Isi Artikel Utama

Abstrak

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Melalui Model Visualization, Auditory, And Kinestetik (VAK) Berbasis LKPD Kelas X-MIPA 3  SMA Negeri 94 Jakarta. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas X-MIPA 3 SMAN 94 Jakarta. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian berjumlah 36 Siswa dengan 15 siswa putra dan 21 siswa putri. Jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, observasi, catatan lapangan, dan angket. Penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Visualization, Auditory and Kinestetik (VAK) pada kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan baik namun masih terkendala dengan pengelolaan waktu. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa, terlihat dari rata-rata nilai 69,02 pada siklus I dan 79,05 pada siklus II serta peningkatan persentase siswa yang lulus KKM 44,44 % pada siklus I dan 75% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Visualization, Auditory and Kinestetik mampu meningkatkan hasil belajar matematika kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 94 Jakarta.

Rincian Artikel

Referensi

    Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.S

    Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

    Lestari, Karunia Eka. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

    Astuti dan Setiawan dalam Destiana Apriani, "pengembangan LKPD berbasis pendekatan konstruktif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis,” dikutip dari http://digilib.unila.ac.id/29938/3/TESIS pada 14 Juli 2018.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama