Main Article Content

Abstract

Integrasi Al-Islam Kemuhammadiyah (AIK) dalam kegiatan pembelajaran telah banyak dilakukan. Namun, integrasi AIK dalam pembelajaran bahasa Indonesia belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk integrasi AIK dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta bagaimana persepsi mahasiswa terhadap integrasi tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik observasi dan portofolio dengan melihat proses pembelajaran dan komponen pembelajaran. Untuk mengetahui respons mahasiswa terhadap temuan observasi dan portofolio tersebut, peneliti menyebarkan kuesioner kepada delapan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AIK dalam pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan dalam aspek sikap dan pengetahuan. Mayoritas mahasiswa di setiap komponen kuesioner menjawab sangat setuju terhadap konsep-konsep tersebut.

Keywords

Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Integrasi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Article Details

How to Cite
Solihati, N., Hikmat, A., & Hidayatullah, S. (2022). Konsep Integrasi Al-Islam Kemuhammadiyahan Pada Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 59–69. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i1.9435