Main Article Content

Abstract

Background: Media pembelajaran adalah seperangkat alat pelengkap yang digunakan oleh guru dalam rangka berkomunikasi dengan siswa. Media dapat mengurangi kepasifan siswa selama proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan oleh seorang guru adalah microsoft powerpoint (PPT). Hasil Observasi menunjukkan proses pembelajaran di kelas guru masih menggunakan media powerpoint yang masih monoton membuat perhatian bisa berkurang dan cenderung pasif terhadap pembelajaran biologi. Untuk menghindari kepasifan dari siswa dalam pembelajaran, maka guru harus menyiasati permasalahan tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan dikombinasikan model pembelajaran yakni  model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media powerpoint (PPT) dengan model discovery learning pada materi pencemaran lingkungan Kelas X di SMAN 4 Palembang agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Metode : Prosedur menggunakan model pengembangan mengacu dari Tessmer  self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one, dan small group). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara dan angket.  Hasil : media powerpoint dengan model discovery learning pada materi pencemaran lingkungan kelas X SMA layak digunakan ditinjau dari validasi ahli media, materi dan pengguna (guru) dengan kriteria layak dan sangat layak. Uji coba satu-satu dan kelompok kecil memiliki hasil dengan kriteria layak dan sangat layak. Kesimpulan: hasil penelitian tersebut menunjukkan media powerpoint dengan model discovery learning layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords

Pengembangan Powerpoint Pencemaran Lingkungan

Article Details

How to Cite
Astuti, Y. W., Hidayat, S., & Auliandari, L. (2019). Pengembangan Powerpoint dengan Discovery Learning Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMAN 4 Palembang. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 57-65. https://doi.org/10.29405/j.bes/3257-653250

References

  1. Agustina, Dedi, S., & Kristiono. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Teks Perubahan Konseptual Berbasis Model Perubahan Konseptual pada Gerak Harmonik. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 1–12.
  2. Damayanti, S. ., Mahardika, I. K., & Indrawati. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash Disertai Lks Yang Terintegrasi Dengan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 357–364.
  3. Didit, P. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Terpadu Kelas IV SDN 1 Patoman Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
  4. Fauzi, A. R., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27–36. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppips/%0AAchmad
  5. Fikriyah, M., Indrawati, & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 181–186.
  6. Hidayati, N. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa topik energi dalam sistem kehidupan di madrasah tsanawiyah. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 2(2), 389–399. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop
  7. Indriyanti, N. (2017). Pengembangan Media Interaktif Berbasis (PPT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Kelas VB. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
  8. Irawan, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft Office Powerpoint Mendeskrisikan Gambar Teknik pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  9. Jalil, M. S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Model Discovery Learning Berbantuan Tips Powerpoint Interaktif pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jurnal Refleksi Edukatika, 6(2), 130–137.
  10. Khairiyah, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMAN 2 Pariaman. Skripsi. Padang: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI.
  11. Kusrini, Supriyadi, Bahri, S., Palittin, I. D., Rahayu, M., Charolina, H., & Loupatty, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MUSAMUS (Journal of Science Education), 1(1), 27–32.
  12. Mardapi, D. (2008). Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
  13. Nurlatifah, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Microsoft Office Power Point Interaktif Pada Siswa Kelas V SDN Ngrukeman Kasihan Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.
  14. Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11.
  15. Rahmani, N. F. (2014). Pengembangan Media Interaktif Powerpoint Pembelajaran Wayang untuk Siswa SMP Kelas VIII D. I. Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  16. Rohini. (2010). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sdn 02 Korleko. Jurnal Educatio, 5(2), 75–90.
  17. Rohmawati, D. M., Budino, J., & Pratiwi, R. (2012). Pengembangan Media Slide Interaktif Berbasis Power Point Materi Gerak Pada Tumbuhan Untuk Smp Kelas Viii. Prosiding Seminar Nasional Kimia Unesa 2012, 978–979.
  18. Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi II. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  19. Saripudin, A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran ABK. Bandung: UPI PRESS.
  20. Sholihin, K. H. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint pada Mata Diklat Teknik Bubut di SMKN II Pengasih Yogyakarta: Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  21. Siswanto, J., & Mustofa, A. W. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Semarang: Program Studi Pendidikan Fisika FPMIPA IKIP PGRI Semarang.
  22. Suhastra, D. A. (2013). Pengembangan Media Pembelajaraan Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Energi dan Perubahannya di MAN Rejoso Jombang. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  23. Sulastri. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa IPA Materi Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 49–58.
  24. Suyanto, A. H. (2015). Pengenalan Microsoft Powerpoint. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
  25. Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. Philadelphia: Kogan Page.
  26. Yanti, D, J., Azrita, & Gusmaweti. (2010). Pengembangan Media Power Point 2010 Dengan Tampilan Multimedia Flash Pada Materi Sistem Pernapasan (Respirasi) Manusia Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma N 5 Tebo Jambi. Sumatera barat: FKIP Universitas Bung Hatta Padang.