Pencemaran Pestisida Pada Sungai Batang Gadis Mandailing Natal Sumatera Utara

Yusni Atifah, Mutiara Lubis, Laila Tussifah Lubis, Amsar Maulana

Abstract

Sungai Batang Gadis merupakan sungai yang sangat penting sebagai penyedia air untuk mendukung kelangsungan hidup dan kegiatan perekonomian utama masyarakat, yaitu pertanian. Disepanjang pinggiran sungai Batang Gadis banyak ditemukan daerah  pertanian  masyarakat yang memanfaatkan irigasi dari aliran sungai Batang Gadis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat pencemaran pestisida di Sungai Batang Gadis Mandailing Natal. Metode : Metode survey digunakan dalam penelitian ini dengan mengambil dua titik sampling yaitu Muara Mais dan Tamiang. Penentuan titik sampling menggunakan Purposive sampling method. Pengambilan sampel air, tanah dan ikan yang diambil dianalisis  menggunakan Gas Kromatografi. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan residu pestisida hanya ditemukan pada stasiun II (Muara Mais). Residu pestisida yang ditemukan pada air, sedimen tanah dan ikan dari golongan organofosfat yang terdeteksi adalah diazinon, malation, dan klorfirifos sedangkan dari golongan organoklorin aldrin, dieldrin dan endosulfan. Selain residu pestisida juga ditemukan residu pupuk yaitu fosfat, amonia, nitrat, nitrit dan sulfida. Kesimpulan : Residu pestisida pada Sungai Batang Gadis yang ditemukan hannya pada titik lokasi yang ditemukan daerah pertanian disepanjang pinggiran sungai tersebut. Kadar residu pestisida dan juga residu pupuk yang ditemukan masih berada di bawah Batas Maksimal Residu (BMR) pestisida. Konsentrasi residu pestisida organofosfat tersebut yang terbesar terdapat pada tanah, lalu ikan dan terakhir air, sedangkan organoklorin terbesar pada ikan, air kemudian tanah.


 

Full text article

Generated from XML file

References

Atifah, Y., & Lubis, F. A. (2017). Keanekaragaman Jenis Ikan di Sungai Batang Gadis Mandailing Natal Sumatera Utara. Scripta Biologica, 4(4), 215–219.
Gilan, S. T. (2011). Chlorpyrifos Degradation in Soil and Its Effect on Soil Microorganisms. The Journal of Animal & Plant Sciences.
Hidayati, N., Djayus, Y., & Riri, E. (2015). Efek Aktifitas Masyarakat Terhadap Kelimpahan Ikan Garing (Tor tambra) di Sungai Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara. Jurnal Aquacoastmarine, 7(2), 12.
Mann. (1978). Manual of training in pesticides analysis. University of Miami School of Medicine Dept. Of Epidemiology and Public Health.
Salmin. (2015). Oksigen terlarut (DO) dan kebutuhan oksigen biologi (BOD) sebagai salah satu indikator untuk menentukan kualitas perairan. Oseana, 30(3), 21–26.
Sastroutomo, S. S. (1992). Pestisida, dasar-dasar dan dampak penggunaannya. Jakarta: Gramedia.
Taufik, I. (2005). Pengaruh lanjut bioakumulasi insektisida endosulfan terhadap pertumbuhan dan kondisi hematologis ikan mas (Cyprinus carpio). Tesis. Sekolah Pascasarjana, Program Studi Ilmu Perairan, 83.

Authors

Yusni Atifah
yusniatifah@gmail.com (Primary Contact)
Mutiara Lubis
Laila Tussifah Lubis
Amsar Maulana
Atifah, Y., Lubis, M., Lubis, L. T., & Maulana, A. (2019). Pencemaran Pestisida Pada Sungai Batang Gadis Mandailing Natal Sumatera Utara. BIOEDUSCIENCE, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.29405/j.bes/32100-1053729

Article Details