Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Berdasarkan hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), hanya 46,67% peserta didik di seluruh Indonesia yang mencapai kompetensi numerasi di atas minimum. Tentu rendahnya kemampuan numerasi peserta didik menjadi salah satu tanggung jawab dari guru. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan hasil AKM di tahun-tahun berikutnya. Metode: The Training Cycle. Enam orang guru mengikuti pelatihan penyusunan soal numerasi di ruang kelas 6 SDN Wonotirto 4. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut pada tanggal  17-18 Mei 2024. Hasil: Guru SDN Wonotirto 4 sudah mampu membuat kisi-kisi soal dan menyusun soal numerasi berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Adapun kesulitan yang dihadapi guru yakni dalam merancang soal numerasi yang sejalan dengan capaian pembelajaran dan berlandaskan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Kesimpulan: Kegiatan ini bermanfaat bagi guru SDN Wonotirto 4 karena di wilayah mereka jarang sekali mendapatkan pelatihan numerasi.

Keywords

AKM Elementary school Numeracy AKM Numerasi Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Hardhita, R. S., Untari, S., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Soal Numerasi Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi Guru SDN Wonotirto 4. Jurnal SOLMA, 13(2), 1066–1076. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15421

References

  1. Ahid, N., & Sufirmansyah, S. (2022). the Implementation of Merdeka Belajar Policy in East Java. Didaktika Religia: Journal of Islamic Education, 10(1), 149–168. http://repository.unj.ac.id/724/.
  2. Ahmad, D. N., Setyowati, L., & Ati, A. P. (2021). Kemampuan Guru dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk Mengetahui Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), 129–135.
  3. Aini, R., Nyoman Karma, I., & Hamdian Affandi, L. (2023). Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Educatio, 9(4), 2062–2069. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6035
  4. Anas, M., Muchson, M., Sugiono, S., & Rr. Forijati. (2021). Pengembangan kemampuan guru ekonomi di Kediri melalui kegiatan pelatihan asesmen kompetensi minimum (AKM). Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.28
  5. Aprilianti, W., Hamdu, G., & Mulyadiprana, A. (2022). Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Soal Tes Literasi Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1408–1416. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2139
  6. Fisher, P., Comber, A., & Wadsworth, R. (2010). Approaches to Uncertainty in Spatial Data. Fundamentals of Spatial Data Quality, January, 43–59. https://doi.org/10.1002/9780470612156.ch3
  7. Gultom, S. (2012). Ujian Nasional Sebagai Wahana Evaluasi Pengembangan pendidikan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Oleh Program Pascasarjana UNY Bekerjasama Dengan HEPI D.I. Yogyakarta.
  8. Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas
  9. Kemendikbud. (2020). Adaptasi Pembelajaran Berorientasi, Literasi dan Numerasi. Jakarta : Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kementrian. September, 1–30.
  10. Kusumaningrum, P. D., & Abduh, M. (2022). Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Asesmen Nasional. Jurnal Basicedu, 6(3), 5244–5250. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2912
  11. Manik, S., Sembiring, M., Padang, I., & Manurung, L. (2022). Theory of Bandura’s Social Learning in The Process Of Teaching at SMA Methodist Berastagi Kabupaten Karo. Jurnal Visi Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 85–96. https://doi.org/10.51622/pengabdian.v3i2.729
  12. Martiyono, Sulastini, R., & Handajani, S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dalam Mewujudkan Sekolah Efektif di SMP Negeri 1 Kebumen Kabupaten Kebumen Perspektif Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 5(2), 92–110. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.397
  13. Nurhikmah, N., Hidayah, I., & Kadarwati, S. (2021). Persepsi dan Kesiapan Guru dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(1), 78–83. https://doi.org/10.30605/cjpe.412021.1294
  14. Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 76–85. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120
  15. Rahmasari, U. D., Nugraha, A., & Lidinillah, D. A. M. (2022). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya Kemampuan Mengembangkan Soal Tes Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 5(6), 1105–1112.
  16. Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 78. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560
  17. Samparadja, H. (2022). Upaya Mengatasi Kesulitan Guru dalam Menyusun Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi ( Efforts to Overcome Teacher Difficulties in Developing Test Instruments Higher Order Thinking ) Pendidikan adalah proses transfer ilmu pengetahuan antara guru dan siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 7(No. 1), 1–10.
  18. Sariningsih, R., Kadarisma, G., & Ristiana, M. . (2022). Pkm: Pelatihan Penyusunan Soal Akm Bagi Guru Di Kabupaten Pangandaran. Abdimas Siliwangi, 5(2), 357–366. http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i2.10376
  19. Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 85–97. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.39260
  20. Suriani, F., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan RPP Berbasis HOTS di Kelas Rendah. Jurnal of Classroom Action Research, 4(1), 100–104. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1699
  21. Utari, N. M. W., Widiada, I. K., & Nisa, K. (2022). Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal HOTS Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas Tinggi di SDN Gugus V Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2413–2419. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1004

Most read articles by the same author(s)