digital. Metode: Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan  pendampingan, observasi dan evaluasi. Hasil: Hasil pengabdian menunjukkan bahwa UMKM Kota Malang juga dapat menemukan peluang untuk meningkatkan praktik etika mereka melalui pelatihan karyawan, teknologi inovatif seperti blockchain dan AI, serta kolaborasi dengan lembaga yang etis. Dengan mengadopsi teknologi ini dapat meningkatkan transparansi, keamanan, dan kemitraan dengan pihak lain di Malang. Kesimpulan: Dalam era digital yang semakin kompleks dan dinamis saat ini dapat memastikan keberlanjutan dan keberhasilan jangka panjang mereka dengan memprioritaskan etika bisnis dan melakukan perbaikan berkelanjutan.

Keywords

Etika Bisnis Digital UMKM Etika Bisnis Digital UMKM

Article Details

How to Cite
Irianto, A. F., Hidayati, N., & Asiyah, S. (2025). Penerapan Etika Bisnis pada UMKM di Era Digital. Jurnal SOLMA, 14(2). https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18917

References

  1. Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMINDO). 2018. Indonesia dalam angka. Jakarta: Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMINDO).
  2. Arif, M., Harahap, M. I., & Harahap, O. V. R. (2023). Analisis Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam Pada Perusahaan Properti Syariah PT. Noor Eeman Nusantara Medan.Wawasan: Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan,1(2), 78-94.
  3. Bariqi, Muhammad Darari. (2018). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 5(2). 64-69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654
  4. Dinas Koperasi, Perindustrian, dan perdagangan Kota Malang, 2018. https://diskopindag.malangkota.go.id/
  5. Ebert, R J. & Griffin, R W. (2013). Business Essential Ninth Edition. England: Pearson Education Limited.
  6. Ferrell, L. and Ferrell, O. C. (2017) Business Ethics: Ethical Decision Making and Cases. Boston, MA: Cengage learning.
  7. Kurniawan, D. (2021) ‘Pentingnya Penerapan Etika Bisnis Dalam Era Digital’, Teknokreatipreneur.com.
  8. Marpi, Y., Febrian, W. D., Sari, F. P., Tartiani, Y. A. T., Prahendratno, A., Tarmizi, A., & Karomah, N. G. (2023). Etika Bisnis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  9. Maria, Sitti. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11(2). 220-233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
  10. Rahmawati, Evi & Kisworo, Bagus. (2017). Peran Pendamping Dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui program Keluarga harapan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2). 161-169. https://doi.org/10.15294/jnece.v1i2.16271
  11. Santoso, J. T. (2022) Pelanggaran Etika Bisnis di Era Digital.Semarang: Univ Stekom.
  12. Susriyanti, S., Mulyani, S. R., & Yeni, F. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Perilaku Bisnis Pedagang Bingkuang Dengan Kepribadian Sebagai Pendukung. Journal Of Community Engagement In Health, 4(2), 599-604.
  13. Sibarani, M., Sipayung, E.&Supratman, D. (2020). Model Usaha Berbasis Green Business Yang Dapat Menembus Pasar Dunia (Pada UKM Keramik Di Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta). Jurnal Sosial Humaniora, 11(1), 65-74. https://doi.org/10.30997/jsh.v11i1.2437
  14. Widoyoko, Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. https://www.academia.edu/download/33381764/Evaluasi_Program_Pembelajaran.pdf
  15. Yusuf, M., Aprianti, K., Mulyadin, M., & Julfiyati, I. (2023). Penerapan Etika Berbisnis Dalam Operasional Usaha Pelaku UMKM Di Kelurahan Rontu. JPKBP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).