Main Article Content

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter (Penelitian dan Pengembangan  Bahan Ajar di Kelas I SDN Tambun 04 Kabupaten Bekasi). Perumusan masalah penelitian ini dirancang dan dilaksanakan untuk mengumpulkan dan menganalisa data, guna menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan bagaimana pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia yang terintegrasi nilai pendidikan karakter? Dan bagaimanakah efektivitas pengembangan bahan Ajar Bahasa Indonesia yang terintegrasi pendidikan karakter? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia terintegrasi nilai pendidikan karakter dan keefektifan bahan ajar Bahasa Indonesia dalam pembelajaran. Tempat penelitian di SDN Tambun 04 dengan subjek penelitian siswa kelas IA tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 28 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata penguasaan siswa terhadap materi pelajaran Bahasa Indonesia pada uji coba  sebesar 21% siswa belum mencapai KKM dan pada uji utama  pada posttest utama terjadi peningkatan yang makin baik yaitu sebanyak 89% atau sebanyak 25 siswa telah mencapai KKM sedangkan 11% atau sebanyak 3 siswa belum mencapai KKM.

Keywords

Bahan Ajar Bahasa Indonesia Pendidikan Karakter

Article Details

How to Cite
Purwati, R., Solihati, N., & Syafi’i, I. . (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Terintegrasi Pendidikan Karakter . Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 103–114. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.8852