Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan Discovery Learning Model dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berdasarkan Lembar Kerja di SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental yang benar . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Cipondoh. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan memperoleh sampel 64 siswa kelas VII pada semester genap tahun akademik 2017/2018. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika yang telah diuji validitas isi, kemudian validitas dan reliabilitas. Hasil analisis kebutuhan yaitu uji normalitas dengan ujiLiliefors data dari kedua clasess tidak terdistribusi secara normal. Uji hipotesis menggunakan metode Mann Whitney (U-tets) untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan Discovery Learning Model dan Cooperative Learning Model STAD. Berdasarkan uji Mann Whitney dengan menggunakan pendekatan kurva normal didapat sehingga ditolak. Ini berarti ada perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan Discovery Learning Model dan Cooperative Learning Model tipe STAD.

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama