Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan PLP FKIP Universitas Jambi di SMA PGRI Jambi. Metode peletian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa biologi yang melaksanakan PLP di SMA PGRI Jambi. Analisis data (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan PLP di SMA PGRI Jambi cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pelaksanaan PLP di SMA PGRI Jambi belum maksimal. Ada sebagian yang sudah sesuai panduan ada yang belum sesuai panduan tetapi masih mengikuti gaya PPL. Adapun yang sudah terlaksana adalah mengenal lingkungan sekolah, kegiatan administrasi pendidikan, penyusunan silabus, RPP, menentukan metode, media dan model pembelajaran, namun contoh dari guru pamong tidak ada. Kegiatan penilaian, analisis nilai, penentuan jam efektif, program tahunan dan program semester tidak diajarkan. Menjadi masukan PLP Kedepan adalah perlunya kelas microteaching, penambahan waktu dan penguasaan kurikulum.


 


 

Article Details

How to Cite
Sadikin, A., & Siburian, J. (2019). Analisis pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) FKIP Universitas Jambi bidang studi pendidikan biologi di SMA PGRI Jambi. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 90-99. https://doi.org/10.29405/j.bes/3290-993562

References

  1. Apriana, E. (2019). Pengintegrasian Konsepbiokonservasidalam Pembelajaran Biologi Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi Dan Kesadaran Lingkungan Di Kalangan Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 13(1), 1–6.
  2. Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian atau pendekatan praktik. Cet XV.
  3. Asrial, Syahrial, Hariyanto, I. S. W., Ali, R. M., Setiono, P., Budiono, H., … Ewigia, W. A. (2018). Buku Panduang Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) (revisi ke-) (FKIP Unive). Jambi.
  4. Kountur, R. (2018). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. PPM.
  5. Mahanani, N. S., Murtiyasa, B., & Kom, M. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta Dalam Melaksanakan Program PLP II Tahun 2018 (Universita). Surakarta.
  6. Mansur, S., & Loli, M. P. P. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Dengan Model Guide Note Taking di SMP San Karlos Habi. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 10(1), 21–28.
  7. Miharja, J., Komala, R., & Rusdi, R. (2019). Hubungan Iklim Sekolah dengan Motivasi: Studi Korelasional Terhadap Guru Biologi SMA di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. BIODIK, 5(1), 1–11.
  8. Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  9. Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., & Indrayana, B. (2019). A Sequential Explanatory Investigation of TPACK: Indonesian Science Teachers’ Survey and Perspective. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 269–281. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.3926/jotse.662
  10. Nurasiah, P., & Supriatno, B. (2015). Analisis Kinerja Mengajar Calon Guru Biologi pada Kegiatan Pembelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Bandung. In Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pem-Belajaran Sains, 485–488.
  11. Oktarin, S., Auliandari, L., & W., T. F. (2018). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA YKPP Pendopo. BIOEDUSCIENCE, 2(2), 104–115. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.29405/j.bes/22104-1152493
  12. Rahayu, S., & Mertha, I. G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Micro Teaching Untuk Melatih Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 232–238.
  13. Sadikin, A. (2017). Pengaruh penerapan strategi pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar mata kuliah Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Biologi. BIODIK, 3(2), 73–80.
  14. Sadikin, A., Saudagar, F., & Muslim, F. (2018). Development of the Biology Textbook of Process Evaluation and Learning Outcome for Students in Biology Education, University of Jambi. BIODIK, 4(2), 83–94.
  15. Siburian, J., Corebima, A. D., Ibrohim, I., & Saptasari, M. (2019). Analisis Validitas Hasil Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Lingkungan Berstrategi Inkuiri dan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. BIODIK, 5(1), 31–47.
  16. Stahl, G., Sharplin, E., & Kehrwald, B. (2018). Real-Time Coaching and Pre-Service Teacher Education. Australia. Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-10-6397-8
  17. Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
  18. Sukardi, H. M. (2015). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.
  19. Usman, A. A., & Maruf, M. (2017). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Program Praktek Lapangan II Mahasiswa Pendidikan Fisika STKIP Kie Raha Ternate. Journal of Physics Education, 1(2), 109–120.
  20. Wibowo, Y. G., & Sadikin, A. (2019). Biology in the 21st-Century: Transformation in biology science and education in supporting the sustainable development goals. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2).
  21. Yoshida, H. (2016). Perceived Usefulness of “ Flipped Learning ” on Instructional Design for Elementary and Secondary Education : With Focus on Pre-service Teacher Education. International Journal of Information and Education Technology, 6(6), 430–434. https://doi.org/https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.727