Main Article Content
Abstract
Terdapat empat buku BIPA terbitan Kemendikbud yang ditujukan bagi pemelajar level 1. Sayangnya, ada satu buku BIPA berbasis budaya lokal di Jakarta yang belum dikaji sejauh mana kesesuaian dengan Standar Kompetensi Lulusan BIPA Permendikbud No. 27 Tahun 2017. Buku tersebut berjudul Sahabatku Indonesia: Berbahasa Indonesia di Jakarta BIPA 1. Penelitian ini bertujuan meninjau kesesuaian materi berdasarkan SKL BIPA Permendikbud No. 27 2017. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan model analisis konten dengan pendekatan kesesuaian materi evaluasi buku teks Masnur Muslich. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini tergolong sangat bagus dari segi kesesuaian materi di dalam buku sebesar 98,7% sesuai dengan SKL BIPA. Dari kelengkapan materi, buku ini tergolong sangat baik karena semua subelemen kompetensi terpenuhi di dalam buku. Dari aspek keluasan materi, unit kompetensi yang paling luas dari setiap keterampilan ada pada topik arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian. Dilihat dari kedalaman materi, jenis keterampilan yang paling dalam ada terurut dari menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Implikasi penelitian ini adalah evaluasi buku ini dapat dijadikan rujukan standar bagi pusat kurikulum dan perbukuan dalam melihat bagaimana sebuah buku teks khususnya buku BIPA mengembangkan materi berbasis budaya lokal.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Baadilla, I., & Kaaffah, R. R. S. (2019). Kesesuaian Materi Pada Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X Dengan Kurikulum 2013. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 11–19. https://doi.org/10.22236/imajeri.v1i2.5063
- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2011). Putusan Kongres Bahasa I-IX Tahun 1938-2008. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Fauzan, Albantani, A. M., Arifin, F., & Umbar, K. (2023). Analisis Konten Budaya pada Buku Ajar BIPA “Ramah Berbahasa Jilid I” bagi Penutur Bahasa Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 8(1), 67–79. https://doi.org/10.24865/ajas.v8i1.536
- Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., & Nuryami, L. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita (ed.)). Get Press.
- Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Depdiknas.
- Imran. (2006). Kongres Bahasa Indonesia Dari Masa Ke Masa. Medan Makna, 3.
- Juliar Fahri, A., & Supriadi, R. (2023). Implikasi CEFR Pada Buku Ajar Sahabatku Indonesia Untuk Penutur Bahasa Arab Level 1. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(1), 103–111. https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.552
- Kemendikbudristek. (2024). Sahabatku Indonesia Berbahasa Indonesia di Jakarta BIPA 1 2019. BIPA.Kemdikbud.Go.Id. https://bipa.kemdikbud.go.id/belajar_info.php?id=ODYw
- Khotimah, K. (2022). Analisis Kelayakan Isi Materi Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII Terbitan Erlangga dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62630
- Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
- Kurniasih, D. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–45. https://doi.org/10.31503/madah.v12i1.305
- Kurniawan, Fahmi, R. N., & Mulyaningsih, I. (2022). Kesesuaian Isi Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” untuk Penutur Bahasa Inggris Level 1 (Conformity of BIPA Textbook Contents “Sahabatku Indonesia” for Level 1 English Speakers). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 279–293. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10052
- Kusuma, E. R., & Ismail, A. (2017). Karut-Marut dalam Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. FKIP E-PROCEEDING, 1978, 99–104.
- Lutfianti, K. D. (2021). Analisis Kelayakan Isi Materi pada Buku Teks Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 1. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(1), 24. https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i1.3293
- Muliastuti, L. (2016). BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. National Seminar on Language Politics at Tidar University, Magelang.
- Muslich, M. (2010). Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media.
- Nastiti, A. D., Datil, L. L., & Sukma, B. P. (2019). Hambatan dalam Upaya Pengembangan BIPA di Luar Negeri. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 01. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1723
- Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya
- Rahma, S. S., & Suwandi, S. (2021). Analisis Kelayakan Isi dan Muatan Budaya dalam Buku Ajar BIPA Content and Cultural Feasibility of BIPA Textbooks Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 13–24.
- Repelita, T. (2018). Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia. Jurnal Artefak, 5(1), 45–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v5i1.1927
- Salamah, S., Sudaryanto, Fathonah, E. N., Nova, D., & Rosalia, S. (2018). Pengembangan Bahasa Indonesia Melalui Diplomasi Kebahasaan di Luar Negeri : Sebuah Pengamatan Awal. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Sastra Indonesia, 2(2), 85–92.
- Sari, R., & Cahyani, D. D. (2020). Development of BIPA Textbook as a Facility to Improve Active Communication for Novice Learners. Prosiding ICoISSE, 316–321. http://conference.loupiasconference.org/index.php/ICoISSE/article/view/49%0Ahttp://conference.loupiasconference.org/index.php/ICoISSE/article/download/49/44
- Siagian, E. N. (2020). High Frequency Words in Indonesian as Foreign Language at Beginers Level Esra Nelvi Siagian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kosakata memiliki peranan penting dalam pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing . Agar bahasa asing yang dipelajari dap. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 188–201.
- Sudaryanto, S., & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 80–87. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i2.777
- Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar: Menuju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan Ajar Berbasis Kontekstual (S. Arifin (ed.)). Sanabil. https://books.google.co.id/books?id=orQPEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=BAHAN+AJAR&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwie783e8azwAhWWaCsKHZ51AikQ6AEwAXoECAAQAg#v=onepage&q=BAHAN AJAR&f=false
- Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. In UNG Press Gorontalo. UNG Press. https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=5059232428618740961&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5
- Tomlinson, B. (2011). Materials Development in Language Teaching: Second Edition. Cambridge University Press.
- Tomlinson, B. (2013). Developing Materials for Language Teaching. Bloommsburry Publishing.
- Zuchdi, D., & Afifah, W. (2019). Analisis Konten, Etnografi, & Grounded Theory dan Hermeneutika. Bumi Aksara.
References
Baadilla, I., & Kaaffah, R. R. S. (2019). Kesesuaian Materi Pada Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X Dengan Kurikulum 2013. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 11–19. https://doi.org/10.22236/imajeri.v1i2.5063
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2011). Putusan Kongres Bahasa I-IX Tahun 1938-2008. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fauzan, Albantani, A. M., Arifin, F., & Umbar, K. (2023). Analisis Konten Budaya pada Buku Ajar BIPA “Ramah Berbahasa Jilid I” bagi Penutur Bahasa Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 8(1), 67–79. https://doi.org/10.24865/ajas.v8i1.536
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., & Nuryami, L. W. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita (ed.)). Get Press.
Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Depdiknas.
Imran. (2006). Kongres Bahasa Indonesia Dari Masa Ke Masa. Medan Makna, 3.
Juliar Fahri, A., & Supriadi, R. (2023). Implikasi CEFR Pada Buku Ajar Sahabatku Indonesia Untuk Penutur Bahasa Arab Level 1. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 14(1), 103–111. https://doi.org/10.31503/madah.v14i1.552
Kemendikbudristek. (2024). Sahabatku Indonesia Berbahasa Indonesia di Jakarta BIPA 1 2019. BIPA.Kemdikbud.Go.Id. https://bipa.kemdikbud.go.id/belajar_info.php?id=ODYw
Khotimah, K. (2022). Analisis Kelayakan Isi Materi Buku Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII Terbitan Erlangga dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62630
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Kurniasih, D. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–45. https://doi.org/10.31503/madah.v12i1.305
Kurniawan, Fahmi, R. N., & Mulyaningsih, I. (2022). Kesesuaian Isi Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” untuk Penutur Bahasa Inggris Level 1 (Conformity of BIPA Textbook Contents “Sahabatku Indonesia” for Level 1 English Speakers). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 279–293. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10052
Kusuma, E. R., & Ismail, A. (2017). Karut-Marut dalam Kurikulum Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. FKIP E-PROCEEDING, 1978, 99–104.
Lutfianti, K. D. (2021). Analisis Kelayakan Isi Materi pada Buku Teks Sahabatku Indonesia untuk Pelajar BIPA 1. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(1), 24. https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i1.3293
Muliastuti, L. (2016). BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. National Seminar on Language Politics at Tidar University, Magelang.
Muslich, M. (2010). Textbook Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Ar-Ruzz Media.
Nastiti, A. D., Datil, L. L., & Sukma, B. P. (2019). Hambatan dalam Upaya Pengembangan BIPA di Luar Negeri. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 01. https://doi.org/10.26499/jbipa.v1i1.1723
Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya
Rahma, S. S., & Suwandi, S. (2021). Analisis Kelayakan Isi dan Muatan Budaya dalam Buku Ajar BIPA Content and Cultural Feasibility of BIPA Textbooks Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21(1), 13–24.
Repelita, T. (2018). Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia. Jurnal Artefak, 5(1), 45–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v5i1.1927
Salamah, S., Sudaryanto, Fathonah, E. N., Nova, D., & Rosalia, S. (2018). Pengembangan Bahasa Indonesia Melalui Diplomasi Kebahasaan di Luar Negeri : Sebuah Pengamatan Awal. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Sastra Indonesia, 2(2), 85–92.
Sari, R., & Cahyani, D. D. (2020). Development of BIPA Textbook as a Facility to Improve Active Communication for Novice Learners. Prosiding ICoISSE, 316–321. http://conference.loupiasconference.org/index.php/ICoISSE/article/view/49%0Ahttp://conference.loupiasconference.org/index.php/ICoISSE/article/download/49/44
Siagian, E. N. (2020). High Frequency Words in Indonesian as Foreign Language at Beginers Level Esra Nelvi Siagian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kosakata memiliki peranan penting dalam pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing . Agar bahasa asing yang dipelajari dap. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 188–201.
Sudaryanto, S., & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 80–87. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i2.777
Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar: Menuju Kemandirian Pendidik Mendesain Bahan Ajar Berbasis Kontekstual (S. Arifin (ed.)). Sanabil. https://books.google.co.id/books?id=orQPEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=BAHAN+AJAR&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwie783e8azwAhWWaCsKHZ51AikQ6AEwAXoECAAQAg#v=onepage&q=BAHAN AJAR&f=false
Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. In UNG Press Gorontalo. UNG Press. https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=5059232428618740961&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5
Tomlinson, B. (2011). Materials Development in Language Teaching: Second Edition. Cambridge University Press.
Tomlinson, B. (2013). Developing Materials for Language Teaching. Bloommsburry Publishing.
Zuchdi, D., & Afifah, W. (2019). Analisis Konten, Etnografi, & Grounded Theory dan Hermeneutika. Bumi Aksara.