Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh Benyamin Suaeb dalam kesenian musik Gambang Kromong dari budaya tradisional menjadi budaya populer. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahapan heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian, peran Benyamin Suaeb dalam musik gambang kromong modern dalam lantunan nada maupun lirik, dengan memberikan sentuhan baru berupa penambahan-penambahan alat musik seperti gitar, bass, seksofone dalam musik gambang kromong modern dengan syair-syair di setiap lagunya yang lebih sering dikaitkan dengan orang kecil, adanya kesusahan hidup dan ketidakadilan. Benyamin berhasil menampilkan diri sebagai seniman yang mampu melihat sisi manusiawi dari kehidupan orang-orang Jakarta. Benyamin mempunyai cara tersendiri dalam mengangkat persoalan dengan kalimat yang spontan dan jenaka.

Keywords

Benyamin Suaeb Gambang Kromong Modernisasi

Article Details

References

  1. Ali, M. 1997. H.Benyamin S Seniman Serba Bisa. Jakarta: Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.
  2. Blackburn. S. 2012. Jakarta Sejarah 400 Tahun. Jakarta: Masup Jakarta.
  3. Cahyana. 2005. Benyamin S Muka Kampung Rezeki Kota. Jakarta: Yayasan H. Benyamin Sueb.
  4. Chaer. A. 2015. Betawi Tempo Doeloe. Depok: Masup Jakarta.
  5. Derani, S. 2016. Ulama Betawi Perspektif Sejarah, Jurnal State Islamic University UIN Syarif Hidayatullah, Vol. 19 No. 1 (Jakarta: April 2016)
  6. Kleden. N. 1996. Teater Lenong Betawi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  7. Nawangningrum. D. 2012. Ragam Seni Budaya Betawi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.
  8. Nawi. G. J. 2016. Maen Pukulan Pencak Silat Khas Betawi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  9. Sahara. S. 2014. Interfensi Bahasa Betawi Dalam Cerpen Mahasiswa Jurusan PBSI FITK Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Dialektika. Vol. 1 No. 1. Jakarta.
  10. Saputra, Y.A. 2008. Upacara Daur Hidup Adat Betawi. Jakarta: Wedatama Widya Sastra
  11. Soekotjo. 2012. Musik Gambang Dalam Masyarakat Betawi Di Jakarta. Jurnal Etnomusikologi Indonesia. Vol. 1 No. 1. Yogyakarta.
  12. Sueb, A. 2018. Sosok Benyamin Sueb.
  13. Suswandari. 2017. Kearifan Lokal Etnik Betawi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  14. Yuwono. S. 2016. Mempertahankan Keberadaan Kampung Di Tengah-Tengah Kawasan Modern Jakarta. Jurnal Arsitektur NALARs. Vol. 15. No.1. Jakarta.
  15. Zaki . S. Y. 2001. Rekacipta Tradisi Betawi: Sisi Otoritas dalam Proses Nasionalisasi Tradisi Lokal. Makalah Antropologi Indonesia. Padang.

Most read articles by the same author(s)