Main Article Content
Abstract
Background: Era pendidikan 5.0 ditandai dengan laju perkembangan teknologi yang mendorong transformasi pendidikan untuk mengalihkan batas-batas dunia fisik ke dalam dunia maya. Salah satu platform yang dapat menjadi pilihan untuk menjawab tantangan pembelajaran era 5.0 adalah s.id web profile yang terintegrasi metaverse. Platform s.id memudahkan guru dalam menghadirkan berbagai sumber belajar pendukung sekaligus media pembelajaran digital melalui integrasi berbagai platform pendidikan. Pelatihan pembuatan s.id web profile terintegrasi metaverse perlu dilaksanakan guna terlaksananya transformasi pendidikan 5.0 di sekolah dasar. Metode: Pengabdian dilaksanakan di SD N Purwodadi IV Kota Malang dengan jumlah peserta sebanyak 11 orang. Metode pelaksanaan merupakan substitisi IPTEK yang bertujuan untuk mengenalkan teknologi belajar terbaru. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif. Hasil: Hasil dari kegiatan pelatihan ini menunjukkan sebanyak 11 orang guru SDN Purwodadi 4 memberikan respon positif melalui peningkaan keterampilan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Albantani, Azkia Muharom and Madkur, Ahmad (2019). Teaching Arabic in the era of Industrial Revolution 4.0 in Indonesia: Challenges and opportunities. ASEAN Journal of Community Engagement, 3(2).
- Aripidi, Ali., Hariady, Reyhan., Chusni, M. Muhammad., 2022. Metaverse: Konsep Pendidikan yang Akan Datang. Prosiding: Seminar Nasional Hybrid IKIP PGRI Bojonegoro. Volume 1(1), 138-146.
- Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi Industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains. Volume 4(2), 59-65.
- Girvan, C. (2018). What Is a Virtual World? Definition And Classification. Educational Technology Research and Development. Volume 66(5).
- Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414.
- Hwang, G.-J., and Chien, S.-Y. (2022). Definition, roles, and potential research issues of the metaverse in education: an artificial intelligence perspective. Comput. Educ. Artif. Intell. Volume 3:100082.
- Ikhwan, A. Endarto., & Martadi, M. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse pada Media Edukasi Interaktif. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37-51.
- Indarta, Y., Ambiyar, & Samala, Agariadne Dwingo, Wathrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363.
- Lee, B.-K. (2021). The Metaverse World and Our Future. Review of Korea Contents Association. Volume 19(1), 13–17.
- Mystakidis, Stylianos. (2022). Metaverse. Encyclopedia. Volume 2(1), 486–497.
- Nasrullah, A. M., & Imam Sufiyanto, M. (2023). Profesi Guru di Era Society 5.0 Pasca Pandemi Covid-19: Profesi Guru dalam Pengembangan Teknologi di Era Society 5.0 Pasca Pandemi Covid-19 . Tafhim Al-’Ilmi, 14(2), 198–214.
- Papanastasiou, G., Drigas, A., Skianis, C., Lytras, M., & Papanastasiou, E. (2019). Virtual and augmented reality effects on K-12, higher and tertiary education students’ twenty-first century skills. Virtual Reality. Volume 23, 425-436
- Park, S.-M., and Kim, Y.-G. (2022). A metaverse: taxonomy, components, applications, and open challenges. IEEE Access. Volume 10, 4209–4251.
- Prieto, J. F., Lacasa, P., and Martínez-Borda, R. (2022). Approaching metaverses: mixed reality interfaces in youth media platforms. New Techno Humanit.
- Rist, T., & Masoodian, M. (2019). Promoting sustainable energy consumptior behavior through interactive data visualizations. Multimodal Technologies and Interaction. Volume 3(3), 56.
- Rospigliosi, P. A. (2022). Metaverse or simulacra? Roblox, Minecraft, meta and the turn to virtual reality for education, socialisation and work. Interact. Learn. Environ. Volume 30, 1–3.
- Samala, A. D., Indarta, Y., Hakiki, M., & Leong, K. (2023). Top 10 Most-Cited Articles Concerning Blended Learning for Introductory Algorithms and Programming: A Bibliometric Analysis and Overview.International Journal of Interactive Mobile Technologies. Volume 17(5).
- Sari, K. Raras., Ahmad, Imam., Puspaningtyas, D. Nicky, Alita, Debby., Sena, Y. Fikih., Santika, Yuli., Rani, M. S. Ni., (2023). Pelatihan Pemanfaatan Metaverse dalam Pembelajaran di SMA Negeri Batanghari.
- Stephenson, N. (1992). Snow Crash. New York: Bantam Books.
- Suzuki, S., Kanematsu, H., Barry, D. M., Ogawa, N., Yajima, K., Nakahira, K. T., et al. (2020). Virtual experiments in Metaverse and their applications to collaborative projects: the framework and its significance. Procedia Comput. Sci. Volume 176, 2125–2132.
- Touraine, A. (2005). A new paradigm for understanding today's world. Barcelona: Paidós. Unesco (s.f.). Education Strategy. 2014-2021 (s.c).
- Ujang Cepi Barlian, Nana Ismelani, & Apriadi Manan F. (2022). Metaverse Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Pendidikan di Masa Depan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2133–2140.
- Usmeldi, U., Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 614-622.
- Wahyudin, Y. Achmad., Santosa, Alfarez., Febryansyah, Rido. (2023). Penerapan Teknologi Virtual Reality Metaverse pada Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Social Science Technology for Community Service. Volume. 4(2), 290-295.
- Yose, Indarta., et al. (2022) "Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan." Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3351-3363,
- Zhang, C., Feng, S., He, R., Fang, Y., and Zhang, S. (2022). Gastroenterology in the Metaverse: the dawn of a new era? Front. Med. Volume 9:904566.
- Zhang X, Chen Y, Hu L and Wang Y (2022) The metaverse in education: Definition, framework, features, potential applications, challenges, and future research topics. Front. Psychol. Volume 13:1016300
References
Albantani, Azkia Muharom and Madkur, Ahmad (2019). Teaching Arabic in the era of Industrial Revolution 4.0 in Indonesia: Challenges and opportunities. ASEAN Journal of Community Engagement, 3(2).
Aripidi, Ali., Hariady, Reyhan., Chusni, M. Muhammad., 2022. Metaverse: Konsep Pendidikan yang Akan Datang. Prosiding: Seminar Nasional Hybrid IKIP PGRI Bojonegoro. Volume 1(1), 138-146.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak revolusi Industri 4.0 pada sektor pendidikan: kajian literatur mengenai digital learning pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains. Volume 4(2), 59-65.
Girvan, C. (2018). What Is a Virtual World? Definition And Classification. Educational Technology Research and Development. Volume 66(5).
Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414.
Hwang, G.-J., and Chien, S.-Y. (2022). Definition, roles, and potential research issues of the metaverse in education: an artificial intelligence perspective. Comput. Educ. Artif. Intell. Volume 3:100082.
Ikhwan, A. Endarto., & Martadi, M. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse pada Media Edukasi Interaktif. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37-51.
Indarta, Y., Ambiyar, & Samala, Agariadne Dwingo, Wathrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351–3363.
Lee, B.-K. (2021). The Metaverse World and Our Future. Review of Korea Contents Association. Volume 19(1), 13–17.
Mystakidis, Stylianos. (2022). Metaverse. Encyclopedia. Volume 2(1), 486–497.
Nasrullah, A. M., & Imam Sufiyanto, M. (2023). Profesi Guru di Era Society 5.0 Pasca Pandemi Covid-19: Profesi Guru dalam Pengembangan Teknologi di Era Society 5.0 Pasca Pandemi Covid-19 . Tafhim Al-’Ilmi, 14(2), 198–214.
Papanastasiou, G., Drigas, A., Skianis, C., Lytras, M., & Papanastasiou, E. (2019). Virtual and augmented reality effects on K-12, higher and tertiary education students’ twenty-first century skills. Virtual Reality. Volume 23, 425-436
Park, S.-M., and Kim, Y.-G. (2022). A metaverse: taxonomy, components, applications, and open challenges. IEEE Access. Volume 10, 4209–4251.
Prieto, J. F., Lacasa, P., and Martínez-Borda, R. (2022). Approaching metaverses: mixed reality interfaces in youth media platforms. New Techno Humanit.
Rist, T., & Masoodian, M. (2019). Promoting sustainable energy consumptior behavior through interactive data visualizations. Multimodal Technologies and Interaction. Volume 3(3), 56.
Rospigliosi, P. A. (2022). Metaverse or simulacra? Roblox, Minecraft, meta and the turn to virtual reality for education, socialisation and work. Interact. Learn. Environ. Volume 30, 1–3.
Samala, A. D., Indarta, Y., Hakiki, M., & Leong, K. (2023). Top 10 Most-Cited Articles Concerning Blended Learning for Introductory Algorithms and Programming: A Bibliometric Analysis and Overview.International Journal of Interactive Mobile Technologies. Volume 17(5).
Sari, K. Raras., Ahmad, Imam., Puspaningtyas, D. Nicky, Alita, Debby., Sena, Y. Fikih., Santika, Yuli., Rani, M. S. Ni., (2023). Pelatihan Pemanfaatan Metaverse dalam Pembelajaran di SMA Negeri Batanghari.
Stephenson, N. (1992). Snow Crash. New York: Bantam Books.
Suzuki, S., Kanematsu, H., Barry, D. M., Ogawa, N., Yajima, K., Nakahira, K. T., et al. (2020). Virtual experiments in Metaverse and their applications to collaborative projects: the framework and its significance. Procedia Comput. Sci. Volume 176, 2125–2132.
Touraine, A. (2005). A new paradigm for understanding today's world. Barcelona: Paidós. Unesco (s.f.). Education Strategy. 2014-2021 (s.c).
Ujang Cepi Barlian, Nana Ismelani, & Apriadi Manan F. (2022). Metaverse Sebagai Upaya Menghadapi Tantangan Pendidikan di Masa Depan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2133–2140.
Usmeldi, U., Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 614-622.
Wahyudin, Y. Achmad., Santosa, Alfarez., Febryansyah, Rido. (2023). Penerapan Teknologi Virtual Reality Metaverse pada Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Social Science Technology for Community Service. Volume. 4(2), 290-295.
Yose, Indarta., et al. (2022) "Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan." Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3351-3363,
Zhang, C., Feng, S., He, R., Fang, Y., and Zhang, S. (2022). Gastroenterology in the Metaverse: the dawn of a new era? Front. Med. Volume 9:904566.
Zhang X, Chen Y, Hu L and Wang Y (2022) The metaverse in education: Definition, framework, features, potential applications, challenges, and future research topics. Front. Psychol. Volume 13:1016300