Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Bangun Datar Berbasis Android pada Materi Segitiga dan Segiempat Pelajaran Matematika di Tingkat SMP

Main Article Content

Wahyudin Wisudawan Benny Hendriana Ishaq Nuriadin Harry Ramza

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi math mobile learning berbasis Android untuk siswa Kelas VII SMP, serta mengetahui kualitas produk aplikasi mobile learning yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Penilaian), namun hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Development (Pengembangan). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media yang dikembangkan diujicoba kepada publik sebanyak 70 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Math Mobile Learning berbasis Android yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media dalam aspek kualitas tampilan 83,3% dengan kategori baik, aspek tulisan sebesar 75% dengan kategori baik, dan aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 81,25% sehingga secara keseluruhan penilaian aplikasi sebesar 80,88% dengan kategori  baik. Penilaian ahli materi dalam aspek materi sebesar 90,38% dan aspek evaluasi sebesar 75% sehingga penilaian secara keseluruhan sebesar 88,3% dengan kategori sangat baik. Uji coba publik diambil melalui perangkat google form, maka data hasil kualitas aplikasi yang diperoleh dalam aspek kualitas tampilan sebesar 79,2% dengan kategori baik, aspek tulisan sebesar 82,87% dengan kategori baik, dan aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 83% sehingga secara keseluruhan penilaian 81,76% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa aplikasi Math Mobile Learning bangun datar berbasis Android materi segitiga dan segiempat layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP

Article Details

How to Cite
WISUDAWAN, Wahyudin et al. Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Bangun Datar Berbasis Android pada Materi Segitiga dan Segiempat Pelajaran Matematika di Tingkat SMP. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 2, p. I8 - I13, nov. 2017. ISSN 2580-6408. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/647>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Teknik Informatika

References

[1]. Fadhilah,Ahmad. Skripsi “Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone Terhadap Aktifitas Belajar siswa SMP Negeri 66 Jakarta Selatan”. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah. (2010).
[2]. Darmawan ,Deni. Mobile Learning. “Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran”, Jakarta : Rajawali Press. (2016).
[3]. Globalstats, StatCounter. “Mobile Operating System Market Share in Indonesia”. Diakses 05 Agustus 2017.
[4]. Irsyad, Hanif. Aplikasi Android dalam 5 Menit Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. (2016)
[5]. Android, Developers. “Platform Versions”. Diakses 05 Agustus 2017.
[6]. Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. (2017).

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.